Kumpulan Pertanyaan Bahasa Korea serta Contoh Kalimatnya!

perkenalan-diri-dalam-bahasa-korea

Kamu pasti setuju kalau kata tanya merupakan kata yang sangat penting terutama dalam menyusun sebuah berita, mencari informasi, dan memulai percakapan. Ngomongin soal kata tanya atau pertanyaan dalam bahasa Korea, beberapa dari kamu pasti sudah nggak asing dengan kata yang satu ini 왜 (wae). 왜 (wae) adalah salah satu kata tanya yang cukup sering muncul dalam dialog bahasa Korea. Selain 왜 (wae) masih ada beberapa kata tanya atau pertanyaan dalam bahasa Korea yang harus kamu tahu! Let’s check it out!

Table of Contents

Kata Tanya dalam Bahasa Korea

Kata tanya adalah kata yang dipakai sebagai penanda pertanyaan dalam kalimat tanya. Kamu bisa menggunakan 질문 (jilmun) untuk menyebut “pertanyaan” dalam bahasa Korea. Beberapa kata tanya dasar yang harus kamu ketahui, seperti apa, kapan, di mana, siapa, mengapa, dan bagaimana.

Dalam bahasa Korea sendiri, untuk membentuk sebuah kalimat tanya, diperlukan rumus sebagai berikut:

Kata tanya + verb/noun/adjective + akhiran.

Berbicara soal akhiran, kamu bisa menggunakan beberapa akhiran sesuai dengan tingkat keformalitasan. Akhiran  입니까 (imnikka) atau ㅂ니까 (mnikka) digunakan untuk pertanyaan yang bersifat formal. Sedangkan akhiran 이에요/예요 (ieyo/yeyo) atau 요 (yo) untuk pertanyaan yang bersifat  semi formal.

Berikut ini beberapa kata pertanyaan bahasa Korea yang harus kamu tahu:

(1) 뭐 (Mwo)

뭐 (mwo) adalah kata pertanyaan bahasa Korea yang berarti “apa”. Kata tersebut merupakan bentuk singkat dari kata dasar 무엇 (mueot). Namun begitu, kata 뭐 (mwo) lebih sering digunakan dalam sebagian besar situasi. Selain 뭐 (mwo) dan 무엇 (mueot), ada juga 무슨 (Museun) yang digunakan untuk menanyakan kata benda tertentu.

(2)  언제 (Eonje)

Pertanyaan dalam bahasa Korea selanjutnya adalah  언제 (eonje) yang berarti kapan. Kata  언제 (eonje) biasanya digunakan untuk menanyakan tentang waktu, seperti bulan, hari, jam, dan lain sebagainya. Dalam sebuah pertanyaan yang diawali dengan kata tanya “kapan”, seringkali juga diikuti oleh partikel 부터 (buteo) dan 까지 (kkaji), yang masing-masing berarti “dari” dan “sampai”.

(3) 누구 (Nugu)

Pencinta Drama Korea pasti cukup familiar dengan kata 누구 (nugu). Kata tanya tersebut jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, memiliki arti “siapa”. Umumnya digunakan untuk mengetahui nama atau identitas seseorang.

(4) 어디 (Eodi)

Nah kalau pertanyaan bahasa Korea yang satu ini memiliki arti “di mana”. Kosakata bahasa Korea ini digunakan untuk menanyakan tempat. Sedangkan, kalau kamu mau menanyakan di mana asal tempat atau pergerakan objek, kamu bisa menggunakan 어디에서 (eodieseo).

(5) 왜 (Wae)

왜 (wae) dalam bahasa Korea memiliki arti “mengapa atau kenapa”. Kamu bisa menggunakan 왜 (wae) untuk bertanya dalam situasi formal. Sedangkan dalam situasi informal atau non-formal kamu bisa menggunakan 왜요 (wae-yo)

(6) 어떻게 (Eotteoke)

Jika kelima kata tanya di atas adalah 5W, maka selanjutnya adalah 1H. Yap! 어떻게 (eotteoke) memiliki arti “bagaimana”. Jangan sampai keliru ya dengan kata 어떡해 (eotteokhae), karena kata tersebut digunakan sebagai ekspresi atau reaksi atas suatu hal yang tak terduga.

(7) 어느 (Eoneu)

Kalau kamu mau mengatakan “yang mana” atau “which one” dalam bahasa Korea, kamu bisa menggunakan 어느 (eoneu). 

(8) 얼마 (Eolma) dan 얼마나 (Eolmana)

얼마 (eolma) memiliki arti “berapa banyak”. 얼마 (eolma) sendiri umumnya digunakan untuk menanyakan hal-hal, seperti uang. Sedangkan 얼마나 (eolmana) selain berarti berapa banyak, dia juga bisa digunakan untuk menanyakan berapa lama. 

(9) 몇 (Myeot)

Memiliki arti yang hampir sama dengan 얼마 (eolma) dan 얼마나 (eolmana), bedanya  몇 (myeot) digunakan untuk menanyakan “berapa banyak” jumlah suatu hal yang bisa dihitung, misalnya orang, benda, dll.

Belajar Bahasa Korea di Aplikasi Cakap, Bebas Atur Jadwal Kelas

Contoh Percakapan Pertanyaan Bahasa Korea

Pada penjelasan di atas, kamu pasti mengetahui apa saja kata tanya dalam bahasa Korea. Biar kamu maikin paham, yuk coba perhatikan contoh percakapan berikut!

A: 안녕 좋은 아침. 오늘 회사에 가요?
(annyeong joeun achim. oneul hoesa-e gayo?)

Halo, selamat pagi. Apakah hari ini kamu akan pergi ke kantor?

B: 안녕하세요, 오늘은 사무실에 다녀왔습니다. 당신은 어떤가요?
(annyeonghaseyo, oneur-eun samusil-e danyeowassseumnida. dangsin-eun eotteongayo?)

Halo, iya hari ini aku pergi ke kantor. Bagaimana denganmu?

A: 오늘은 시장에 먼저 쇼핑을 가고 나서 사무실로 갑니다.
(oneur-eun sijang-e meonjeo syoping-eul gago naseo samusillo gamnida.)

Hari ini aku akan pergi berbelanja ke pasar terlebih dahulu, setelah itu baru ke kantor.

B: 당신은 누구와 쇼핑합니까?
(dangsin-eun nuguwa syopinghamnikka?)

Dengan siapa kamu berbelanja?

A: 내 친구.
(nae chingu.)

Bersama temanku.

B: 당신은 어떤 친구입니까?
(dangsin-eun eotteon chingu-ibnikka?)

Temanmu yang mana?

A: 내 오랜 친구.
(nae olaen chingu.)

Teman lamaku.

B: 음, 좋은 하루 되세요.
(eum, joh-eun halu doeseyo.)

Oh baiklah, semoga harimu menyenangkan.

A: 너도.
(neodo.)

Kamu juga.

Eotteoke chinguya? Sekarang kalian sudah memahami kata tanya dalam bahasa Korea bukan? Buat kamu yang ingin mempercakap bahasa Koreamu, yuk gabung di kelas bahasa Korea online Cakap! Di sana kamu akan belajar langsung bareng ssaem-ssaem professional yang sudah punya banyak pengalaman.

(Materi konten telah ditinjau ulang oleh Lulu Widyaningsih, Cakap Korean Teacher)

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat