Berikut, Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Belajar Bahasa Mandarin

Berikut, Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Belajar Bahasa Mandarin

Belajar bahasa Mandarin kini salah satu syarat untuk melamar di suatu perusahaan, belum lagi tuntutan bisnis karena perekonomian Tiongkok berkembang sangat pesat. Alangkah baiknya bila kamu menguasai bahasa Mandarin itu dengan mengikuti kursus bahasa Mandarin karena kamu bisa memiliki pengajar yang dapat membantumu belajar.

Lalu, apa saja yang harus kamu siapkan sebelum belajar bahasa Mandarin? Apa saja dasar bahasa Mandarin?

Dasar Bahasa Mandarin

 

1. Belajar Huruf Mandarin

 

Berikut, Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Belajar Bahasa Mandarin
sumber: giphy

Hal pertama yang harus kamu lakukan ketika berlajar bahasa Mandarin adalah belajar huruf Mandarin atau disebut juga dengan Aksara Han dan dalam bahasa Mandarin disebut juga dengan Hanzi. Aksara Han merupakan sistem penulisan tertua di dunia dan memiliki puluhan ribu karakter. Dalam bahasa Mandarin, Aksara Han dibagi menjadi dua, Aksara Han Tradisional dan Aksara Han Sederhana.

Hanzi Tradisional atau Aksara Han Tradisional adalah aksara yang tidak mengandung huruf/karakter atau tidak memiliki huruf/karakter subtitusi setelah tahun 1946. Aksara Han Tradisional pertama muncul ketika era Dinasti Han (202 SM – 220 M).

Hanzi Sederhana atau Aksara Han Sederhana merupakan salah satu dari dua jenis aksara yang digunakan dalam penulisan bahasa Mandarin. Hanzi sederhana ini adalah penyederhanaan dari Hanzi atau Aksara Han Tradisional dan memiliki goresan yang lebih sedikit.

Hanyu Pinyin ( 漢語拼音) atau Pinyin merupakan aksara latin (romanisasi) dari huruf Mandarin. Sejak tahun 1950-an, Hanyu Pinyin dikembangkan dan penggunaannya disetujui oleh pemerintah Republik Rakyat Tiongkok pada tahun 1958.

Dari ketiga macam aksara yang digunakan, kamu harus mengetahui kapan saja waktu untuk menggunakannya. Di Tiongkok sendiri pemerintah setempat tidak melarang untuk mengguakan Aksara Han Sederhana namun kamu akan sering menemukan Aksara Han Tradisional dalam logo atau grafis dari suatu institusi atau merek.

Di Hong Kong, Taiwan, Makau, dan Amerika Serikat, Aksara Han Tradisional lebih dominan untuk digunakan meskipun kamu masih akan menemunkan penggunaan Aksara Han Sederhana. Aksara Han yang disederhanakan umunya digunakan di Tiongkok Daratam dam Singapura. Jadi sebenarnya kamu harus mempelajari semuanya. Maka dari itu, kamu harus benar-benar mengenali Hanzi dan Pinyin.

Aksara Han Sederhana dan Pinyin mungkin lebih mudah sehingga kamu akan mempelajarinya saat pertama mengikuti kursus bahasa Mandarin tapi usahakan untuk tidak terlalu terlena. Kamu pun harus mengetahui Aksaran Han Tradisional untuk menghindari kebingungan ketika kamu membaca sebuah logo, surat resmi, atau ketika berada di negara penutur bahasa Mandarin selain Tiongkok Daratan.

2. Ketahui, Pelajari, dan Pahami Nada Pelafalan Bahasa mandarin

 

Berikut, Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Belajar Bahasa Mandarin
sumber: chinesepod.com

Hal yang perlu kamu ketahui ketika belajar bahasa Mandarin dasar adalah nada pada pelafalan bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang bernada. Hal ini dikarenakan perbedaan nada yang dimiliki oleh satu suku kata adalah untuk membedakan arti dari suku kata tersebut.

Dalam bahasa Mandarin terdapat empat buah nada utama. Setiap nada memiliki kontur nadanya masing-masing. Berikut keempat nada dalam pelafalan bahasa mandarin:

  • Nada Pertama

Nada pertama merupakan nada yang terdengar datar dan tinggi. Ini merupakan nada yang palling sederhana untuk diucapkan. Dalam pengucapan nada ini kamu tidak perlu memainkan intonasi karena ini diucapkan tanpa ada peningkatan atau penurunan nada. Dalam Pinyin, pleafalan ini dilambangkan dengan “-“ di atas huruf vokal, misalnya seperti ini “mā”.

  • Nada Kedua

Nada kedua dalam bahasa Mandarin merupakan nada yang terdengar “naik ke atas” ketika diucapkan. Suara yang dihasilkan ketika mengucapkan nada ini lebih terdengar seperti nada bertanya dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia. Dalam Pinyin, nada ini dilambangkan sebagai berikut, “má”

  • Nada Ketiga

Nada ketiga dalam bahasa Mandarin merupakan nada yang terdengar memantul ketika diucapkan. Pertama diucapkan, berawal di nada tinggi, lalu menurun sedikit, dan kembali ke nada semula dalam satu nafas. Dalam Pinyin, nada ini dilambangkan sebagai berikut, “mǎ”.

  • Nada Keempat

Nada keempat dalam bahasa Mandarin adalah nada yang terdengar menurun ketika diucapkan. Ini merupakan kebalikan dari nada kedua. Berawal dari nada tinggi lalu diucapkan menurun. Dalam Pinyin, nada ini dilambangkan seperti berkut, “mà”.

Memang cukup sulit untuk dideskripsikan, kamu sangat disarankan untuk mendengarkan keempat nada ini dan mempraktekannya sendiri. Pada awalnya memang terasa sulit dan membingungkan namun dengan latihan rutin, kamu pasti bisa.

Bila kamu masih bingung juga, sangat disarankan untuk mengikuti kursus bahasa Mandarin karena dengan begitu, kamu akan memiliki tutor untuk membimbingmu dalam belajar bahasa Mandarin.

3. Mencari Tutor atau Tempat Kursus Bahasa Mandarin yang Tepat

 

Berikut, Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Belajar Bahasa Mandarin
sumber: giphy

Ya, kamu harus memilih tempat kursus bahasa Mandarin yang tepat unutk mengajar dan membimbingmu dalam belajar bahasa Mandarin. Kursus bahasa Mandarin online pun tidak apa asalkan memenuhi kriteria tempat belajar bahasa Mandarin yang baik. Apa saja kriterianya?

  • Orang yang Mengerti

Carilah mereka yang memang paham akan bahasa Mandarin, penutur asli atau pernah tinggal di Tiongkok bukan jaminan untuk mengerti esensi sebenarnya dari bahasa Mandarin. Carilah orang yang memang memiliki sertifikasi untuk mengajar bahasa Mandarin, yang memang memiliki pengatahuna untuk mengajar. Mengapa? Karena bisa berbahasa Mandarin itu belum tentu bisa mengajarkan bahasa Mandarin.

  • Seseorang yang Bisa Menjawab

Dalam belajar bahasa Mandarin tentu kamu akan memiliki berbagai pertanyaan, mengapa begini, mengapa begitu. Namun, berapa banyak orang yang dapat menjawab pertanyaanmu itu? Nah, dalam mencari institusi kursus bahasa Mandarin, kamu harus memastikan bahwa pengajar di sana memang mampu menjawab segala pertanyaanmu dan tidak memberikanmu kalimat, “karena memang dari sananya.”. Bila kamu memahami betul alasan dari setiap ucapan dan makna dari bahasa Mandarin, kamupun akan semakin cepat fasih bahasa Mandarin.

  • Seseorang yang Dapat Membuatmu Termotivasi

Motivasi belajar itu perlu. Bila pengajar bahasa Mandarinmu membosankan dan tidak dapat membuatmu termotivasi untuk tetap belajar, lebih baik kamu mencaru guru bahasa Mandarin baru. Mengapa? Karena dibutuhkan keahlian khusus untuk membuat seorang murid tetap merasa tertarik dengan apa yang dipelajari, bila tidak muridnya akan fasih dan pintar?

  • Seseorang yang Cocok Denganmu

Bila kamu saja sudah tidak suka dengan gurumu, bagaimana mau maju? Kalau kamu sudah bermasalah dengan gurunya, lebih baik kamu mengganti pengajar. Mengapa? Karena ini juga unutk memotivasimu belajar bahasa Mandarin.

  • Seseorang yang Sabar

Dalam proses belajar itu tidak ada yang mudah. Di sini, kesabaran tinggi diperlukan. Inilah mengapa kamu sangat disarankan untuk belajar atau kursus bahasa Mandarin dengan orang yang memang tersertifikasi untuk itu. Mereka sudah terlatih dan memang sangat memahami betul cara mengajarkan bahasa Mandarin untuk pemula.

Itu dia hal-hal yang harus kamu ketahui sebelum belajar bahasa Mandarin. Belajar bisa di mana saja, kursus bahasa Mandarin online, kursus bahasa Mandarin secara konvensional, atau memanggil tutor ke rumah pun boleh saja. Semua ada kelebihan dan kekurangannya, yang penting, kamu tahu apa yang akan kamu hadapi ketika belajar bahasa Mandarin. Selamat belajar!

Baca Juga: Kumpulan Kata Bahasa Mandarin

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google