Cakap, Top Choice Learning Platform.   Download Cakap  
Cakap, Top Choice Learning Platform

Contoh dan Template Surat Keterangan Kerja Bahasa Inggris

surat keterangan kerja bahasa inggris
Image by katemangostar on Freepik

Surat keterangan kerja adalah dokumen resmi yang dikeluarkan perusahaan untuk menyatakan seseorang adalah karyawan di perusahaan tersebut. Dalam bahasa Inggris, surat keterangan kerja juga dikenal dengan berbagai nama seperti letter of employment, employment verification letter, proof of employment letter, dan lain-lain. Surat ini sering kali dibutuhkan untuk berbagai keperluan dan berisi informasi tentang sang karyawan dan perusahaan.

Dengan banyaknya keperluan akan surat keterangan kerja, tak jarang jika surat ini dibutuhkan dalam bahasa Inggris. Jika saat ini Sobat Cakap ingin membuat surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris dan sedang mencari referensi, maka kamu ada di tempat yang tepat! Artikel ini akan membahas tentang struktur dan contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris. Simak selengkapnya di bawah ini, ya!

Table of Contents

Fungsi Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris

Surat keterangan kerja dibutuhkan untuk banyak keperluan penting bagi karyawan. Secara garis besar, surat keterangan kerja dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris memiliki fungsi yang sama. Akan tetapi, ada beberapa fungsi tambahan yang dimiliki oleh surat keterangan kerja jika menggunakan bahasa Inggris. Kira-kira fungsinya untuk apa saja, ya? Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

1. Melamar Pekerjaan di Perusahaan Luar Negeri

Surat keterangan kerja dapat menjadi bukti riwayat dan pengalaman kerja yang dibutuhkan saat seseorang melamar pekerjaan di perusahaan lain. Ketika ingin melamar untuk perusahaan luar negeri, maka seluruh dokumen pribadi perlu tertulis dalam bahasa Inggris. Surat ini juga dapat berfungsi sebagai referensi profesional yang menunjukkan kompetensi dan kinerja karyawan selama bekerja di suatu perusahaan. 

2. Mengurus Visa atau Izin Tinggal di Luar Negeri

Bagi seseorang yang akan bekerja di luar negeri, ia perlu memiliki visa atau izin tinggal dari negara tersebut. Surat keterangan kerja dibutuhkan sebagai syarat penting yang membuktikan bahwa seorang pendatang memiliki pekerjaan yang resmi di negara tersebut.

3. Melanjutkan Studi atau Mendaftar Beasiswa di Luar Negeri

Bagi yang ingin melanjutkan studi ke S-2 di luar negeri ataupun ingin mendaftar beasiswa, ada beberapa program yang memberi syarat kepada pendaftar untuk memiliki pengalaman kerja dengan latar belakang tertentu. Dengan demikian, surat keterangan kerja kerap dibutuhkan sebagai bukti yang resmi. 

Struktur Surat Keterangan Kerja

Secara struktur, surat keterangan kerja bahasa Inggris memiliki perbedaan dengan surat keterangan kerja bahasa Indonesia. Struktur yang digunakan dalam surat keterangan kerja bahasa Inggris mengikuti struktur umum business letter atau surat bisnis.

Bila kamu sedang membuat surat keterangan kerja untuk karyawan di perusahaanmu, pastikan bahwa semua struktur di bawah ini telah tercantum. Yuk, simak strukturnya di bawah ini! 

1. Pembuka

Dalam format surat bisnis bahasa Inggris, surat diawali dengan identitas pengirim surat, tanggal pembuatan surat, dan identitas tujuan surat. Identitas yang perlu ditulis umumnya hanya nama individu atau perusahaan dan alamat pos.

2. Salam Pembuka

Surat kemudian dibuka dengan salam pembuka. Jika suatu surat secara spesifik ditujukan untuk seseorang, maka salam pembuka dapat ditulis seperti “Dear Mr. John”. Apabila surat tidak dibuat untuk seseorang yang spesifik, maka salam dapat ditulis menjadi “To whom it may concern”.

3. Badan Surat

Pada bagian ini, seluruh inti dari surat keterangan kerja harus tercantum sejelas-jelasnya. Ada beberapa poin yang perlu dipastikan tercantum di bagian ini, yaitu informasi perusahaan, maksud penulisan surat, dan informasi mengenai karyawan yang bersangkutan. Pastikan bahwa bagian ini tertulis secara singkat dan jelas agar tidak disalahpahami pembaca.

4. Penutup

Tutuplah dengan mencantumkan kontak representatif perusahaan yang dapat dihubungi untuk verifikasi surat. Lalu akhiri dengan salam penutup seperti “Regards”, “Sincerely”, ataupun “Yours truly”.

5. Tanda Tangan

Seperti surat pada umumnya, surat diakhiri dengan tanda tangan penulis surat, diikuti dengan nama dan jabatannya. Tanda tangan dapat dicantumkan secara digital maupun fisik apabila suratnya dicetak. 

Template Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris

Berikut ini adalah template surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris:

Template 1

[Nama Perusahaan Penulis Surat]
[Alamat Perusahaan Penulis Surat]

Date: [Tanggal Penulisan Surat]

[Nama Tujuan Surat]
[Alamat Tujuan Surat]

To Whom It May Concern,

We hereby confirm that [Nama Karyawan] was employed at [Nama Perusahaan] from [Tanggal Mulai] to [Tanggal Selesai] as a [Posisi Pekerjaan] in the [Nama Departemen] department.

Throughout their employment, [Nama Karyawan] demonstrated excellent performance and strong work ethics. They have shown significant commitment and contributed positively to our company.

Should you require any further information or need a verification, please do not hesitate to contact us at [Kontak Perusahaan]

Sincerely,

[Tanda Tangan]

[Nama Pemberi Keterangan]
[Jabatan Pemberi Keterangan]

Template 2

[Nama Perusahaan Penulis Surat]
[Alamat Perusahaan Penulis Surat]

Date: [Tanggal Penulisan Surat]

[Nama Tujuan Surat]
[Alamat Tujuan Surat]

To Whom It May Concern,

This letter is written to certify that [Nama Karyawan] has been employed at [Nama Perusahaan] as a [Posisi Pekerjaan] in the [Nama Departemen] department from [Tanggal Mulai] to [Tanggal Selesai].

Throughout their time with us, [Nama Karyawan] proved to be a dedicated and skilled employee, demonstrating strong work ethics and contributing positively to our team.

For further inquiries, please contact us at [Kontak Perusahaan]

Regards,

[Tanda Tangan]

[Nama Penulis Surat]
[Jabatan Penulis Surat]

Contoh Surat Keterangan Kerja dalam Bahasa Inggris

Bila kamu bingung bagaimana cara mengisi template surat di atas, kamu tidak perlu khawatir! Berikut ini adalah contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris menggunakan template yang telah tercantum di atas:

Contoh 1

Cakap Jaya Nusantara Ltd.
36 Makaliwe Raya, Jakarta Barat

Date: January 1, 2024

[Nama Tujuan Surat]
[Alamat Tujuan Surat]

To Whom It May Concern,

We hereby confirm that Andi Putra was employed at Cakap Jaya Nusantara Ltd. from January 1, 2020 to December 31, 2023 as a Marketing Associate in the Sales & Marketing department.

Throughout his employment, he demonstrated excellent performance and strong work ethics. He has shown significant commitment and contributed positively to our company.

Should you require any further information or need a verification, please do not hesitate to contact us at [email protected]

Sincerely,

[Tanda Tangan]

Budi Setiawan
HR Manager of Cakap Nusantara

Contoh 2

Cakap Maju Digital Ltd.
36 Makaliwe Raya, Jakarta Barat

Date: August 17, 2024

[Nama Tujuan Surat]
[Alamat Tujuan Surat]

To Whom It May Concern,

This letter is written to certify that Andini Putri has been employed at Cakap Maju Digital Ltd. as a Graphic Designer in the Creative department from January 1, 2022 to August 16, 2024.

Throughout her time with us, she proved to be a dedicated and skilled employee, demonstrating strong work ethics and contributing positively to our team.

For further inquiries, please contact us at [email protected].

Regards,

[Tanda Tangan]

Budi Setiawan
HR Manager of Cakap Digital

Nah, Sobat Cakap, itulah dia template dan contoh surat keterangan kerja dalam bahasa Inggris yang dapat kamu gunakan untuk perusahaanmu! Dengan menggunakan template tersebut, kamu dapat lebih mudah mengganti isinya sesuai dengan kebutuhan. Semoga bermanfaat, ya! 

Jika perusahaanmu ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris karyawan untuk mendukung produktivitas, Kelas Korporasi Cakap dapat menjadi pilihan yang tepat untuk perusahaanmu! Cakap akan menyusun kurikulum pelatihan bahasa Inggris sesuai dengan kebutuhan setiap perusahaan. Pelatihan dilakukan secara dua arah baik melalui online maupun offline sehingga dapat menyesuaikan kebutuhan perusahaan. 

Dengan meningkatkan kompetensi bahasa Inggris karyawan, maka perusahaanmu juga akan mengembangkan peluang bisnis ke pasar internasional. Mari belajar bersama Cakap di Kelas Korporasi karena #SiapaCakapDiaDapat! 

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat