Ini 9 Jurusan Kuliah yang Bisa Kerja di Luar Negeri, Banyak Dicari!

jurusan-yang-bisa-ke-luar-negeri

Memutuskan ingin melanjutkan kuliah di universitas A atau B saja tidak cukup, kamu perlu mempersiapkan dan menentukan beberapa hal. Salah satu yang paling penting adalah menentukan jurusan kuliah. Apalagi kalau nantinya kamu ingin lanjut kuliah S2 atau kerja di luar negeri. Kamu harus benar-benar selektif memilih jurusan yang bisa ke luar negeri untuk bekerja dan melanjutkan S2 dengan mudah.

Biar kamu nggak salah langkah, yuk kenalan dulu sama beberapa rekomendasi jurusan yang bisa bekerja ke luar negeri. So, mari mulai mempersiapkan mimpi dari sini!

Jurusan Kuliah Populer yang Bisa Kerja di Luar Negeri

Untuk kamu yang bermimpi ingin bekerja di luar negeri setelah lulus kuliah, yuk cek 7 jurusan kuliah berikut ini! Dijamin peluang kamu bisa kerja di luar negeri makin tinggi!

(1) Hubungan Internasional

Kalau kamu ingin memilih jurusan yang bisa ke luar negeri untuk bekerja ke depannya, Hubungan Internasional adalah jawabannya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa jurusan Hubungan Internasional merupakan jurusan dengan prospek kerja yang cukup cemerlang.

Dengan gelar S.Hub.Int, kamu bisa melamar kerja di berbagai sektor industri internasional. Baik sebagai konsultan internasional, diplomat, staf kedutaan, maupun bekerja di perusahaan-perusahaan luar negeri.

(2) Sastra, Bahasa, dan Budaya

Jurusan Sastra, Bahasa, dan Budaya adalah jurusan yang dirancang untuk mempersiapkan mahasiswanya berkarir di bidang penerjemah, jurubahasa, diplomat, dan lain sebagainya. Jurusan kuliah tersebut merupakan pilihan yang tepat jika kamu berencana untuk berkeliling dunia.

Tentunya, kamu perlu memilih jurusan sastra dan bahasa apa yang akan kamu ambil. Misalnya, kamu tertarik dengan sastra, bahasa, dan budaya Prancis, maka kamu bisa mengambil jurusan kuliah Sastra Prancis. Di sana kamu akan mendalami banyak hal termasuk bagaimana cara masyarakat negara tersebut berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan memilih jurusan Sastra Prancis peluang kamu menjadi penerjemah atau juru bahasa Perancis dan bekerja di luar negeri akan terbuka lebar. Bahkan kamu juga bisa menjadi menggeluti profesi peneliti budaya di negara tersebut.

(3) Pariwisata Global

Siapa sih yang nggak mau traveling dan jalan-jalan keliling dunia gratis bahkan dibayar? Pariwisata Global atau Global Tourisme adalah jurusan yang bisa keluar negeri dan jalan-jalan gratis. Kok bisa? Dengan mengambil jurusan kuliah ini, kamu bisa tour guide, diplomat, hingga konsultasi pariwisata internasional.

Apalagi seperti kita tahu bahwa sektor pariwisata merupakan sektor yang tidak ada matinya. Industri ini selalu tumbuh dan ada di negara mana pun.

(4) Jurnalisme

Jurusan yang bisa ke luar negeri untuk bekerja selanjutnya adalah jurusan Jurnalisme. Setelah lulus, gelar sarjana atau master dalam Jurnalisme bisa memberimu kesempatan untuk menjadi jurnalis internasional dan bisa melaporkan berita dari negara lain. Bahkan kamu juga bisa lho bekerja di perusahaan media internasional atau menjadi pekerja lepas yang bepergian ke mana pun yang kamu mau.

Baca juga : Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri untuk S1 dan S2

(5) Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi termasuk ke dalam rekomendasi jurusan yang bisa kamu pilih jika kamu ingin bekerja di luar negeri setelah mendapat gelar sarjana. Berbekal pelajaran, seperti penyebaran media, komunikasi internasional, hingga komunikasi politik membuat peluang dan prospek kerja lulusannya semakin luas bahkan bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri.

(6) Administrasi Bisnis

Lulus dengan gelar Bisnis atau Administrasi Bisnis dapat sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Kemungkinan untuk bekerja di berbagai bidang mulai dari hiburan, teknologi, hingga penerbitan internasional terbuka lebar.

(7) Arsitektur

Jurusan kuliah yang bisa ke luar negeri selanjutnya adalah arsitektur. Ketika kamu sudah menjadi seorang arsitek maka tentu kamu membutuhkan banyak referensi seputar seni dan bangunan di tempat mana pun termasuk luar negeri. Negara-negara Eropa biasanya menjadi tujuan favorit para arsitek, tidak hanya dilihat dari nilai arsitekturnya, biasanya bangunan-bangunan di Eropa memiliki nilai sejarah yang menarik untuk diulik.

(8) Kesehatan

Jurusan yang bisa kuliah di luar negeri untuk melanjutkan S2 sekaligus juga bisa bekerja di sana adalah jurusan yang berhubungan dengan “Kesehatan”, seperti dokter, perawat, atau farmasi. Jurusan-jurusan tersebut sangat populer di luar negeri dan akan selalu dibutuhkan. Apalagi nursing atau jurusan perawat, di negara-negara seperti Jepang, Amerika, dan Australia profesi sebagai perawat sangat terkenal dan banyak dibutuhkan. 

(9) Penerbangan

Penerbangan adalah salah satu jurusan yang bisa ke luar negeri, baik untuk bekerja secara permanen maupun hanya sekedar singgah. Setelah lulus dari sekolah penerbangan dan menjadi pilot, peluang kamu untuk wara-wiri ke luar negeri dan bekerja di sana sangat besar. Belum lagi gaji yang tinggi, membuat jurusan ini semakin menarik dan banyak dilirik, bukan?

Nah Sobat Cakap, itulah 9 jurusan yang bisa ke luar negeri baik untuk bekerja maupun hanya sekedar jalan-jalan saja. So, buat kamu yang bercita-cita ingin bekerja di luar negeri setelah lulus, sembilan jurusan kuliah di atas bisa menjadi pertimbangan dan pilihan terbaikmu! 

Yuk, wujudkan mimpimu kuliah di luar negeri dengan mengikuti program study abroad Cakap! Ada banyak negara tujuan yang bisa kamu pilih! Menarik, bukan? Cek sekarang juga biar nggak nyesel!

Referensi:
– collegeconsensus.com
-collegecliffs.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.