Cakap dan PMO Kartu Prakerja Gelar Gathering Alumni di Surabaya

BLOG BANNER_Semarak Jumpa Kartu Prakerja

Cakap dalam kerjasama dengan PMO Kartu Prakerja menggelar acara temu alumni di Surabaya pada Sabtu, 16 September 2022 lalu. Acara bertajuk “Semarak Jumpa Prakerja” tersebut dihadiri oleh 1.000 alumni Prakerja yang sudah mendapat manfaat dari program pemerintah tersebut. 

Sejak pertama kali digulirkan pada tahun 2020 lalu, program Kartu Prakerja sendiri telah memberi manfaat kepada sedikitnya 14 juta masyarakat Indonesia. Program Kartu Prakerja telah membantu angkatan kerja yang telah menempuh pendidikan formal namun masih kurang sesuai dengan kebutuhan industri. 

Hal senada dengan yang disampaikan oleh beberapa alumni Kartu Prakerja yang hadir dalam acara temu alumni tersebut. Salah satunya adalah Shindu Abu Nizar (40 tahun), peserta program Kartu Prakerja angkatan 36 yang saat ini bekerja sebagai pengembang teknologi informasi.

“Dulu saat kuliah di politeknik kan ilmu ini belum dapat, maka saya ambil kelas Manajemen Aplikasi Digital untuk melengkapi keterampilan saya yang sudah ada. Saya juga berharap dengan skill yang meningkat ini, bisa membuka kesempatan lain yang lebih tinggi, seperti misalnya dari sisi penghasilan/gaji,” ungkapnya. 

Dalam acara ini, Tomy Yunus, CEO & Co-Founder Cakap hadir sebagai salah satu partner kolaborasi dari acara sekaligus mitra penyedia kursus upskilling dalam Program Kartu Prakerja. 

Menurut Tomy, Program Kartu Prakerja sendiri memiliki visi dan misi yang sama dengan Cakap, terutama dalam meningkatkan kapasitas dan potensi bangsa. Hal ini lah yang membuat Cakap telah bergabung dengan ekosistem Prakerja sejak pertama kali program ini diluncurkan. 

“Bermula dari 18 kursus, kini berkembang menjadi 89 kursus, mulai dari pelatihan perkantoran, pertanian, teknologi Informasi, pemasaran, sampai tata boga dan gaya hidup yang dikembangkan oleh para ahli dibidangnya,” ujar Tomy.

Program Kartu Prakerja merupakan program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk angkatan kerja Indonesia. Program ini terbuka untuk pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, serta pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. 

Sementara itu Cakap sendiri adalah platform pendidikan yang menyediakan berbagai program upskilling dengan menghubungkan pelajar dengan guru profesional. Cakap juga menyediakan pembelajaran bahasa asing untuk kebutuhan dunia kerja dan berbagai profesi. 

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.