Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa yang Benar dan Cara Mendapatkan

surat rekomendasi beasiswa
Image by garetsvisual on Freepik

Ketika kamu mendaftar beasiswa, salah satu dokumen wajib yang harus kamu sertakan adalah surat rekomendasi beasiswa. Surat ini biasanya ditulis oleh orang lain seperti guru, dosen, atau konselor yang menyatakan bahwa kamu layak untuk mendapatkan beasiswa yang dilamar. 

Kali ini kita akan membahas lebih lanjut seluk-beluk mengenai surat rekomendasi beasiswa mulai dari pengertian, isi dan format, cara mendapatkan, hingga contohnya. Sobat Cakap yang punya rencana untuk apply beasiswa di dalam dan luar negeri, yuk merapat!

Apa Itu Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa adalah surat yang berisi informasi terkait kualitas serta pencapaian pelamar dalam memenuhi kriteria dasar dari beasiswa yang dipilih. Surat ini biasanya ditulis oleh orang yang memiliki kewenangan seperti guru, dosen, atau mentor untuk memverifikasi kelayakan pelamar beasiswa tersebut. 

Fungsi dan tujuan penulisan surat rekomendasi beasiswa antara lain:

  • Menjelaskan kualitas dan prestasi kandidat calon penerima beasiswa
  • Menunjukkan bahwa kandidat tersebut potensial untuk diberi beasiswa
  • Menunjukkan bahwa kandidat memiliki relasi akademis yang penilaiannya dapat dipercaya

Format Surat Rekomendasi Beasiswa

Format surat rekomendasi beasiswa biasanya akan sangat tergantung dengan format surat resmi dari instansi yang menaungi pemberi rekomendasi. Selain itu, ada pula pemberi beasiswa yang menyediakan format atau template surat rekomendasi beasiswa sendiri. 

Format Rekomendasi Beasiswa Dalam Negeri

Secara umum surat rekomendasi beasiswa dalam negeri ditulis dalam format sebagai berikut: 

  1. Kop surat: menunjukkan instansi yang menaungi pemberi rekomendasi beasiswa. 
  2. Judul surat: bagian surat formal yang menunjukkan keseluruhan isi surat, seperti “Surat Rekomendasi Beasiswa”.
  3. Tanggal dan nomor surat: tanggal serta nomor surat yang bagian surat resmi/formal.
  4. Isi: berisi penjelasan kualitas pelamar dari sudut pandang pemberi rekomendasi.
  5. Penutup: berisi ketersediaan pemberi rekomendasi untuk bertanggung jawab dan bersedia dihubungi untuk kebutuhan verifikasi.
  6. Tanda tangan dan stempel: merupakan bukti bahwa surat ditulis secara resmi langsung oleh pemberi rekomendasi.

Sementara itu, bagian isi dari surat rekomendasi beasiswa juga dapat dibagi menjadi 3 paragraf yang masing-masingnya berisi:

  • Pengenalan pelamar, beasiswa yang dilamar, serta hubungan akademis pemberi rekomendasi dengan pelamar beasiswa.
  • Deskripsi tentang prestasi serta bagaimana pelamar tersebut memiliki kecocokan dengan kriteria penerima beasiswa.
  • Penjelasan yang disertai contoh nyata dari kualitas yang telah disebutkan sebelumnya yang menjadi alasan kenapa penulis merekomendasikan pelamar tersebut.
format surat rekomendasi beasiswa

Format Surat Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri

Perlu diketahui, format surat rekomendasi beasiswa dalam negeri mungkin sedikit berbeda dengan format surat rekomendasi beasiswa luar negeri. Dalam bahasa Inggris, surat rekomendasi beasiswa disebut recommendation letter of scholarship, dengan format:

  1. Kepala surat/letterhead: berisi tanggal, nama, jabatan, nama institusi, alamat lengkap institusi, dan kontak yang ditulis di bagian kanan atas (di bawah kop surat polos).
  2. Pengenalan/pembuka: berisi pengenalan pelamar, pernyataan beasiswa yang mereka lamar, serta relasi akademik pemberi rekomendasi dengan pelamar beasiswa.
  3. Isi (Paragraf 1): berisi deskripsi bagaimana pelamar yang direkomendasikan cocok dengan kriteria beasiswa dengan menyatakan prestasi atau kualitasnya.
  4. Isi (Paragraf 2): berisi penjelasan bagaimana contoh nyata dari kualitas yang telah disebutkan sebelumnya dalam paragraf 1.
  5. Kesimpulan: berisi bagaimana penulis merekomendasikan pelamar beasiswa dan menyatakan kesediaan dihubungi untuk verifikasi. 

Cara Mendapatkan Surat Rekomendasi Beasiswa

Surat rekomendasi beasiswa biasanya diberikan oleh guru, dosen, atau mentor yang dapat secara profesional dapat menjelaskan kelayakan pelamar beasiswa. Berikut adalah beberapa cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa: 

1. Rekomendasi akademik

Ini adalah cara mendapatkan rekomendasi beasiswa paling umum, bagi pelamar beasiswa yang langsung melanjutkan pendidikan. Kamu dapat meminta guru atau dosen yang bisa menilai kualitas akademismu dalam jenjang pendidikan tertentu untuk menulis rekomendasi.  

2. Rekomendasi pekerjaan

Surat rekomendasi pekerjaan ini biasanya diberikan untuk pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan atas persetujuan atau rekomendasi perusahaan. Pemberi surat rekomendasi ini dapat berupa supervisor atau manager pada bagian di mana karyawan tersebut bekerja. 

3. Rekomendasi personal

Selain kedua cara di atas, surat rekomendasi akademik juga bisa didapatkan melalui rekomendasi personal seperti tokoh masyarakat, teman, atau saudara. Meski demikian, rekomendasi ini biasanya hanya bersifat tambahan dan tidak menjadi syarat utama. 

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa

Nah, setelah menyimak pengertian, format dan cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa, sekarang saatnya contoh agar kamu lebih punya gambaran. Berikut adalah beberapa contoh surat rekomendasi beasiswa dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris: 

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Dalam Negeri (Bahasa Indonesia)

Sumber: idmanajemen.com
Sumber: suratresmi.net

Contoh Surat Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri (Bahasa Inggris)

Sumber: wordtemplatesonline.net
Sumber: wordtemplatesonline.net

Surat rekomendasi beasiswa adalah dokumen penting yang menjadi syarat dan juga salah satu bahan pertimbangan pemberi beasiswa. Pastikan kamu mendapatkan surat rekomendasi beasiswa dari orang yang tepat serta benar-benar mendukung dan merekomendasikanmu, ya! 

Bagi Sobat Cakap yang ingin melanjutkan studi di luar negeri, yuk, diskusikan kebutuhan kalian dengan Cakap Study Abroad! Kamu akan mendapatkan bimbingan mulai dari pemilihan jurusan hingga persiapan tes bahasa seperti TOEFL, IELTS, JLPT, TOPIK, dan HSK. Yuk, cek sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi:

  • ekrut.com
  • eforms.com
  • Weareteachers.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.