Berapa Kata yang Perlu Kita Tahu untuk Fasih Berbahasa Mandarin?

Bahasa Mandarin memiliki 85 ribu lebih kata, menjadikannya salah satu bahasa terkaya sekaligus terkompleks di dunia. Tiap katanya memiliki fungsi masing-masing dan kebanyakan dapat digabungkan dengan kata lainnya untuk membentuk kata baru. Hal ini terkadang membuat orang-orang yang mempelajarinya menjadi frustasi dan bingung karena ada begitu banyak kata yang perlu diketahui.

Yang sering menjadi pertanyaan, berapa banyak kata yang harus kita ketahui agar bisa fasih bahasa Mandarin? Ini bergantung pada tujuanmu belajar bahasa Mandarin.

Jika tujuanmu sekadar untuk percakapan sederhana, 750 kata sudah cukup untuk melakukan dialog sehari-hari. 750 kata ini merupakan jumlah kata berbeda yang diucapkan kebanyakan orang per harinya.

Untuk menjadi fasih, kamu harus menguasai 2500 kata. Jumlah ini cukup untuk menggambarkan apapun yang ingin kamu katakan. “Benda untuk menyimpan makanan agar tetap dingin” memiliki arti yang sama dengan “kulkas”. Walaupun “kulkas” jelas lebih singkat, setidaknya orang yang kamu ajak bicara mengerti maksudmu.

Bagaimana dengan masyarakat Cina? Penutur asli tanpa pendidikan tinggi mengenal sekitar 5000 kata, mereka dengan tingkat edukasi tinggi mengenal sekitar 10 ribu kata serta kurang lebih 20 ribu “kosakata pasif”. Kosakata pasif adalah kosakata yang jarang digunakan dalam percakapan, tetapi dapat dipahami saat mendengar atau membacanya.

Wah banyak sekali! Gak perlu panik. Ingat pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Berikut 5 tips yang bisa kamu praktikkan untuk memperkaya kosakata bahasa Mandarinmu.

Menggunakan flashcard

Flashcard merupakan sekumpulan kartu yang berisi gambar atau kata-kata pada salah satu sisi atau keduanya. Biasanya satu sisi berisi pertanyaan dan sisi lainnya bertuliskan jawaban. Flashcard seringkali digunakan untuk latihan menghafal.

Banyak orang yang menggunakan cara ini untuk belajar bahasa. Selain fleksibel, flashcard juga bisa dimodifikasi. Bahkan kamu bisa membuat sendiri flashcard belajarmu. Sekarang juga ada banyak aplikasi flashcard yang bisa kamu unduh lewat smartphone-mu. Meluangkan waktu 5-10 menit setiap hari untuk belajar menggunakan flashcard bisa sangat membantumu menambah kosakata.

Baca, Baca, dan Baca

Baca, Baca, dan Baca source: giphy.com

Flashcard sangat bagus untuk membangun kosakata, membantumu mengingat kembali hal-hal yang sudah kamu pelajari, dan lebih “merasakan” bahasa yang sedang kamu pelajari atau yang disebut “语感” (Yǔgǎn) dalam bahasa Mandarin.

Namun, memperluas materi pembelajaranmu juga penting salah satunya dengan banyak membaca. Membaca akan membuatmu lebih paham mengenai bagaimana suatu kata digunakan dalam kalimat agar terkesan natural saat dibaca atau didengar.

Walaupun tidak sefleksibel flashcard, adanya internet memungkinkan kamu untuk mengakses begitu banyak bahan bacaan berbahasa Mandarin mulai dari cerpen, cerita fiksi, hingga berita.

Mau Lancar Berbahasa Mandarin? Yuk, Belajar di Cakap

Mendengarkan musik, radio, atau podcast

Mendengarkan musik, radio, atau podcast source: giphy.com

Tips yang satu ini juga mudah untuk dilakukan karena sifatnya fleksibel dan tidak membutuhkan usaha yang terlalu berat. Selain itu kamu juga bisa menggabungkannya dengan aktivitas lain.

Coba utak-utik radiomu dan cari siaran berbahasa Mandarin yang kira-kira pas untukmu sehingga kamu pun menikmati saat mendengarkannya. Selain radio, kamu juga bisa mencari playlist lagu-lagu Mandarin yang sesuai dengan genre musik kesukaanmu atau podcast khusus untuk belajar bahasa Mandarin. Tujuannya agar membuat materi belajarmu menyenangkan dan semudah mungkin untuk diakses.

Chatting dengan penutur asli

Chatting dengan penutur asli source: giphy.com

Jika memungkinkan, chatting dengan penutur asli bisa menjadi cara manjur untuk memperkaya kosakata. Namun cara ini bisa dibilang lebih rumit dari yang lainnya. Terkadang sulit untuk mencari topik atau teman chat yang dapat membantumu belajar secara konsisten.

Trik untuk mengatasi ini adalah dengan mencari forum atau chat room berbahasa Mandarin yang membahas mengenai hobimu, misalnya musik, film, video games, dan sebagainya. Sehingga saat chatting kamu tidak akan buntu atau kehabisan topik. Ini juga membuat pengalaman chatting-mu lebih asyik dan natural.

听写 (Tīngxiě)

听写 (Tīngxiě) source: giphy.com

Apa itu tīngxiě? Tīng berarti mendengarkan sementara xiě berarti menulis. Bila digabungkan, tīngxiě berarti mendengar dan menulis atau biasa disebut dikte. Belajar lewat mendengarkan memang menjadi salah satu cara yang menyenangkan. Namun, mendengarkan secara pasif membuatmu rentan hilang konsentrasi.

Cara gampang untuk memastikan kamu benar-benar belajar dari apa yang kamu dengar adalah dengan melakukan tīngxiě ini. Menuliskan kata demi kata atau meringkas apa yang kamu dengar akan sangat membantumu mengingat kata-kata baru yang telah kamu pelajari.

Metode-metode di atas ini bisa kamu gunakan untuk mengulang materi-materi yang sudah kamu dapatkan dari Kelas Bahasa Mandarin di Cakap. Jadi, materi pembelajaranmu semakin bervariasi dan kamu bisa semakin cepat menguasai bahasa Mandarin. Semangat!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google