Mengupas Sejarah Halloween, Awalnya Tradisi Sakral?

halloween adalah

Halloween adalah sebuah perayaan yang diperingati sejumlah negara tiap tanggal 31 Oktober. Biasanya Halloween dirayakan oleh negara barat seperti eropa dan amerika. Namun begitu, beberapa negara di wilayah asia ada yang ikut merayakan.

Pasti kamu tau kan kalau Halloween identik dengan labu, kostum tematik, dan permen. Tapi kamu tau gak kenapa Halloween identik dengan ketiga hal tersebut? Biar gak penasaran, yuk kita kupas bareng-bareng sejarah Halloween!

Table of Contents

Sejarah Halloween, Awalnya Tradisi Sakral?

sejarah-halloween
Image by Istock

Dilansir dari History, sejarah Halloween dimulai pada era Suku Celtic. Awalnya Halloween merupakan tradisi sakral yang dikenal dengan nama festival Samhain. Suku Celtic merayakannya tepat sebelum bulan November.

Bagi Suku Celtic, November adalah awal dari era kegelapan karena musim panen telah usai dan musim panas berganti musim dingin. Pada saat itu, musim dingin dikaitkan dengan kematian manusia. Jadi, wajar lah ya dibilang era kegelapan.

Nah, orang Celtic punya keyakinan kalau tanggal 31 Oktober pembatas antara dunia dan akhirat terbuka sehingga roh jahat dapat kembali ke bumi dan merusak hasil panen mereka. Oleh karena itu, mereka mencoba melawan roh jahat tersebut lewat festival Samhain.

Dalam festival Samhain, orang Celtic membakar api unggun dan mengenakan kostum yang terdiri dari kepala dan kulit hewan. Bagi orang Celtic, api dapat melindungi mereka dari roh jahat.

Singkat cerita, Halloween menjadi tradisi di eropa dan kolonialisasi Eropa di Amerika membawa tradisi ini. Kemudian sejak 1920-an, Halloween tidak lagi menjadi tradisi sakral melainkan menjadi perayaan yang menyenangkan.

Mengapa Identik dengan Labu?

halloween-pumpkin
Image by Istock

Sebelum kamu tau alasannya, kamu harus tau dulu tentang Jack o’ Lantern karena keduanya berkaitan. Jadi, dalam legenda Irlandia ada seorang petani bernama Stingi Jack. Ia adalah seseorang yang sering kali menipu iblis.

Akibat kelakuannya tersebut, ia tidak diterima di neraka dan begitu juga di surga. Pada akhirnya, Stingy Jack berkeliaran di tempat tergelap bumi sambil membawa lentera sehingga ia dikenal sebagai Jack o’ Lantern.

Lalu pada hari Halloween, orang Irlandia dan Inggris mengukir lobak dan menaruhnya di depan rumah guna mengusir arwah jahat seperti Jack o’ Lantern. Kemudian tradisi ini mendarat di Amerika, tetapi lobak sulit ditemukan di sana hingga akhirnya diganti dengan labu.

Jadi, Halloween identik dengan labu karena Amerika kaya akan labu. Hingga hari ini, labu dengan ukiran wajah menyeramkan menjadi properti wajib dalam perayaan Halloween.

Suka Budaya dan Tradisi Barat? Yuk Belajar Bareng di Cakap English Club!

Macam-Macam Ide Kostum Halloween

kostum-halloween
Image by Istock

Merayakan Halloween rasanya kurang afdol jika tidak cosplay atau memakai kostum-kostum tertentu yang vibes-nya Halloween banget! Berikut ini beberapa ide kostum yang bisa kamu kenakan di perayaan Halloween tanggal 31 Oktober nanti.

(1) Weird Barbie

Ingin menggunakan kostum yang terlihat feminim namun tetap menonjol dan cocok datang ke pesta Halloween? Kostum weird barbie adalah solusinya. Ciri khas dari kostum ini adalah berwarna merah muda cerah dengan rambut dan riasan wajah yang acak-acakan. 

(2) Wednesday Addams

Ide kostum Halloween yang kedua ini terinspirasi dari salah satu fictional character di film The Addams Family, yaitu Wednesday Addams. Jika kamu memiliki banyak stok pakaian berwarna hitam, maka ide kostum ini bisa kamu pakai di Halloween tahun ini. Kamu hanya perlu memadukannya dengan jeans, sweater, dan sepatu bot. Ingatlah untuk menjaga palet warna dresscode-mu tetap hitam-putih.

(3) Bajak Laut

Datang ke pesta Halloween dengan tampilan seram dan ditakuti banyak orang? Kenapa tidak! Kostum bajak laut menjadi salah satu kostum yang cukup populer untuk dikenakan di pesta Halloween. Orang yang mengenakan kostum ini biasanya identik dengan penutup mata yang hanya ada di sebelah kanan/kiri saja. Agar tampilanmu sebagai bajak laut lebih maksimal, jangan lupa tambahkan hiasan topi bajak laut, rompi berwarna merah atau hitam, serta sepatu bot.

(4) Maleficent

Maleficent adalah nama karakter fiksi yang diperankan Angelina Jolie di film yang juga berjudul Maleficent. Karakter ini sungguh identik dengan kostum warna hitam dan tanduk hitam yang melengkung sempurna di atas kepala. Tidak hanya identik dengan warna hitam, karakter ini juga identik dengan warna lipstik yang merah merona.  Ide kostum Halloween Maleficent sangat cocok untuk kaum perempuan yang ingin tampil seram namun tetap mempesona dan menawan. 

(5) Enma Ai

Buat kamu pencinta Anime dan ingin merayakan Halloween dengan nuansa-nuansa cosplay Jejepangan, maka ide kostum ini bisa jadi pilihan terbaik. Enma Ai adalah salah satu karakter dari anime Jigoku Shoujo. Karakter ini sangat identik dengan kostum sekolah Jepang warna hitam putih dengan dasi merah yang lebar, atau kimono dengan tambahan girdle dan blue belt. 

(6) Nadja from “What We Do in the Shadow”

Tidak ada waktu yang lebih baik untuk menjadi vampir selain saat Halloween. Kamu bisa meniru gaya Nadja karakter fiksi di film What We Do in the Shadow. Aksesoris seperti taring dan boneka kecil sangat melekat pada karakter ini. Sedangkan kostumnya, untuk cosplay jadi Nadja di Halloween kamu perlu memilih gaun dengan nuansa Victoria berwarna hitam. Jangan lupa untuk meng-curly rambutmu dan pakai riasan bibir warna merah darah.

(7) Chucky

Chucky juga bisa jadi ide kostum Halloween yang tidak kalah menarik. Kamu bisa merubah penampilanmu seperti boneka Chucky yang identik dengan rambut pirang, muka penuh coretan, kaos lengan panjang yang berwarna dengan motif garis, dan rompi jeans terusan.

(8) Witch

Last but not least ada ide kostum witch atau penyihir. Untuk cosplay sebagai penyihir, kamu perlu mengenakan dress berwarna hitam dengan riasan wajah yang tegas dan menakutkan. Tambahkan juga aksesoris wajib yang tidak boleh terlewatkan, yaitu tongkat sihir dan witch hat.

Perayaan Halloween di Berbagai Negara

perayaan-halloween
Image by Istock

Setiap negara memiliki ciri khas masing-masing dalam merayakan Halloween. Dari mulai parade mengelilingi kota sampai melayat para leluhur. Daripada penasaran, simak beberapa perayaan Halloween dari berbagai negara:

(1) Melayat Leluhur di Meksiko

Perayaan Halloween di meksiko sedikit berbeda dengan Amerika Serikat atau negara di Eropa. Orang-orang Meksiko menyempatkan waktunya untuk melayat leluhur atau anggota keluarganya yang telah meninggal.

Kamu pernah nonton film Coco? Nah kurang lebih seperti itu keadaan perayaan halloween di Meksiko. Jadi pengen nonton Coco lagi sambil nyanyi “ay mi amor, ay mi amor”.

(2) Sesaji di Hong Kong

Halloween di Hong Kong dikenal dengan nama Yue Lan. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia artinya adalah Festival Hantu Lapar. Nah, warga Hongkong memberi sesaji agar hantu-hantu lapar tersebut bisa menikmati makanan yang telah mereka persembahkan.

Tidak hanya makanan, terkadang warga Hong Kong juga kasih uang. Mereka berharap dengan memberikan sesaji para hantu itu tidak mengganggu masyarakat.

(3) Parade Halloween di Irlandia

Irlandia adalah salah satu negara yang menjalankan tradisi Halloween. Jadi, Halloween di negara ini pastinya akan sangat meriah. Menjelang Halloween, biasanya warga Irlandia melakukan parade dengan patung-patung raksasa.

(4) Perayaan Mati Lampu di Austria

Berikutnya dari negara Austria. Negara ini paling beda dari yang lain karena warga negaranya justru mematikan lampu ketika hari Halloween. Berasa kaya Earth Hour ya? Hal ini dilakukan bukan tanpa alasan, mati lampu sebagai bentuk menyambut arwah yang turun ke bumi.

(5) Perayaan Lentera di China

Perayaan Halloween di China dikenal dengan Teng Chieh. Perayaan ini kurang lebih sama dengan perayaan di Meksiko yaitu menghormati para leluhur. Warga China biasanya mendatangi makam sambil membawa makanan dan bunga.

Setelah itu mereka akan menerbangkan lentera. Namun di beberapa daerah ada yang menghanyutkan lentera di sungai. Kalau kamu ke China pas Halloween, mata kamu bakal dimanjain sama pemandangan yang menarik nih!

Jika kamu melihat banyak film horror atau thriler yang rilis, berarti itu pertanda bahwa halloween sudah dekat. Yap, industri perfilman seperti Hollywood biasanya dengan sengaja merilis film dengan genre tersebut di hari Halloween.

Hal itu dilakukan agar penonton dapat menikmati di momen yang tepat. Biasanya di film-film genre horror banyak lho ungkapan rasa takut dalam bahasa Inggris, seperti scared to death, blood runs cold, dan masih banyak lagi. Biar kamu pas nonton gak bingung, mending belajar dulu yuk di Cakap!

Selain ungkapan, kamu masih bisa belajar materi lainnya. Kamu bakal belajar bahasa Inggris secara LIVE di Cakap, jadi bukan video rekaman. Kamu bisa deh nanya langsung sama guru professional. Dijamin makin fasih, yuk gabung sekarang!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.