30 Frasa & Kata Bahasa Korea yang Sering Muncul di K-Drama

kata korea yang sering muncul di drama korea

Bahasa Korea merupakan elemen penting yang membuat pengalaman menonton drama Korea atau drakor semakin berkesan. Tidak hanya memperkaya alur cerita, kata-kata bahasa Korea juga membantu menghadirkan nuansa emosional dan keintiman yang sulit diungkapkan dengan kata-kata bahasa lain. 

Nah, kali ini kita akan membedah beberapa kata dan frasa bahasa Korea yang sering muncul di drama Korea, beserta makna dan konteks penggunaannya. Simak artikel ini sampai habis, ya! 

1. 잘 먹겠습니다 (jal meokgesseumnida) – Selamat makan

Ucapan “Selamat makan!” yang diucapkan sebelum orang Korea mulai makan. Hal ini sudah menjadi bagian dari budaya, sama halnya dengan “itadakimasu!” dalam bahasa Jepang. 

2. 좋아해요 (joahae) – Aku suka kamu

Ini cara orang Korea bilang kalau mereka suka sama seseorang. Bisa untuk mengungkapkan perasaan suka yang lebih “ringan” daripada saranghae yang merupakan ungkapan cinta. 

3. 뭐? (mwo?) – Apa?

Kata tanya ini bisa digunakan berbagai ekspresi di dalam drama Korea. Biasa digunakan saat seseorang kaget dengan apa yang diucapkan seseorang atau ketika ingin memastikannya. 

4. 누구 (nugu?) – Siapa

Kata ini sering digunakan ketika karakter utama di drama mau tahu tentang seseorang, jadi dia bertanya “누구 (nugu)?”  artinya “Siapa?” 

Sudah Tahu Level Bahasa Koreamu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

5. 어디? (eodi?) – Di mana?

Eodi adalah kata tanya untuk tempat, misalnya “Kamu lagi di mana?” kamu bisa bilang “어디 (eodi)?” . Selain itu ada pula “어디가 (eodiga)?” yang artinya “Mau pergi ke mana?” 

6. 언제? (eonje?) – Kapan?

Dalam drama Korea, ketika seseorang mau tahu kapan suatu acara atau kejadian terjadi, mereka akan bertanya “언제 (eonje)?”. Kamu pasti familiar dengan kata ini, bukan? 

7. 어떻게 (eotteoke?) – Bagaimana?

Kata ini biasa digunakan untuk menanyakan penjelasan maupun sebagai ungkapan atau ekspresi ketika seseorang sedang bingung. Seperti “Gimana nih?” dalam bahasa Indonesia. 

8. 왜? (wae?) – Kenapa?

Kalau Sobat Cakap mau tahu alasan kenapa sesuatu terjadi, tanya aja “왜 (wae)?”. Ada pula “왜 그래 (wae geurae)?” yang artinya “Kenapa kamu melakukan itu?” 

9. 네 (ne) – Ya

Berarti “iya” dalam bahasa Korea. Kosakata yang satu ini general banget dan semua orang yang nonton drakor pasti langsung tahu artinya. 

Reply 1988 drama
Reply 1988

10. 맞아 (maja) – Benar

Digunakan untuk mengkonfirmasi kalau apa yang dikatakan seseorang itu benar. Misalnya, “Kamu bolos lagi, ya?”, bisa dijawab “맞아 (maja)” yang artinya “Benar”. 

11. 아니 (ani) – Tidak

Kebalikan dari 네 (ne), 아니 (ani) digunakan untuk menolak atau nggak setuju dengan sesuatu. Kata ini cukup mudah dipahami kalau kamu temukan di drakor. 

12. 화이팅 (hwaiting) – Semangat!

Hwaiting atau fighting adalah salah satu ucapan semangat dalam bahasa Korea yang tentu saja digunakan untuk menyemangati seseorang. 

13. 잘 자 (jal ja) – Selamat tidur

Kamu tentunya sering menemukan kata ini ketika karakter dalam drama Korea saling mengucapkan perpisahan di malam hari. Artinya sendiri adalah “selama tidur”. 

14. 안 돼 (andwae) – Nggak boleh / 하지마 (hajima) – Hentikan

Kata ini memiliki makna “Jangan!” atau “Nggak boleh!”. Biasanya digunakan sebagai ekspresi penolakan atau tidak terima akan sesuatu. 

15. 고마워 (gomawo) – Terima kasih / 감사합니다 (gamsahamnida) – Terima kasih

Sama-sama berarti “terima kasih”, gomawo digunakan dalam konteks santai/informal. Sementara gamsahamnida digunakan dalam konteks yang lebih sopan. 

16. 미안해 (mianhae) – Maaf / 죄송합니다 (jwesonghamnida) – Permisi, maaf

Kedua kata ini sama-sama digunakan untuk menyatakan maaf dalam bahasa Korea. Hanya saja, mianhae untuk konteks santai dan jwesonghamnida untuk konteks sopan. 

17. 주세요 (juseyo) / 제발 (jebal) – Tolong/mohon

Dalam bahasa Korea, kamu bisa menggunakan kata juseyo ketika ingin meminta tolong. Sementara jebal digunakan dalam konteks yang lebih memohon. 

18. 조심해 (josimhae) – Hati-hati

Frasa ini bermakna seperti “Hati-hati, ya!” dalam bahasa Indonesia. Biasanya digunakan untuk memberi peringatan atau menyarankan seseorang untuk berhati-hati ketika berpisah. 

19. 잠깐만 (jamkkanman) – Tunggu sebentar

Ketika karakter di drama meminta seseorang menunggu sebentar, mereka akan mengatakan “Jamkkanman”. Kata ini berbeda dengan gidarida yang artinya adalah “menunggu”. 

20. 사랑해 (saranghae) – Aku mencintaimu

Sobat Cakap pasti nggak asing dong dengan frasa yang satu ini karena banyak banget ditemukan di drama. Saranghae adalah ungkapan cinta yang berarti “Aku mencintaimu”

21. 생각해 (saenggakhae) – Coba pikir

Frasa yang satu ini juga nggak kalah sering muncul di drakor, nih. Saenggakhae artinya “aku pikir” atau “memikirkan”, digunakan ketika berpendapat atau menyatakan pikiran. 

welcome to waikiki
Welcome to Waikiki

22. 괜찮아 (gwaenchana) – Nggak apa-apa

Siapa sih yang nggak tahu dengan kata bahasa Korea yang sempat viral di media sosial ini? Gwaenchana artinya “nggak apa-apa” atau “it’s okay”. 

23. 빨리 (ppalli) – Cepat

Kata ini sering muncul dalam adegan yang memperlihatkan karakter drama yang sedang terburu-buru. Ppalli berarti “ayo cepat” atau “buruan”. 

24. 진짜? (jinjja?) – Serius?

Kata jinjja artinya “serius”. Dalam bahasa Korea, kata ini sering digunakan sebagai ekspresi tidak percaya atau tidak menyangka. 

Pelajarii lebih lengkap arti jinjja di sini: Ini Arti Jinjja, Kata yang Sering Kamu Dengar di K-Drama

25. 같이 가자 (gachi gaja) – Ayo pergi bersama

Nah, kalau Sobat Cakap ingin mengajak seseorang untuk pergi bersama, kamu bisa menggunakan gachi gaja atau “pergi bareng, yuk!” 

26. 맛있다 (mas-itda) – Enak!

Hampir setiap drama Korea pasti ada adegan di mana pemerannya menyantap makanan sambil bilang, masitda! atau “Enak!”

Raih Mimpi Kuliah di Korea dengan Kursus Bahasa Korea di Cakap

27. 너무 귀여워 (neomu gwiyeowo) – Lucu banget!

Satu lagi kata yang nggak hanya populer di K-drama tapi juga dalam keseharian idol K-Pop. Gwiyeowo artinya “lucu”, kalau neomu gwiyeowo artinya “lucu banget!”

28. 축하해 (chukhahae) – Selamat!

Chukhahae adalah salah satu ucapan selamat dalam bahasa Korea dalam konteks santai. Kalau dalam konteks yang lebih sopan, kata ini berubah menjadi chukhahamnida

29. 농담 (nongdam) – Bercanda

Nggak cuma di Indonesia kita terbiasa memperjelas candaan dengan kata “bercanda”, tapi di Korea juga, lho! 

30. 대박 (daebak) – Keren!

Kalau kamu kagum sama sesuatu atau kaget dengan sesuatu yang keren, bilang aja “Keren abis!” atau kalau dalam bahasa Korea “daebak!” 

Nah, itu dia kata-kata Korea yang sering muncul di drakor atau K-drama. Pastikan kamu sudah tahu arti dan konteks penggunaannya ya biar pengalaman nonton K-drama makin berkesan, ya! 

Biar bahasa Koreamu makin bisa diandalkan, ambil kelas bahasa Korea di Cakap, yuk! Baik yang pemula maupun yang sudah sempat belajar otodidak, kamu bisa banget belajar lebih komprehensif di Cakap. Ikuti Placement Test-nya dan ambil kelas Bahasa Korea di Cakap sekarang juga! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat