Cakap Upskill x Digibank: Digitalisasi dan Teknologi dalam Masa Depan Dunia Pendidikan

cakap-upskill-x-digibank-digital-education

Cakap Upskill secara rutin menyelenggarakan berbagai webinar dengan beragam tema yang inspiratif dan terkini. Pada minggu pertama bulan Desember 2021, Cakap kembali menghadirkan kelas webinar bersama Digibank dengan mengusung tema “The Future of Education is Digital”. Webinar ini diisi langsung oleh Dery Rovino, M.A (B2B Curriculum & Content Manager Cakap).

Kelas webinar dimulai dengan beberapa lemparan pertanyaan sederhana seputar pendapat audiens mengenai masa depan dunia pendidikan. Lalu, apa saja materi yang dibawakan di kelas Upskill Cakap x Digibank? Selengkapnya dari materi yang dibawakan oleh Dery Rovino, terangkum dalam artikel berikut.

Bagaimana Cara Menghadapi Digitalisasi Pendidikan di Masa Sekarang?

Dunia terus berubah, berkali-kali berubah menuju perkembangan yang drastis terutama di bidang teknologi dan pendidikan. Semua sudah serba digital, kegiatan yang biasa dilakukan juga sudah banyak dijalankan lewat digital. Bahkan, di masa pandemi, sekolah-sekolah juga memberlakukan pembelajaran berbasis online learning. Jadi, sebagai pelaku di dunia digital teknologi, sudah seharusnya kita semua memaksimalkan platform-platform apa saja yang bisa digunakan untuk menunjang kemajuan dunia pendidikan. 

Lalu, “Seberapa siapkah kita menghadapi dunia pendidikan digital?” Dery mengatakan bahwa sebenarnya, masyarakat dan pelaku dunia pendidikan Indonesia sudah siap menghadapi sistem pendidikan digital. Pasalnya, secara human power, Indonesia sudah memilikinya. Tools-tools yang diperlukan juga sudah ada. Hanya saja, mungkin ada kendala-kendala yang bisa dilihat dari segi geografis. 

Tech in Education Timeline

Banyak masyarakat awam yang mungkin belum tahu timeline atau perjalanan dunia pendidikan hingga mencapai masa sekarang. Pada kesempatan ini, Dery memberikan pemaparan mengenai teknologi dalam garis waktu pendidikan. Berikut urutan-urutannya!

Teknologi dalam dunia pendidikan dimulai sekitar tahun 1800-an atau tepatnya tahun 1840 – 1950. Ini adalah masa di mana orang-orang sudah belajar melalui surat. Mereka bertukar informasi lewat kegiatan surat menyurat.

Kemudian seiring berjalannya waktu, sampailah ke tahap di mana orang-orang mulai mengenal the first education revolution. Atau juga biasa disebut education 1.0. Tahapan ini terjadi sekitar tahun 1960 – 1990.

Beranjak menuju tahun 2000-an di mana education revolution 2.0 mulai berkembang. Inilah momen pertama di mana komunikasi antar manusia, komputer, dan manusia lainnya terjadi dengan lebih mulus. 

Kemudian memasuki tahun 2010,  dimulailah apa yang disebut dengan MOOC (Massive Open Online Course). Di masa ini orang dapat belajar melalui aplikasi atau website atau dikenal juga dengan virtual learning. Mereka bisa melakukan login pada aplikasi, mengisi data diri, kemudian menonton video dan mengerjakan soal.

Dan yang terakhir adalah apa yang dikenal dengan “Towards the future of education”. Yang mana dalam tahapan ini, semua tentang “adanya internet of things” (benda-benda di sekitar yang memiliki aktivitas internet). Tahap di mana pendidikan memasuki education 4.0

Setelah mengetahui tech in education timeline, saatnya kamu mempersiapkan diri untuk menghadapi education 4.0 di abad 21 dengan beberapa skill ini: analytical thinking, active learning, lifelong learning, leadership, resilience, dan empati.

Siapkan Dirimu Jadi Makin Terampil Bersama Cakap Upskill

Future Demand of Education

Dalam kelas webinar-nya, Dery Rovino menjelaskan bahwa ada beberapa elemen yang bisa menentukan dan mengamankan masa depan pendidikan di seluruh dunia.

Elemen yang pertama adalah sistem. Untuk menjalankan dunia teknologi pendidikan, kamu harus memiliki sistem, kurikulum, atau silabus yang dapat mengemansipasi. Lepaskan segala sistem pembelajaran yang dapat mengungkung atau membelenggu murid dari kemungkinan-kemungkinan di luar sana.

Selanjutnya ada teknologi. Seperti diketahui, teknologi bukanlah lagi sesuatu yang asing. Di zaman sekarang, teknologi merupakan sesuatu yang practical, yang bisa dipelajari dari mana saja, dari aplikasi, handphone, dll. Teruslah belajar teknologi-teknologi baru, kemudian biasakan dirimu untuk beradaptasi dengannya. 

Elemen lain yang tidak kalah penting dalam menghadapi tuntutan di dunia pendidikan masa depan adalah environment dan value for money.

Mau Jadi Guru di Era Education Digital? Siapkan Hal Ini Dulu!

Menurut Dery, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan saat ingin menjadi pengajar, yaitu:  Professional Engagement (para pengajar harus mampu menjabarkan esensi dari mata pelajaran yang diajarkan), Digital Resources (mencari sumber pembelajaran lain yang lebih fresh dan menarik), Teaching and Learning (Mengajar bukan hanya memaparkan materi, tapi juga bentuk counseling, apa yang student butuhkan harus di-handle pengajar), dan Empowering Learners (pengajar harus memberdayakan dan mengembangkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan sesuatu).

Topik mengenai dunia pendidikan selalu menjadi tema yang menarik untuk terus diulik. Nah, buat kamu yang ingin meningkatkan pengetahuan di bidang pendidikan dan berbagai bidang lainnya, webinar Cakap Upskill adalah platform yang cocok untukmu. Di sana kamu bisa mengikuti banyak kelas webinar seru dan bermanfaat. Yuk, cek jadwal kelas Upskill terdekat!

Baca Juga: