9 Ucapan Bahasa Mandarin Sampai Jumpa dan Artinya

bahasa mandarin sampai jumpa

Bahasa Mandarin sampai jumpa tentunya akan kamu gunakan dalam percakapan sehari-hari. Misalkan, kamu ingin pergi ke sekolah atau mengakhiri sebuah percakapan, pasti kamu mengucapkan Bahasa Mandarin sampai jumpa.

Nah, ada beberapa ucapan yang dapat kamu pakai ketika mengucapkan Bahasa Mandarin sampai jumpa. Setiap ucapan ini memiliki makna dan fungsinya masing-masing. Untuk mengetahuinya, kamu dapat simak penjelasan di bawah ini!

Bahasa Mandarin Sampai Jumpa

source: giphy.com

Bahasa Mandarin

Bahasa Indonesia

拜拜bái báisampai jumpa; bye-bye
再见zài jiànsampai jumpa lagi
明天见míng tiān jiànsampai jumpa besok
我 先 告辞 了wǒ xiān gào cí lesaya pergi dulu
后会有期hòu huì yǒu qīsampai jumpa lagi suatu hari nanti
保重bǎo zhònghati-hati
路順風yī lù shùn fēngsemoga selamat sampai tujuan
挂了guà lesaya akan menutup telepon
失陪了shī péi lemaaf, saya pergi dulu

Psst, Ini Cara Cepat Mahir Bahasa Mandarin dari Rumah!

1. 拜拜 (bái bái)

拜拜 (bái bái) merupakan frasa sampai jumpa yang umum diucapkan penutur Mandarin dalam percakapan Bahasa Mandarin sehari-hari dan tergolong mudah untuk diucapkan. Frasa ini memiliki arti yakni sampai jumpa.

Dalam konteks formal, mengucapkan 拜拜 (bái bái) akan terdengar kurang sopan sehingga frasa ini lebih sering dipakai dalam percakapan non-formal, contohnya seperti di internet. Bahkan di internet frasa ini dipersingkat menjadi 88 karena kata 八 (bā) atau delapan terdengar seperti bye.

Baca Juga:Contoh Percakapan Bahasa Mandarin dan Artinya

2. 再见 (zài jiàn)

再见 (zài jiàn) merupakan Bahasa Mandarin sampai jumpa yang umum diucapkan dalam konteks apa pun. Frasa ini memiliki arti yakni sampai jumpa lagi, sehingga dapat kamu ucapkan ketika kamu tidak mengetahui kapan akan bertemu kembali lawan bicaramu.

3. 明天见 (míng tiān jiàn)

明天见 (míng tiān jiàn) merupakan kebalikan dari 再见 (zài jiàn). Frasa ini memiliki arti yakni “sampai jumpa besok”, sehingga dapat diucapkan ketika kamu berharap untuk bertemu kembali lawan bicaramu di esok hari. Frasa ini bisa diucapkan pada kolega, teman, atau guru.

4. 我 先 告辞 了 (wǒ xiān gào cí le)

我 先 告辞 了 (wǒ xiān gào cí le) merupakan frasa Bahasa Mandarin sampai jumpa yang umum digunakan dalam konteks formal. Frasa ini memiliki arti yakni “saya pergi dulu”, sehingga dapat kamu ucapkan ketika berbicara dengan orang yang lebih tua atau memiliki status yang lebih tinggi darimu.

5. 后会有期 (hòu huì yǒu qī)

Frasa Bahasa Mandarin sampai jumpa satu ini berbeda dengan frasa sebelumnya. 后会有期 (hòu huì yǒu qī) memiliki arti yakni “sampai jumpa lagi suatu hari nanti”. Ini biasanya diucapkan ketika perpisahan dan tak tahu kapan akan berjumpa lagi.

Registrasi Cakap Sekarang, Dapatkan Cakap Club Gratis 14 Hari!

6. 保重 (bǎo zhòng)

保重 (bǎo zhòng) merupakan frasa Bahasa Mandarin sampai jumpa yang diucapkan untuk seseorang yang akan melakukan perjalanan jauh. Frasa ini memiliki arti yakni “hati-hati”. Kamu juga bisa menambahkan frasa 路順風 (yī lù shùn fēng) yang artinya ada di bawah ini.

7. 路順風 (yī lù shùn fēng)

Secara harfiah, 路順風 (yī lù shùn fēng) memiliki arti yakni “semoga angin menyertaimu”. Namun, frasa ini juga dapat diartikan sebagai “semoga selamat sampai tujuan” pada orang yang hendak melakukan perjalanan.

8. 挂了 (guà le)

挂了 (guà le) memiliki arti yakni “saya akan menutup telepon”. Frasa Bahasa Mandarin sampai jumpa satu ini dapat kamu pakai ketika hendak mengakhiri panggilan telepon atau kehabisan kosakata Bahasa Mandarin di tengah panggilan telepon.

Baca Juga:Kumpulan Kosakata Bahasa Mandarin untuk Pemula

9. 失陪了 (shī péi le)

失陪了 (shī péi le) merupakan frasa Bahasa Mandarin sampai jumpa yang memiliki arti yakni “Maaf, saya harus pergi”. Frasa ini dapat kamu ucapkan ketika hendak pulang lebih awal dari sebuah kegiatan, seperti rapat atau pesta.

Itu dia 9 frasa Bahasa Mandarin untuk mengucapkan sampai jumpa. Kamu bisa menguasai seluruh ucapan Bahasa Mandarin sampai jumpa di atas dengan daftar kursus Bahasa Mandarin online atau kamu bisa Tes Level Bahasa Mandarin kamu di Cakap.

Di sana, kamu akan dibimbing oleh tutor profesional. Dengan fitur virtual class, kamu juga bisa interaksi langsung dengan tutor sehingga kepercayaan dirimu dalam berbahasa Mandarin dijamin meningkat. Ayo belajar Bahasa Mandarin di Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks