Berikut Kartun yang Bisa Mengasah Kemampuan Anak Belajar Bahasa Inggris

Video atau Film merupakan media yang paling disukai oleh anak-anak. Di zaman sekarang, ada banyak media yang menyediakan video dan film yang bisa ditonton oleh semua orang, diantaranya adalah streaming online dan juga televisi. Ada banyak dampak dari menonton, terutama bagi anak-anak. Menurut Dr. Frieda Mangunsong, M.Ed, salah satu Profesor dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, film merupakan salah satu media yang mampu mempengaruhi anak bahkan sejak masih bayi.

Menonton merupakan media yang paling efektif untuk belajar bagi anak di usia dini. Anak di usia dini dapat belajar berbagai hal dari apa yang dia lihat di sekitar lingkungannya. Tidak hanya itu, anak usia dini juga bisa peka terhadap warna, suara, ritme, dan tentunya bahasa dan perilaku.

Bagi anak-anak, usia 10 tahun kebawah merupakan usia yang baik untuk belajar. Menurut Elizabeth Allen, seorang pengajar bahasa inggris dan prancis, usia ideal bagi anak untuk belajar bahasa asing adalah usia tiga tahun.

Tidak semua kartun yang baik ditonton oleh anak anak. Oleh karena itu, berikut kami rangkum beberapa animasi kartun yang cocok untuk ditonton oleh anak:

Dora The Explorer

sumber : giphy.com

Dora adalah seorang gadis kecil yang senang berpetualang di dunianya. Dora ditemani oleh teman baiknya yaitu Boots, seekor kera yang lucu dan riang. Animasi Dora the Explorer merupakan animasi interaktif dimana animasi tersebut seakan akan mengajak penonton untuk berinteraksi dengannya. Kalau bagi orang dewasa animasi ini bisa dibilang mengesalkan.

Konsep dari animasi ini diambil seperti sebuah game interaktif untuk belajar anak. Karena di setiap episodenya Dora dan teman-temannya selalu memberi opsi untuk dipilih.

Go, Diego, Go!

Animasi ini merupakan spin-off dari animasi Dora the Explorer. Diego sendiri yang merupakan sepupunya Dora. Go! Diego, Go! Memiliki cerita yang berbeda dari Dora. Dora lebih mengutamakan adventure yang dia lakukan pada setiap episodenya, kalau Diego memiliki adventure dalam menyelamatkan hewan yang membutuhkan bantuan. Diego ditemani oleh kakaknya yang bernama Alicia dan juga ditemani oleh Baby Jaguar, peliharaannya.

Baca Juga :

Word World

Animasi ini merupakan animasi edukasi yang di targetkan untuk anak TK atau pre-school. Seluruh benda yang ada di dalam animasi ini didesign berbentuk sebuah kata yang dibuat menyerupai bentuk benda. Dengan menonton animasi ini, anak-anak bisa belajar sebuah kata dan bisa dengan mudah menghafalnya.

Little Einstein

sumber : giphy.com

Little Einstein merupakan animasi edukasi yang dirancang untuk mengajarkan sejarah seni dunia. Banyak dari episode yang ada di animasi ini menayangkan atau menunjukkan musik-musik klasik yang terkenal. Tidak hanya musik, karya seni rupa juga ditayangkan di animasi ini. Berpetualang bersama Leo, June, Quincy, dan Annie untuk menyelesaikan misi nya.

Curious George

sumber : giphy.com

Animasi kartun ini mengajarkan banyak hal, mulai dari sopan santun, benda, warna, angka, dan lain-lain. George merupakan seekor kera berjenis simpanse yang memiliki sifat yang ingin tahu atau penasaran akan suatu hal. Rasa ingin tahu merupakan sifat yang wajib dimiliki oleh anak-anak.

Itu lah beberapa animasi kartun yang cocok untuk anak anda. Jangan biarkan anak anda candu dengan streaming online. Hal tersebut dapat berakibat buruk terhadap kesehatan anak anda.

Jika para parents ingin anaknya jago belajar bahasa asing, Cakap menawarkan materi asik yang dapat digunakan untuk proses belajar bahasa Inggris untuk anak. Yuk, coba kelasnya sekarang.

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google