Abjad Bahasa Inggris (Alphabet): Ejaan, Cara Membaca, dan Tulisannya

alfabet dalam bahasa inggris

Setiap hal pasti memiliki awal, begitu pun belajar suatu bahasa. Belajar Bahasa Inggris dimulai dengan mempelajari alfabetnya. Alfabet dalam bahasa Inggris merupakan hal paling dasar yang perlu kamu ketahui dan kuasai, meskipun pada hakikatnya abjad bahasa Indonesia dan huruf abjad bahasa Inggris sama, namun mereka memiliki pelafalan bunyi yang berbeda. 

Mungkin bagi kebanyakan atau sebagian orang menganggap bahwa belajar alfabet merupakan hal yang mudah sehingga biasanya dilewati begitu saja. Namun jangan salah, belajar alfabet dalam bahasa Inggris akan membantumu melafalkan kata dengan benar sehingga tidak akan menimbulkan multi atau salah tafsir bagi pendengar. So, mau tahu bagaimana pelafalan bunyi 26 huruf abjad dalam bahasa Inggris yang  berbeda dengan bahasa Indonesia? Let’s see!

Huruf Abjad dalam Bahasa Inggris

Alphabet atau alfabet dalam bahasa Indonesia dikenal dengan abjad merupakan hal yang pasti dimiliki oleh setiap bahasa. Tak terkecuali dengan bahasa Inggris yang notabene adalah bahasa Internasional. Dalam Bahasa Inggris alfabet ditulis sebagai alphabet.

Alfabet dalam bahasa Inggris memiliki jumlah karakter yang sama dengan abjad bahasa Indonesia, yaitu 26 huruf dari huruf A sampai huruf Z. Hanya saja, alfabet dalam bahasa Inggris memiliki ejaan yang berbeda dengan bahasa Indonesia. Perbedaan mendasar itulah yang sedikit banyak memengaruhi bunyi pada kosakata bahasa Inggris.

Alfabet dalam bahasa Inggris juga terdiri dari vokal dan konsonan. Dari ke-26 huruf, terdapat A, I, U, E, O yang mengisi posisi sebagai vokal dan sisanya mengambil peran sebagai konsonan. Sebagai catatan kecil untuk diingat, huruf Y juga biasanya dianggap sebagai vokal.

Bisa Belajar Bahasa Inggris Gratis 14 Hari dengan Daftar Cakap

Cara Membaca Alfabet Bahasa Inggris

Bagaimana cara melafalkan alfabet dalam bahasa Inggris? Untuk lebih memudahkanmu mengeja alfabet dalam bahasa Inggris, pastikan kamu menuliskan bagaimana cara mengucapkan alfabet tersebut. 

Dalam tabel berikut, akan dijelaskan mengenai penulisan huruf latin dan bagaimana pelafalannya yang benar.

A

ei

B

bi

C

ci

D

di

E

i

F

ef

G

ji

H

eij

I

ai

J

jei

K

kei

L

el

M

em

N

en

O

ou

P

pi

Q

kyu

R

ar

S

es

T

ti

U

yu

V

vi

W

dabelyu

X

eks

Y

wai

Z

zi/zed

For your information, huruf Z yang dilafalkan dengan (zi) itu digunakan dalam American English, sedangkan huruf Z yang dilafalkan dengan (zed) digunakan dalam British English.

Alternatif atau cara lain yang bisa membantumu dengan mudah untuk mengeja alfabet dalam bahasa Inggris adalah menggunakan lagu. Tidak hanya cocok untuk anak anak, alternative belajar mengeja menggunakan lagu juga bisa dipraktikkan oleh orang dewasa. 

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Contoh Abjad Bahasa Inggris dalam Kata

Dalam setiap penjelasan, pasti dibutuhkan contoh-contoh yang bisa menjadi penyederhana dan dapat memudahkanmu untuk memahami apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Perhatikan contoh alfabet dalam bahasa Inggris berikut:

Apple (Apel)

Night (Malam)

Beach (Pantai)

Orange (Jeruk)

Candle (Lilin)

Purple (Warna Ungu)

Duck  (Bebek)

Quadrate (kuadrat)

Ear (Telinga)

Ring (Cincin)

February (Februari)

Sweet (Manis)

Glass (Kaca)

Tree (Pohon)

Hunter (Pemburu)

Use (Pengguna)

Iceland (Islandia)

Viola (Biola alto)

Jazzy (Mencolok)

World (Dunia)

Knight (Kesatria)

X ray (Sinar)

Love (Cinta)

Youth (Masa muda)

Meet (Berjumpa)

Zinc (Seng)

Nah itu dia penjelasan mengenai Alfabet dalam bahasa Inggris. Sekarang pasti sudah pahamkan how to spell the alfabet dalam bahasa Inggris? Asah terus kemampuan mengeja kalian ya, supaya pelafalan bahasa Inggris kalian semakin bagus.

Setelah selesai belajar alfabet, lanjutkan belajar bahasa Inggrismu dengan materi materi menarik lainnya. Cakap siap membantumu lewat Kelas Bahasa Inggris online. Setelah berkenalan dan menjadi bagian dari Cakap, kamu pasti akan ketagihan belajar dan lebih jatuh cinta lagi sama bahasa Inggris. Pastikan dirimu jadi anggota kelas Bahasa Inggris di Cakap, ya!

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat