Berapa Batas Umur Kerja di Jepang untuk Orang Indonesia?

kerja-di-jepang-maksimal-umur-berapa

Sobat Cakap ada yang tertarik untuk meniti jenjang karier di Jepang? Negeri Sakura dengan kemajuannya di bidang teknologi menawarkan lapangan pekerjaan yang berlimpah, lho! Jepang saat ini juga menawarkan banyak sekali kesempatan bekerja untuk warga negara asing, salah satunya Indonesia.

Kira-kira kerja di Jepang maksimal umur berapa, ya? Kalau sudah umur 30 dan 40 ke atas apakah masih bisa kerja di Jepang? Jangan risau Sobat Cakap, coba simak ulasan berikut, yuk!

Table of Contents

Syarat Kerja di Jepang

Secara umum, persyaratan kerja di Jepang hampir mirip dengan yang ada Indonesia. Nah, karena Sobat Cakap termasuk warga negara asing di Jepang, ada syarat khusus yang harus kamu penuhi. Simak syarat kerja di Jepang sebagai berikut:

  • Pria dan wanita berusia 18-30 tahun
  • Memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang dibuktikan dengan sertifikat JLPT
  • Tidak memiliki penyakit kronis seperti jantung dan hipertensi, penyakit kulit, dan penyakit mata. 
  • Tidak memiliki disabilitas fisik dan tidak bertato. 
  • Memiliki latar belakang pendidikan minimal SMA/SMK sederajat. 
  • Memiliki visa kerja/Tokutei Ginou

Jika Sobat Cakap ingin mengikuti program magang ke Jepang melalui program pemerintah, syaratnya adalah sebagai berikut:

  • Berusia 18 – 26 tahun. 
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria, dan 150 cm untuk wanita. 
  • Pendidikan minimal SMA/SMK sederajat dan lulusan D3 atau S1. 
  • Tidak memiliki disabilitas fisik.
  • Tidak bertato. 

Nah, itu dia syarat umum untuk kerja di Jepang dan magang melalui program pemerintah. Untuk penjelasan lebih rinci kamu bisa baca artikel mengenai syarat kerja di Jepang. Apakah umur 30 dan umur 40 masih bisa kerja di Jepang? Jangan khawatir, Sobat Cakap! Coba simak ulasan berikut ini terlebih dahulu, yuk!

Batas Umur Kerja di Jepang Berdasarkan Bidang Pekerjaan

kerja-di-jepang-maksimal-umur

Usia produktif di Jepang itu dimulai dari umur minimal 15 tahun hingga 64 tahun. Meskipun begitu, ada batasan tertentu untuk warga negara asing yang ingin bekerja di Jepang yang biasanya dimulai dari umur 18 tahun sampai umur 30-an. Batas umur kerja di Jepang bervariasi tergantung dari bidang pekerjaannya, simak penjelasan berikut!

(1) Industri Pengolahan Makanan dan Minuman 

18 – 29 tahun adalah batas umur kerja di Jepang di bidang industri pengolahan makanan dan minuman. Untuk bekerja di industri pengolahan makanan dan minuman di Jepang, kamu harus memiliki sertifikat JLPT minimal level N4 dan minimal lulusan SMA/SMK sederajat. Sobat Cakap juga harus memiliki sertifikat Skill SSW Pengolahan Makanan OTAFF. 

(2) Hospitality

Siapa di sini yang ingin bekerja di bidang hospitality di Jepang? Sobat Cakap minimal berumur 18 tahun dan maksimal 29 tahun untuk bisa melamar pekerjaan di bidang ini. Kamu juga harus memiliki sertifikat JLPT minimal level N4, dan minimal lulusan SMA/SMK sederajat. Kamu juga harus memiliki sertifikat Accommodation Industry Proficiency Test atau CAIPT.

(3) Industri Informasi, Listrik, dan Elektronik

Di bidang industri informasi, listrik, dan elektronik batas umur kerjanya ialah 18 tahun hingga 30 tahun. Di bidang ini diharuskan untuk memiliki kemampuan berbahasa Jepang conversational atau setara N5 & N4. 

(4) Manufaktur Mesin Industri

Sobat Cakap yang berumur 18 tahun hingga 35 tahun bisa bekerja di bidang manufaktur di Jepang. Sobat Cakap harus memiliki kemampuan bahasa Jepang level N4 yang dibuktikan dengan sertifikat JLPT.

(5) Bidang Konstruksi

Sama seperti bidang manufaktur, bidang konstruksi juga mewajibkan pekerjanya minimal berumur 18 tahun hingga 35 tahun dengan kemampuan berbahasa Jepang conversational atau setara dengan JLPT N5 & N4. 

(6) Industri Pembuatan Kapal

Industri pembuatan kapal memiliki batas umur 18 tahun ke atas, dan umumnya tidak ada batasan usia. Kamu harus memiliki salah satu sertifikat yang diperlukan seperti uji pengelasan, pengecatan, pekerjaan besi, finishing, pemesinan, kelistrikan. Sobat Cakap wajib memiliki sertifikat JLPT N4 atau lebih. 

(7) Perawatan Mobil

Sobat Cakap harus berumur minimal 18 tahun hingga 35 tahun untuk bekerja di bidang perawatan mobil. Kamu juga harus memiliki sertifikat keterampilan khusus bidang perbaikan dan perawatan mobil serta JLPT minimal level N4. 

(8) Industri Pertanian dan Perikanan

Batas umur di bidang pertanian dan perikanan adalah 18 tahun hingga 39 tahun. Nah, kamu harus memiliki kemampuan budidaya perikanan atau perikanan tangkap, sedangkan di bidang pertanian kamu harus memiliki kemampuan general crop farming dan livestock farming. Minimal kemampuan berbahasa Jepang N4 ya, Sobat Cakap!

(9) Bisnis Aviasi

Di bidang aviasi atau penerbangan kamu harus berusia minimal 18 tahun. Sobat Cakap harus memiliki sertifikat keterampilan khusus penerbangan dan sertifikat JLPT minimal level N4, ya! Minimal pendidikan SMA/SMK sederajat. 

(10) Jasa Pembersihan Gedung 

Di bidang jasa pembersihan gedung atau building cleaning, kamu harus berusia minimal 18 tahun hingga 29 tahun. Kamu juga harus mengikuti Ujian Evaluasi Keahlian Manajemen Building Cleaning dan sertifikat JLPT N4 atau lebih. 

(11) Kaigo/Perawat Lansia

Sobat Cakap harus berusia minimal 18 tahun hingga 29 tahun untuk bekerja menjadi Kaigo. Kamu juga harus memiliki sertifikat kemampuan Keperawatan dan Bahasa Jepang Keperawatan dari Prometric, serta sertifikat JLPT N4 atau lebih. 

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui batas-batas umur kerja di Jepang di berbagai bidang. Mayoritas pekerjaan yang disebutkan di atas memang mengharuskan pekerjanya di bawah umur 40 tahun. 

Eits, buat Sobat Cakap yang sudah berumur 40 tahun jangan berkecil hati dulu, ada banyak cara supaya bisa kerja di Jepang untuk umur 40 tahun, lho! Simak sebagai berikut!

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Jepang Gratis

Cara Kerja di Jepang untuk Umur 40

kerja-di-jepang-maksimal-umur

Sobat Cakap yang sudah melewati batas umur kerja di Jepang atau sudah berusia 40 ternyata masih bisa lho untuk bekerja di Jepang. Tapi, ada beberapa cara yang harus kamu lakukan, nih! Apa saja, ya? Simak caranya berikut ini:

(1) Melanjutkan Studi S2 atau S3

Jepang adalah negara yang sangat mementingkan pendidikan. Melanjutkan studi S2 atau S3 di Jepang tentunya akan membuka lebar-lebar kesempatan karier kamu, Sobat Cakap! Akan ada lebih banyak pekerjaan yang bisa kamu pilih dengan penghasilan tinggi jika kamu melanjutkan S2 atau S3 di Jepang. 

(2) Pilih Industri yang Membutuhkan Banyak Tenaga Kerja 

Industri yang membutuhkan lebih banyak tenaga kerja biasanya akan menambahkan batas umur yang lebih tua. Nah, Sobat Cakap yang berusia 40 atau sudah melewati batas umur kerja Jepang bisa mencoba mencari lowongan pekerjaan di bidang-bidang yang membutuhkan banyak tenaga kerja seperti otomotif, pariwisata, IT, dan kesehatan. 

(3) Membuka Usaha atau Bisnis Sendiri di Jepang

Bingung ingin daftar di perusahaan mana dan bidang apa? Saatnya buka usaha sendiri di Jepang! Salah satu cara supaya tetap bisa bekerja di Jepang di umur 40 tahun adalah dengan membuka usaha atau bisnis sendiri di Jepang. Manfaatkan keahlian yang kamu punya dan rintis usaha di Negeri Sakura!

(4) Melamar posisi leader

Posisi seperti supervisor dan manager mementingkan karyawan dengan pengalaman dibandingkan usia yang muda. Sobat Cakap bisa mencoba melamar posisi-posisi tersebut di perusahaan Jepang. Pastikan pengalaman yang kamu punya sudah mumpuni ya, Sobat Cakap!

(5) Mempunyai Keahlian Khusus

Jika Sobat Cakap adalah seorang profesional di bidang tertentu, umur bukanlah penghalang untuk bekerja di Jepang. Keahlian khusus yang dimiliki Sobat Cakap akan menjadi aset berharga untuk perusahaan. Nah, buat Sobat Cakap yang memiliki keahlian tingkat profesional, jangan takut untuk mencoba melamar di perusahaan Jepang.

(6) Menikah dengan Orang Jepang

Menikah dengan orang Jepang ternyata memiliki banyak manfaat, selain mendapatkan dana hadiah karena menghasilkan keturunan, kamu juga dapat menjadi warga negara Jepang. Kesempatan kerja bagi warga lokal dan warga asing tentunya berbeda ya, Sobat Cakap. Akan ada lebih banyak akses untuk kamu memperluas jenjang karier di Jepang. 

Demikianlah batas umur kerja di Jepang untuk orang Indonesia. Jadi, apakah umur 30 dan 40 masih bisa kerja di Jepang? Pasti bisa dong! Yuk, segera siapkan syarat-syaratnya sebelum berangkat ke Negeri Sakura!

Nah, syarat paling utama untuk bisa kerja di Jepang adalah kemampuan berbahasa Jepang yang baik. Siapkan diri matang-matang dan pelajari bahasa Jepang sedini mungkin jika kamu bercita-cita untuk bekerja di Jepang. Belajar bahasa Jepang paling seru dan efektif tentunya bareng Cakap. Belajar asyik dan raih skor JLPT terbaik, ya bareng Cakap! Yuk, segera daftarkan diri kamu karena #SiapaCakapDiaDapat

Baca Juga:

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup