11 Cara Mengucapkan “Sama-sama” dalam Bahasa Mandarin!

bahasa-mandarinnya-sama-sama

Apa yang kamu ucapkan saat mendapatkan ucapan terima kasih? Dalam bahasa Indonesia sendiri, pada umumnya orang akan mengucapkan “sama-sama”. Beberapa di antaranya mungkin mengatakan “terima kasih kembali” atau “okay & sip”. Tidak begitu banyak variasi resmi untuk membalas ucapan terima kasih dalam bahasa Indonesia. Namun, berbeda halnya dengan bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin memiliki banyak variasi ucapan untuk mengatakan sama-sama. Lantas, apa saja sih balasan xie xie atau bahasa Mandarinnya sama-sama? Let’s’ check this out!

Table of Contents

Sama-Sama dalam Bahasa Mandarin

Ketika orang Tiongkok atau orang yang menggunakan bahasa Mandarin mengatakan xie-xie atau terima kasih, maka tentu kamu harus memberikan jawaban dari ucapan terima kasih tersebut. Dalam bahasa Mandarin, ada banyak balasan xie-xie yang digunakan. Namun, ada satu balasan xie-xie yang paling sering dipakai dalam percakapan sehari-hari bahasa Mandarin, yaitu 不 客 气 (bù kè qi).

Secara harfiah, frasa ini memiliki arti “tidak usah sungkan”. Frasa ini biasanya juga digunakan dalam situasi formal kepada orang-orang yang baru dikenal. Nah, selain 不 客 气 (bù kè qi), sebenarnya masih ada banyak cara untuk menanggapi terima kasih dalam bahasa Mandarin! Yuk, lanjut perhatikan section di bawah ini!

Variasi Mengucapkan Sama-Sama dalam Bahasa Mandarin

Ini dia beberapa variasi yang bisa digunakan untuk mengucapkan sama-sama dalam bahasa Mandarin.

(1) 不 用 谢 (Bù yòng xiè)

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan “terima kasih kembali” bukan? Secara makna, frasa 不 用 谢 (bù yòng xiè) kurang lebih memiliki arti yang sama atau bisa juga diartikan “tidak perlu berterima kasih”. Dalam pengaplikasiannya, frasa ini biasa digunakan sebagai balasan ucapan xie-xie dari teman atau orang terdekat.

(2) 没 事 (Méi shì)

没 事 (méi shì) atau bisa juga dibaca berulang menjadi méi shì méi sh merupakan kosakata bahasa Mandarin yang bisa digunakan untuk mengatakan sama-sama dalam bahasa Mandarin. Méi shì sendiri memiliki arti “tidak apa-apa / tidak masalah”. Biasanya ungkapan ini digunakan untuk mengatakan bahwa “pertolongan / bantuan yang diberikan bukanlah suatu hal besar”.

(3) 这 没 什 么 (Zhè méi shén mé)

Hampir mirip artinya dengan ucapan sebelumnya, ucapan 这 没 什 么 (zhè méi shén mé) memiliki arti bukan apa-apa. Kamu bisa menggunakan ucapan tersebut untuk mengatakan sama-sama dalam bahasa Mandarin kepada orang-orang yang kamu anggap dekat.

(4)  不 会 ​​(Bú huì)

不会 ​​(búhuì) adalah salah satu cara paling umum untuk mengatakan “sama-sama” di antara orang Taiwan. Arti dari kata tersebut adalah “tidak apa-apa” atau “tidak masalah”. Sementara di Tiongkok sendiri, kosakata ini tidak begitu berkaitan dengan makna “sama-sama” karena memiliki arti yang bergantung pada konteks kalimat, seperti “tidak bisa”, “tidak mau”, dll. 

bahasa-mandarin-sama-sama
Photo from Pexels

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

(5) 不 麻 烦 (Bù má fán)

Bahasa mandarinnya sama-sama selanjutnya adalah bù máfan , secara harfiah berarti “tidak masalah”. Jika ada yang mengatakan terima kasih karena sudah mendapatkan bantuanmu, kamu bisa menggunakan 不 麻 烦 (bù má fán).

(6) 没 事 (儿) (Méi shì(‘r))

Budaya Asia cenderung menunjukkan kesopanan melalui kesopanan dari ungkapan yang digunakan. Kata 没事(儿) – Méi shì(‘r) bisa digunakan sebagai balasan xie-xie, kata ini memiliki arti “bukan apa-apa” atau “itu bukan masalah”. Secara keseluruhan, 没事(儿) – Méi shì(‘r) berarti bahwa apa yang sudah dilakukan oleh “si Aku” bukanlah hal besar, jadi tidak perlu berterima kasih atau merasa telah mengganggu “si Aku”.

(7) 小意思 (Xiǎoyìsi)

Kamu juga bisa menggunakan 小意思 (xiǎoyìsi ) untuk mengucapkan sama-sama dalam bahasa Mandarin. Ucapan ini secara harfiah memiliki arti “bukan masalah besar”, “bukan apa-apa”, atau “hanya hal kecil”. So, kalau ada orang yang mengucapkan terima kasih dalam bahasa Mandarin, kamu juga bisa menggunakan kosakata ini sebagai balasan ucapannya.

(8) 我 很 荣 幸 (Wǒ hěn róngxìng)

Jika kamu ingin mengucapkan sama-sama dalam bahasa Mandarin dengan ungkapan yang lebih formal, maka gunakanlah 我很荣幸 (Wǒ hěn róngxìng). Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, kosakata ini kurang lebih berarti “dengan senang hati”. Ucapan ini terdengar sangat sopan bukan? Kamu bisa menggunakannya ketika berbicara dengan seseorang yang dianggap memiliki posisi lebih tinggi atau umur yang lebih tua.

(9) 应 该 的 (Yīnggāide)

Mengatakan 应该的 (yīnggāide) menyiratkan bahwa tidak perlu mengucapkan terima kasih karena apa yang dilakukan memang sesuatu atau tindakan yang seharusnya dilakukan. Ucapan ini sangat cocok digunakan ketika seseorang mengucapkan terima kasih atas hal-hal kecil yang sudah dilakukan “si Aku”.

Terdengar sangat bijaksana bukan jika menggunakannya saat ada yang mengatakan terima kasih? Ungkapan sama-sama dalam bahasa Mandarin ini seakan menjelaskan bahwa “sudah seharusnya saling membantu tanpa merasa direpotkan.”

(10)  谢 什 么 呢 (Xiè shénme ne)

Di urutan ke sepuluh dari balasan xie xie atau sama-sama dalam bahasa Mandarin adalah 谢什么呢 (xiè shénme ne). Kosakata ini bisa diterjemahkan seperti “untuk apa kamu berterima kasih padaku”. Hal ini menimbulkan arti bahwa mereka tidak memerlukan pengakuan atau ucapan terima kasih atas tindakan yang dilakukan.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Contoh Percakapan Bahasa Mandarin ketika Mengucapkan Sama-Sama

Berikut ini beberapa contoh percakapan bahasa Mandarin dengan kata sama-sama. Yuk, simak!

Danial: 你好 Rania,早上好.
(Nǐ hǎo Rania, zǎoshang hǎo).

Halo Rania, selamat pagi.

Rania: 你好,Daniel,早上好。
(Nǐ hǎo, Daniel, zǎoshang hǎo).
Halo Daniel, selamat pagi.

Danial: Rania,上周我可以借你的数学笔记本吗?
(Rania, shàng zhōu wǒ kěyǐ jiè nǐ de shùxué bǐjìběn ma?)

Rania, bolehkah saya meminjam buku catatan Matematika kamu minggu kemarin?

Rania: 好的,我马上去找。
(Hǎo de, wǒ mǎshàng qù zhǎo).

Boleh, sebentar saya cari dulu ya.

Danial: 好的.
(Hǎo de).

Baiklah.

Rania: 这是我的笔记本。你可以借.
(Zhè shì wǒ de bǐjìběn. Nǐ kěyǐ jiè).

Ini buku catatanku. Kamu bisa meminjamnya.

Danial: 谢谢 Rania,我明天还这本书.
(Xièxiè Rania, wǒ míngtiān huán zhè běn shū).

Terima kasih Rania, aku akan kembalikan buku ini besok. 

Rania: 没事(儿).
(Méi shì).

Sama-sama.

Beberapa variasi ucapan sama-sama dalam bahasa Mandarin di atas bisa kamu gunakan untuk menanggapi ucapan terima kasih. Sekarang kamu bisa menanggapi ucapan terima kasih dengan lebih variatif.

Ingin belajar ucapan dan materi lain dalam bahasa Mandarin? Cakap siap membantumu meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarinmu melalui kursus bahasa Mandarin online. Dengan jadwal yang fleksibel, dijamin belajar Mandarin lebih mudah dan anti ribet. Yuk, daftar Cakap sekarang!

Referensi:
-mandarinblueprint.com
-mandarinhq.com

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat