Belajar Kata Sifat Bahasa Jepang Lewat Film Spirited Away

Eco Green Building
Belajar Kata Sifat Bahasa Jepang Lewat Film Spirited Away

Siapa di sini yang penggemar film-film animasi Studio Ghibli? Kalau ya, berarti kamu harusnya tahu dong dengan salah satu film Studio Ghibli yang paling terkenal yaitu Spirited Away. Film ini merupakan film Jepang terlaris sepanjang masa, bahkan memenangkan Oscar kategori Film Animasi.

Bagi yang belum pernah menonton, film Spirited Away bercerita tentang seorang anak perempuan berusia 10 tahun bernama Chihiro yang bersama orang tuanya secara tidak sengaja masuk ke dunia para dewa. Karena orang tuanya kemudian berubah menjadi babi, ia dipaksa bekerja di pemandian air panas milik seorang penyihir jahat.

Filmnya yang sangat penuh warna dan animasinya yang sangat mendetail membuat film ini jadi film animasi favorit banyak orang. Eh, tapi selain memanjakan mata, film ini juga bisa membantu kamu untuk belajar kata-kata sifat dalam bahasa Jepang lho.

Bahasa Jepang memiliki beberapa bentuk kata sifat, tapi kali ini kita fokus ke dua yang paling umum ya, yaitu い (i) and な (na). Kedua kata sifat ini digunakan untuk menunjukkan kondisi suatu subjek.

い (i)

い (i) source: giphy.com

い (i) merupakan jenis kata sifat yang paling mendasar. Kata sifat ini bisa diletakkan sebelum atau sesudah kata benda yang dideskripsikan. Kosakata いい (Ī) – baik 悪い(Warui) – buruk 青い (Aoi) – biru 近い (Chikai) – tutup 柔らかい (Yawarakai) – lembut 小さい(Chīsai) – kecil どんくさい (Donkusai) – lambat; kurang pintar, biasanya ungkapan ini digunakan untuk menggambarkan orang yang kikuk atau lamban belajar うるさい (Urusai) – berisik, bising 汚い (Kitanai) – kotor 強い (Tsuyoi) – kuat うまい (Umai) – kata ini bisa berarti ‘enak’, tapi juga bisa berarti ‘baik’ secara umum. 早い (Hayai) – awal, cepat 遅い (Osoi) – lambat Berikut contoh kalimat dari film Spirited Away:
  • おまえのことどんくさいって言ったけど、取り消すぞー!
Omae no koto don kusai tte ittakedo, torikesu zo ̄ ! Saya sebelumnya bilang kamu kurang pintar, tapi saya tarik balik omongan saya!
  • ステッキは柔らかいです。
Sutekki wa yawarakaidesu. Steak saya sangat lembut.

な (na)

な (na) source: giphy.com

Kata sifat な (na) hanya bisa diletakkan sebelum kata benda. Kosakata きれいな (Kireina) – cantik, bersih バカな (Bakana) – bodoh 贅沢な (Zeitakuna) – luar biasa, mewah 余計な (Yo-kei na) – yang tidak diperlukan 大切な (Taisetsuna) – berharga 大事な (Daijina) – penting; kata ini memiliki makna yang kurang lebih sama dengan “taisetsuna”, tapi “taisetsuna” lebih mengandung makna emosional 生意気な (Namaikina) – kasar, kurang ajar 変な (Hen’na) – aneh Contoh kalimat:
  • けっこうきれいながっこうじゃない?
Kekkō kireina gakkō janai? Sekolahnya kelihatan bagus bukan?
  • たいせつなものがすりかわったのに
Taisetsuna mono ga suri kawattanoni Sesuatu yang penting telah digantikan

Nah gimana nih, kosakata bahasa Jepangmu semakin bertambah dong dengan daftar kata sifat di atas. Belajar bahasa Jepang jadi lebih mudah deh bersama Cakap. Gak perlu keluar rumah apalagi sampai ganggu aktivitasmu, cukup dari smartphone atau laptopmu, kamu sudah bisa mengasah kemampuan bahasa Jepangmu!

Baca Juga:

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat