Daftar Istilah Penerbangan dalam Bahasa Inggris dan Artinya

istilah penerbangan dalam bahasa inggris
Image by onlyyouqj on Freepik

Pesawat terbang merupakan moda transportasi yang kerap digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Dalam menggunakan layanan pesawat terbang, ada istilah-istilah penerbangan tertentu dalam bahasa Inggris. Istilah-istilah tersebut sangat berkaitan dengan penerbangan yang akan dilakukan, sehingga wajib untuk diketahui. 

Bagi Sobat Cakap yang akan berpergian dengan pesawat untuk pertama kalinya, kali ini kita akan membahas beberapa istilah penerbangan dan artinya. Dengan mengerti istilah-istilah ini tentunya kamu tidak akan bingung lagi saat naik pesawat nanti. Yuk, simak daftar istilah dan juga contoh kalimat penggunaannya! 

Table of Contents

10 Istilah Penerbangan Bahasa Inggris yang Wajib Diketahui

Berikut ini adalah istilah penerbangan paling umum yang wajib diketahui semua penumpang karena berkaitan dengan penggunaan layanan penerbangan itu sendiri. Jangan sampai kamu bingung sendiri, ya! 

1. Baggage/luggage 

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah baggage atau “bagasi”, yaitu barang yang kamu bawa dalam sebuah penerbangan. Setiap koper, tas, atau barang lainnya yang kamu bawa harus didaftarkan dan sebagai penandanya akan ditempelkan baggage/luggage tag

2. Departure

Dalam bahasa Indonesia, departure artinya “keberangkatan”. Istilah ini merujuk pada area keberangkatan di bandara di mana penumpang akan melakukan check-in dan mendaftarkan bagasi. Pada area ini pula akan ada ruang tunggu untuk penumpang sebelum keberangkatan. 

3. Arrival

Arrival berarti “kedatangan” yang merupakan kebalikan dari departure. Area ini adalah area di bandara yang akan kamu masuki setelah pendaratan di kota tujuan. Termasuk di sini pengambilan bagasi dan pemeriksaan dokumen kedatangan. 

4. Check-in

Sebelum keberangkatan, kamu wajib melakukan check-in di mana semua kesesuaian data penumpang akan diperiksa, termasuk bagasi atau barang bawaan. Setelah check-in kamu akan mendapatkan boarding pass yang nantinya digunakan untuk masuk ke dalam pesawat.  

5. Boarding 

Boarding adalah proses masuk atau naik ke dalam pesawat di mana kamu akan diminta untuk menunjukkan boarding pass dan juga kartu identitas. Boarding pass sendiri berisi data penerbangan penting seperti tempat duduk, nomor penerbangan, dan pintu keberangkatan. 

Sudah Tahu Level Bahasa Inggrismu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

6. Crew/Flight Attendant

Saat boarding, biasanya kamu akan disambut oleh para cabin crew atau flight attendant yang dalam bahasa Indonesia disebut “pramugari” dan “pramugara”. Mereka nantinya akan membantu dan melayani penumpang selama perjalanan pesawat. 

7. Take Off

Take off adalah istilah penerbangan yang berarti “lepas landas” atau “terbang”. Saat take off, seluruh penumpang, termasuk para cabin crew harus duduk di kursi masing-masing dengan sabuk pengaman terpasang. 

8. Landing

Kebalikan dari take off, landing berarti “mendarat”, yaitu kondisi di mana pesawat sedang melakukan pendaratan. Sama dengan take off, seluruh penumpang dan cabin crew wajib untuk duduk di kursi masing-masing dan mengenakan sabuk pengaman. 

9. Delay

Arti dari delay adalah “penundaan” atau “keterlambatan”, yaitu kondisi di mana penerbangan mengalami keterlambatan karena alasan tertentu. Hal ini bisa karena alasan operasional maupun alasan cuaca yang tidak memungkinkan untuk terbang. 

10. Transit

Kata bahasa Inggris transit dapat berarti “singgah” dalam bahasa Indonesia. Dalam penerbangan, istilah ini mengacu pada pemberhentian penerbangan di suatu bandara untuk kemudian dilanjutkan ke bandara tujuan. 

Image by fabrikasimf on Freepik

Daftar Istilah Penerbangan Lainnya dalam Bahasa Inggris

Selain kesepuluh istilah penerbangan yang wajib kamu ketahui di atas, ada pula beberapa istilah lainnya yang masih cukup umum. Istilah ini mungkin kamu lihat di bandara, pada dokumen, maupun selama penerbangan. 

Istilah Penerbangan dalam Bahasa Inggris Arti dalam Bahasa Indonesia
Aviation Aviasi atau lembaga/institusi penerbangan
Flight Penerbangan 
Connecting Flight Penerbangan dengan pergantian maskapai saat transit
Origin Bandara asal
Destination Bandara tujuan
Passenger (Pax) Penumpang
Runway Lintasan pesawat untuk take off dan landing
Route Rute pesawat saat mengudara
Air Traffic Controller (ATC) Pemandu Lalu Lintas Udara
Taxi Kondisi pesawat saat sedang berjalan di darat
Climbing Kondisi pesawat saat terbang mendaki
Descending Kondisi pesawat saat terbang melandai
Divert Pengalihan pendaratan pesawat di bandara lain
Emergency Landing Pendaratan darurat
Crash Kecelakaan

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Belajar

Contoh Kalimat Bahasa Inggris dengan Istilah Penerbangan 

Setelah mengetahui istilah-istilah di atas, sekarang saatnya melihat bagaimana penggunaannya dalam kalimat bahasa Inggris. Check it out!

  1. Now we can do online check-in and choose the seat.
    Sekarang kita sudah bisa check-in online dan memilih tempat duduk. 
  2. It’s the boarding time! Hurry up!
    Waktunya naik ke pesawat! Cepatlah!
  3. The flight has been delayed due to bad weather conditions.
    Penerbangan ditunda karena kondisi cuaca buruk.
  4. She should take a connecting flight from her city.
    Dia harus mengambil connecting flight dari kotanya. 
  5. Let’s take a look later during transit in Singapore.
    Mari melihat-lihat nanti saat transit di Singapura. 
  6. My former classmate was the flight attendant on my flight here.
    Mantan teman sekelasku adalah pramugari dalam penerbanganku ke sini.  
  7. He said the view looks scary when the aircraft is in a climbing position.
    Katanya pemandangan terlihat menakutkan ketika pesawat dalam posisi mendaki. 

Nah, demikianlah berbagai istilah penerbangan dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui beserta contoh kalimatnya. Semoga informasinya bermanfaat bagimu saat menggunakan layanan transportasi pesawat, ya! 

Bahasa Inggris memang sering digunakan untuk istilah dalam bidang tertentu. Oleh karena itu, menguasai bahasa Inggris akan mempermudahmu untuk mengerti banyak hal dalam berbagai bidang. Yuk, kursus bahasa Inggris online di Cakap! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • aircharterservice.com
  • Epicflightacademy.com

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat