Gak Bingung Lagi Soal Partikel de: 的, 地 dan 得

Pada beberapa artikel sebelumnya, Cakap sempat membahas mengenai to, two, dan too.  Bahasa Mandarin juga punya trio kata yang memiliki bunyi yang sama dengan makna yang berbeda yaitu de (的, 地 dan 得).

De merupakan partikel penting dalam tata bahasa Mandarin dan penggunaannya cukup kompleks dan luas. Bahkan penutur asli bahasa Mandarin pun seringkali tertukar dalam menggunakannya.

Ketiganya diucapkan dengan nada netral. Namun masing-masing de memiliki fungsi spesifik yang berbeda-beda. Ada yang untuk menjelaskan kata benda, kata kerja, dan kata sifat. Contohnya, “dengan tenang” (quietly) dalam bahasa Mandarin disebut “安静” (ānjìng de). Jika kamu ingin mengatakan “rumah Cacha”, maka bahasa Mandarinnya adalah “Cacha 房子(Cacha de fángzi).

Sama-sama de tapi terlihat bahwa fungsinya berbeda bukan? Apa sebenarnya perbedaannya? Yuk simak penjelasan di bawah ini!

Partikel 的 merupakan yang paling umum dan biasanya paling pertama dipelajari. 的 digunakan untuk menghubungkan kata ganti kepemilikan atau kata sifat dengan kata benda. 的 diletakkan sebelum kata benda. Dalam bahasa Indonesia, 的 bisa diartikan sebagai “kepunyaan”, “milik”, atau “yang”. Berikut susunannya:

Kata ganti kepemilikan +的 + kata benda

atau

Kata sifat +的 + kata benda

Contoh:

Wǒ de shū

Buku (milik) saya

  • 她是英国女王

Tā shì yīngguó de nǚwáng

Ratu(nya) Inggris

  • 公平

Gōngpíng de rén

Orang yang adil

  • 这些是新眼镜吗?

Zhèxiē shì xīn de yǎnjìng ma?

Apakah ini kacamata yang baru?

地 source: giphy.com

地 digunakan untuk mengubah kata sifat (adjective) menjadi keterangan (adverb). Dalam bahasa Inggris, 地 bisa diartikan sebagai imbuhan -ly atau dalam bahasa Indonesia bisa diterjemahkan sebagai “dengan”. Formulanya adalah:

Kata sifat + 地 

Dalam bahasa Mandarin, kata sifat yang diubah menjadi kata keterangan menggunakan 地 biasanya akan diulang. Misalnya, untuk mengubah “cepat” atau “quick” 快 (kuài) menjadi “dengan cepat” atau “quickly”, maka bahasa Mandarinnya menjadi 快快地 (kuài kuài de).

Contoh:

  • 他慢慢走到商店

Tā màn man de zǒu dào shāngdiàn.

Dia dengan pelan-pelan berjalan ke toko.

Untuk membentuk kalimat negatif menggunakan地, kata 不 (bù) diletakkan sebelum kata sifat. Contoh:

  • 慢慢走到商店

màn man de zǒu dào shāngdiàn.

Dia tidak berjalan dengan pelan-pelan ke toko.

Selain sebagai partikel, 地 bila dibaca juga berarti “tanah”. Contoh:

  • 土地很脏

Tǔdì hěn zàng

Tanahnya kotor.

Mau Jago Bahasa Mandarin? Yuk, Belajar di Cakap. Download Aplikasinya di Play Store & Apple Store

得 source: giphy.com

得 merupakan bentuk de yang bisa dibilang paling rumit karena banyak kegunaannya. 得 digunakan untuk menghubungkan kata kerja (verb) dengan kata sifat atau keterangan untuk menunjukkan efek, kualitas, nilai, atau kemampuan dari suatu kegiatan.

Menjelaskan Kata Kerja

Salah satu kegunaan yang paling umum dan mendasar dari 得 adalah untuk menjelaskan suatu kegiatan. Dalam bahasa Indonesia, 得 bisa diartikan -nya yang diletakkan di belakang kata kerja, misalnya larinya, menulisnya, dan sebagainya.

Contoh:

  • 他跑很快

Tā pǎo de hěnkuài

Dia larinya cepat

  • 爸爸唱很好

Bàba chàng hěn hǎo

Ayah nyanyinya sangat bagus

Pada contoh di atas, 得 diletakkan setelah kata kerja 跑 (pǎo) yang artinya berlari dan (chàng) yang artinya menyanyi. Untuk menjelaskan kata kerja secara negatif, maka yang digunakan ialah 得不 (de bù)

Contoh:

  • 他跑得不很快

Tā pǎo de bù hěnkuài

Dia larinya tidak cepat

  • 爸爸唱得不

Bàba chàng dé hǎo

Ayah nyanyinya tidak bagus

Menunjukkan Kemampuan

Selain itu menjelaskan kata kerja, 得 juga digunakan untuk menunjukkan apakah suatu kegiatan bisa dilakukan atau tidak. Bila ya, 得 digunakan. Bila tidak, kata 得 diganti dengan kata 不.

Contoh:

  • 你看见吗?

Nǐ kàn jiàn ma?

Bisakah kamu melihatnya?

我看

Wǒ kàn jiàn

Membandingkan

Kegunaan lain dari 得 adalah untuk menunjukkan derajat perbandingan. Formulanya adalah:

Kata sifat + 得 + kata perbandingan (lebih sedikit, lebih banyak, lebih besar, dsb)

Contohnya:

  • 他的书比我的大

Tā de shū bǐ wǒ de dà duō

Bukunya jauh lebih besar dibanding buku saya.

Pada contoh di atas, 得 diletakkan setelah kata sifat 大 yang berarti besar dan 多 digunakan untuk menjelaskan perbandingan tersebut. Di sini, 得 digunakan untuk menunjukkan tingkat suatu perbandingan.

Bukunya lebih besar dari bukuku. Seberapa besar? Jauh lebih besar. Kalimat di atas juga menggunakan 的 untuk menunjukkan kepemilikan (bukunya), seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Mendapatkan

得 dengan nada kedua () bila dipasangkan menjadi 得到 (dédào) bisa diartikan sebagai “mendapatkan”. Contoh:

  • 得到一份新工作

dédào yī fèn xīn gōngzuò

Saya mendapat pekerjaan baru.

Harus

得 ketiga dibaca děi (dengan nada ketiga), berubah arti menjadi “harus”. Contoh:

  • 走了

děi zǒule

Kamu harus pergi

Wah, fungsinya ternyata begitu beragam ya, sobat Cakap! Sudah paham belum perbedaannya? Supaya lebih ngerti, kamu bisa lho ikutan Kelas Bahasa Mandarin Cakap. Jadi, kamu bisa makin paham penerapannya dan bisa latihan penggunaannya bersama guru Mandarin profesional. Kalau ada yang bingung atau perlu dikoreksi, kamu bisa langsung bertanya ke gurunya deh!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google