5 Rekomendasi Homeschooling di Jakarta dan Biayanya

homeschooling di jakarta

Homeschooling adalah metode pendidikan alternatif selain sekolah formal. Dibanding sekolah formal, homeschooling jauh lebih fleksibel dan kontekstual. Dengan begitu, parents bisa menentukan sendiri sistem dan cara belajar yang disesuaikan dengan si kecil.

Kini sudah banyak lembaga homeschooling di Jakarta, meski begitu parents tidak boleh sembarangan pilih. Di bawah ini ada beberapa rekomendasi lembaga homeschooling di Jakarta yang dapat menjadi referensi parents. Yuk, disimak!

Rekomendasi Homeschooling di Jakarta

source: giphy.com

Homeschooling Kak Seto

Kak Seto adalah salah satu tokoh yang erat kaitannya dengan anak-anak. Figurnya yang telah dikenal banyak orang membuat banyak parents yang percaya dengan Homeschooling yang didirikannya yaitu Homeschooling Kak Seto.

Homeschooling di Jakarta ini memiliki beberapa program untuk jenjang pendidikan dari SD sampai SMA yaitu Program Komunitas, Program Distance Learning, dan Program Distance Learning Tunggal.

Setiap program belajar yang ada di Homeschooling Kak Seto memiliki biayanya masing-masing, seperti berikut:

Program

Biaya

Program Komunitas

2,2 – 3,3 juta/bulan

Program Distance Learning

4,5 – 5,3 juta/semester (jabodetabek) atau 5 – 5,3 juta/semester (luar jabodetabek) 

Tutor Visit

antara 215 – 235 ribu/jam

Homeschooling Kak Seto berlokasi tidak jauh dari Jakarta yaitu di Bintaro, Tangerang Selatan. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai program belajar dan biaya Homeschooling Kak Seto, parents dapat mengunjungi situs resmi mereka.

Psst, Kini Si Kecil Bisa Mahir Bahasa Inggris dari Rumah!

Homeschooling Erraedu

Erraedu merupakan lembaga pendidikan homeschooling yang menggunakan kurikulum nasional yang setara dengan SD sampai SMA. Erraedu memiliki empat sistem belajar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan si kecil, antara lain:

  • Homeschooling Tunggal
  • Homeschooling Komunitas
  • Distance Learning
  • Belajar Mandiri

Setiap jenjang pendidikan di homeschooling di Jakarta ini memiliki biaya yang berbeda-beda. Untuk SPP jenjang SD, parents perlu merogoh kocek sebesar 3,2 juta/tahun serta biaya registrasi dan uang pangkal sebesar 1 juta.

Homeschooling Erradedu terletak tidak jauh dari Jakarta yaitu di Bekasi Selatan, Jawa Barat. Parents dapat mengetahui informasi lebih lengkap seputar program belajar, biaya, dan lokasi dengan mengunjungi situs resmi mereka.

Homeschooling Primagama

Homeschooling Primagama merupakan salah satu homeschooling di Jakarta yang menyediakan kurikulum nasional dan kurikulum internasional (Cambridge International Examination).

Homeschooling di Jakarta ini berbasis pada minat dan bakat anak sehingga metode pendampingannya memperhatikan psikologis dan akademis. Dalam proses belajar pun, murid boleh mengambil materi tambahan yang sesuai dengan kebutuhan dan minatnya.

Tertarik untuk mendaftarkan si kecil ke Homeschooling Primagama? Berikut biaya yang perlu dikeluarkan oleh parents:

Jenjang

Uang Pendaftaran (Rp)

Uang Pangkal (Rp)

SPP per bulan (Rp)

SD

350.000

6.000.000

1.100.000

SMP

400.000

7.000.000

1.200.000

SMA

400.000

8.000.000

1.200.000

Di Homeschooling Primagama, SPP per bulan telah meliputi biaya tutorial selama 12x pertemuan dalam satu bulan (90 menit/pertemuan). 

Nah, jika tertarik, parents bisa mengunjungi homeschooling ini di Jl.Teratai II Blok 51 No.28 Kavling DKI, Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat.

Cuma di Aplikasi Cakap! Si Kecil Belajar Bahasa Asing, Moms Belajar Ilmu Parenting

Anak Panah Cyberschool

Anak Panah Cyberschool merupakan lembaga non-formal dan informal berbasis Multimedia Digital Learning yang telah berdiri sejak tahun 2014 yang meliputi homeschooling dan cyberschool (sekolah online).

Homeschooling di Jakarta ini berdiri dengan semangat ‘Sekolah tanpa Batas Jarak, Ruang, dan Waktu’. Terbukti siswa dari homeschooling ini telah tersebar di beberapa negara, antara lain Jepang, Korea, Swiss, Perancis, Turki, dan pastinya Indonesia.

Setiap jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA) memiliki rincian biayanya masing-masing. Parents dapat melihat rinciannya di bawah ini:

Jenjang

Registrasi & Uang Pangkal (Rp)

Administrasi & Modul Belajar (Rp)

Test Online (Rp)

SD

1.000.000

3.250.000

1.200.000

SMP

1.000.000

3.500.000

1.200.000

SMA

1.000.000

3.750.000

1.200.000

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai Anak Panah Cyberschool, parents dapat mengunjunginya di Jl. Raya Duri Kosambi No. 49, Duri Kosambi, Cengkareng, RT 6 RW 1, Jakarta Barat atau situs resmi mereka.

Homeschooling Kasih Anugerah

Homeschooling Kasih Anugerah merupakan lembaga pendidikan yang telah berdiri sejak 2007 dengan orientasi mendidik anak dengan kasih agar menjadi anak-anak berkualitas. Homeschooling di Jakarta ini memiliki tiga program belajar, antara lain:

  • Program Tutorial
    Di program ini, guru mendatangi siswa dengan waktu dan tempat belajar yang disesuaikan dengan keinginan siswa. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk program ini sebesar Rp1.500.000 per bulan dengan uang pangkal Rp4.500.000.
  • Program Klasikal
    Di program ini, siswa mendatangi guru atau sekolah dan proses belajar berlangsung di kelas. Biaya yang perlu dikeluarkan untuk program ini sebesar Rp700.000 per bulan dengan uang pangkal Rp4.500.000. 
  • Program Mandiri
    Di program ini, siswa belajar sendiri dibantu oleh keluarga, orang tua, dan guru privat. Untuk mengikuti program ini, biaya yang dikeluarkan sebesar Rp800.000 per bulan dengan uang pangkal Rp4.500.000.

Jenis kelas homeschooling di Homeschooling Kasih Anugerah sama seperti sekolah formal yaitu TK, SD, SMP, dan SMA. Jika parents tertarik, parents dapat mengunjungi sekolah ini di Jl. Pelopor Blok P1 No. 10, Menceng Tegal Alur, Jakarta.

Nah, itu dia rekomendasi homeschooling di Jakarta. Selain pelajaran sekolah, kini si kecil juga bisa belajar bahasa Inggris di rumah. Dengan kursus Inggris anak di Cakap, si kecil bisa mempelajari dan memahami bahasa Inggris sejak dini.

Menguasai bahasa asing sejak dini merupakan investasi yang sangat penting. Terlebih bahasa Mandarin dan bahasa Inggris kini telah menjadi bahasa internasional yang membuka berbagai pintu kesempatan, baik untuk pendidikan maupun pekerjaan. Makanya, daftar sekarang yuk!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks