Cakap, Top Choice Learning Platform.   Download Cakap  
Cakap, Top Choice Learning Platform

Cara Membuat & Contoh Biodata Bahasa Inggris untuk Siswa SD

Image by freepik

Biodata adalah daftar singkat riwayat hidup yang dapat berbentuk poin-poin informasi, maupun berupa narasi yang bercerita tentang diri seseorang. Kali ini kita akan membahas tentang biodata siswa dalam bahasa Inggris untuk anak SD, mulai dari pengertian hingga contohnya. Baca artikel ini sampai habis, ya! 

Apa Itu Biodata?

Biodata adalah teks yang berisi informasi pribadi seseorang seperti nama, tempat, tanggal lahir, dan sebagainya. Biodata dapat ditulis dalam bentuk poin-poin maupun dalam bentuk narasi yang menceritakan diri penulis. 

Tujuan dari penulisan biodata adalah untuk memberi tahu atau memperkenalkan diri seseorang kepada pembaca atau orang lain. Biodata juga berisi informasi yang akan membedakan penulisnya dengan orang lain yang memiliki kepentingan yang sama. 

Misalnya ketika si Kecil mendaftar sekolah, mengikuti bimbingan belajar/kursus, atau berpartisipasi dalam perlombaan. Dengan biodata, orang akan mengetahui identitas si Kecil sebagai pelamar atau pendaftar. 

Cara Menulis Biodata Bahasa Inggris

Ketika menulis biodata si Kecil dalam bahasa Inggris, apa saja sih informasi yang perlu Moms & Dads ditambahkan? 

Moms & Dads bisa mulai dari informasi dasar seperti nama, panggilan, tempat dan tanggal lahir, jenis kelamin, usia, serta alamat. Selanjutnya, Moms & Dads juga bisa menambahkan informasi lainnya seperti kelas, sekolah, hobi, cita-cita, hingga makanan, minuman, dan warna favorit. 

  1. Nama dan nama panggilan (Name and nickname
  2. Tempat dan tanggal lahir (Place and date of birth
  3. Usia (Age
  4. Jenis kelamin (Gender
  5. Alamat (Address
  6. Kelas (Grade
  7. Sekolah (School)
  8. Hobi (Hobby)
  9. Makanan favorit (Favorite food)
  10. Minuman favorit (Favorite drink
  11. Warna favorit (Favorite color
  12. Cita-cita (Dreams

Contoh Biodata Bahasa Inggris

Moms & Dads bisa menulis biodata siswa bahasa Inggris dalam bentuk poin-poin atau daftar informasi, maupun narasi atau cerita. 

Contoh Biodata Siswa dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD (Poin-poin) 

Contoh 1

Name/nickname

Renata Aulia/Rena

Place, date of birth

Jakarta, August 1, 2014 

Age

10 years old

Gender

Female 

Address

Jalan ABC No. 12 RT.02 RW.01, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta 

Class

4A 

School

SDN 001 Kebon Jeruk 

Hobby

Drawing and coloring 

Favorite food

Chicken noodles 

Favorite drink

Avocado juice

Favorite color

Light blue 

Dreams

Dentist

Contoh 2

Name/nicknameNicky Wijaya/Nicky 
Place, date of birthBandung, 17 July, 2014 
Age10 years old 
GenderMale 
AddressJalan ABC No. 3A RT.02 RW.06, Campaka, Andir, Bandung City, West Java
Class4A
SchoolSDN 001 Campaka 
HobbyReading Encyclopedia 
Favorite foodRendang 
Favorite drinkBanana Milk 
Favorite colorGreen 
DreamsAstronaut 

Contoh Biodata Siswa dalam Bahasa Inggris untuk Anak SD (Narasi)

Contoh 1

Hi, my name is Renata Aulia, but you can call me Rena. I am 10 years old. I was born on August 1, 2014, in Jakarta. I live at Jalan ABC No. 12 RT.02 RW.01, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, West Jakarta, DKI Jakarta.

I go to SDN 001 Kebon Jeruk, and I am in class 4A. I love drawing and coloring. My favorite food is chicken noodles, and I like drinking avocado juice. My favorite color is light blue. When I grow up, I want to be a dentist. 

Terjemahan:

Hai, nama saya Renata Aulia, tapi kalian bisa panggil saya Rena. Saya berusia 10 tahun. Saya lahir pada tanggal 1 Agustus 2014 di Jakarta. Saya tinggal di Jalan ABC No. 12 RT.02 RW.01, Kelapa Dua, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Saya bersekolah di SDN 001 Kebon Jeruk, dan saya duduk di kelas 4A. Saya suka menggambar dan mewarnai. Makanan favorit saya adalah mi ayam, dan saya suka minum jus alpukat. Warna favorit saya adalah biru muda. Kalau sudah besar nanti, saya ingin menjadi dokter gigi.

Contoh 2

Hello, my name is Nicky Wijaya. You can call me Nicky. I was born on July 17, 2014, in Bandung and now I am 10 years old. I live at Jalan ABC No. 3A RT.02 RW.06, Campaka, Andir, Bandung City, West Java. 

I study at SDN 001 Campaka and I’m in class 4A. I really enjoy reading encyclopedias. My favorite food is rendang, and my favorite drink is banana milk. I like green as my favorite color. When I grow up, I dream of becoming an astronaut. 

Terjemahan:

Halo, nama saya Nicky Wijaya. Kalian bisa panggil saya Nicky. Saya lahir pada tanggal 17 Juli 2014 di Bandung dan sekarang saya berusia 10 tahun. Saya tinggal di Jalan ABC No. 3A RT.02 RW.06, Campaka, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat.

Saya bersekolah di SDN 001 Campaka dan saya duduk di kelas 4A. Saya sangat suka membaca ensiklopedia. Makanan favorit saya adalah rendang, dan minuman favorit saya adalah susu pisang. Saya suka warna hijau sebagai warna favorit saya. Jika saya besar nanti, saya bercita-cita menjadi astronot.

Nah, itulah pembahasan mulai dari pengertian, cara menulis, hingga contoh biodata siswa dalam bahasa Inggris untuk anak SD. Semoga bisa membantu Moms & Dads yang saat ini membutuhkan informasi tentang biodata bahasa Inggris, ya! 

Penguasaan bahasa Inggris akan semakin dibutuhkan seiring kenaikan kelas si Kecil di tahun ajaran ini, lho, Moms & Dads. Yuk, ambil kelas bahasa Inggris di Cakap Kids Academy sekarang biar si Kecil makin jago dalam menulis dan berbicara bahasa Inggris! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat