Bù Kè Qì & 5 Cara Mengucapkan “Sama-sama” dalam Bahasa Mandarin Lainnya

bahasa-mandarinnya-sama-sama

Apa yang kamu ucapkan saat mendapatkan ucapan terima kasih? Dalam bahasa Indonesia sendiri, pada umumnya orang akan mengucapkan “sama-sama”. Beberapa di antaranya mungkin mengatakan “terima kasih kembali” atau “okay & sip”. Tidak begitu banyak variasi resmi untuk membalas ucapan terima kasih dalam bahasa Indonesia. Namun, berbeda halnya dengan bahasa Mandarin. Bahasa Mandarin memiliki banyak variasi ucapan untuk mengatakan sama-sama. Yuk, cek 6 bahasa Mandarinnya sama-sama di bawah ini!

不 客 气 (bù kè qì)

bahasa-mandarin-sama-sama
Photo from Pexels

Bahasa mandarin “sama-sama” yang pertama dan yang paling umum digunakan dalam percakapan sehari-hari bahasa Mandarin adalah 不 客 气 (bù kè qì). Secara harfiah, frasa ini memiliki arti “tidak usah sungkan”. Frasa ini biasanya juga digunakan dalam situasi formal kepada orang-orang yang baru dikenal.

不 用 谢 (bù yòng xiè)

bahasa-mandarin-sama-sama (2)
Photo from Freepik

Kamu pasti pernah mendengar ungkapan “terima kasih kembali”, bukan? Secara makna, frasa 不 用 谢 (bù yòng xiè) kurang lebih memiliki arti yang sama atau bisa juga diartikan “tidak perlu berterima kasih”. Dalam pengaplikasiannya, frasa ini biasa digunakan kepada orang atau teman dekat.

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

没 事 没 事 (méi shì méi shì)

sama-sama-dalam-bahasa-mandarin (2)
Photo from Pexels

没 事 没 事 (méi shì méi shì) atau bisa juga hanya méi shì merupakan kosakata bahasa Mandarin yang bisa digunakan untuk mengatakan sama-sama dalam bahasa Mandarin. Méi shì sendiri memiliki arti “tidak apa-apa / tidak masalah”. Biasanya ungkapan ini digunakan untuk mengatakan bahwa “pertolongan / bantuan yang diberikan bukanlah suatu hal besar”.

这 没 什 么 (zhè méi shén mé)

sama-sama-dalam-bahasa-mandarin
Photo from Pexels

Hampir mirip artinya dengan ucapan sebelumnya, ucapan 这 没 什 么 (zhè méi shén mé) memiliki arti bukan apa-apa. Kamu bisa menggunakan ucapan tersebut untuk mengatakan sama-sama dalam bahasa Mandarin kepada orang-orang yang kamu anggap dekat.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

应 该 的 (yīng gāi de)

sama-sama-bahasa-mandarin (2)
Photo from Pexels

Ungkapan “sama-sama” bahasa Mandarin selanjutnya adalah 应 该 的 (yīng gāi de). Ungkapan tersebut memiliki arti “sudah seharusnya”. Terdengar sangat bijaksana bukan jika menggunakannya saat ada yang mengatakan terima kasih? Ungkapan sama-sama dalam bahasa Mandarin ini seakan menjelaskan bahwa “sudah seharusnya saling membantu tanpa merasa direpotkan.”

不 麻 烦 (bù má fán)

sama-sama-bahasa-mandarin
Photo from Freepik

Bahasa mandarinnya sama-sama yang terakhir adalah bù máfan , secara harfiah berarti “tidak masalah”. Jika ada yang mengatakan terima kasih karena sudah mendapatkan bantuanmu, kamu bisa menggunakan 不 麻 烦 (bù má fán) atau 不 会 (bù huì).

Beberapa variasi ucapan sama sama dalam bahasa Mandarin di atas bisa kamu gunakan untuk menanggapi ucapan terima kasih. Sekarang kamu bisa menanggapi ucapan terima kasih dengan lebih variatif.

Ingin belajar ucapan dan materi lain dalam bahasa Mandarin? Cakap siap membantumu meningkatkan kemampuan berbahasa Mandarinmu melalui kursus bahasa Mandarin online. Dengan jadwal yang fleksibel, dijamin belajar Mandarin lebih mudah dan anti ribet. Yuk, daftar Cakap sekarang!

Baca Juga: