5 Cara Mengucapkan Maaf dalam Bahasa Jepang dan Artinya

maaf dalam bahasa Jepang

Dalam percakapan sehari-hari bahasa Jepang, pasti ada momen di mana kamu harus mengucapkan permintaan maaf. Baik kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja, kamu perlu mengucapkan permintaan maaf untuk mempertahankan relasimu.

Nah, dalam bahasa Jepang, ada beberapa cara untuk mengucapkan permintaan maaf. Mulai dari bentuk formal hingga semi formal. Namun begitu, ada 5 ucapan maaf dalam bahasa Jepang yang sering digunakan. Yuk, simak di bawah ini!

Gomen’nasai

Gomennasai adalah ucapan maaf dalam bahasa Jepang yang pertama yang dapat kamu gunakan apabila lawan bicaramu adalah seseorang yang dekat denganmu. Contohnya seperti anggota keluarga, teman, dsb. 

Umumnya gomen’nasai digunakan oleh anak ketika meminta maaf pada orang tuanya setelah melakukan kesalahan.

ごめんなさい

Gomen’nasai

Minta maaf

Contoh Percakapan Gomen’nasai

A: 何してるの?
Nanishiteruno?
Apa yang kamu lakukan?

B: ごめんなさい。知りません
Gomen’nasai. Shirimasen
Maaf. Saya tidak tahu.

Gomen

Gomen adalah bentuk informal dari gomen’nasai. Gomen juga memiliki makna yang sama dengan Gomen’nasai yaitu minta maaf. Karena sifatnya informal, maka ucapan maaf dalam bahasa Jepang ini hanya dapat digunakan untuk teman atau sahabat saja.

ごめん

Gomen

Minta maaf

Contoh Penggunaan Gomen

A:今すぐレストランに行きませんか?
Ima sugu resutoran ni ikimasen ka?
Apakah kamu mau pergi ke restoran sekarang?

B: ごめん. ちょっと 用事が.
Gomen. Chotto yoji ga.
Maaf, saya masih sibuk.

Ini Cara Fasih Berbahasa Jepang Tanpa Keluar Rumah!

Sumimasen

すみません atau sumimasen adalah ucapan maaf dalam bahasa Jepang yang biasa ditemukan pada percakapan formal. Meski begitu, sumimasen tidak dapat kamu gunakan pada lawan bicara yang merupakan tamu terhormat seperti tamu atau klien.

Ucapan permintaan maaf dalam bahasa Jepang ini memiliki bentuk informalnya, lho. Kamu bisa gunakan Suimasen (すいません). Karena sifatnya yang informal, maka sudah pasti ucapan ini hanya digunakan pada orang terdekat saja.

すみません

Sumimasen

Minta maaf

すいません

Suimasen

Minta maaf

Moushiwake gozaimasen

Moushiwake gozaimasen (申し訳ございません) adalah permintaan maaf dalam bahasa Jepang yang sangat sopan dan formal. Ucapan ini umumnya digunakan oleh CEO atau pemimpin perusahaan yang melakukan kesalahan yang fatal.

申し訳ございません

Moushiwake gozaimasen

Minta maaf

Shitsurei

Dalam bahasa Indonesia, shitsurei (失礼) artinya sama dengan permisi. Ucapan maaf dalam bahasa Jepang ini umumnya diucapkan pada orang asing atau orang yang kurang kenal. 

Kemudian, shikkei (失敬) artinya sama dengan shitsurei (失礼). Namun, ucapan ini jarang digunakan oleh anak-anak muda. 

すみません

Shitsurei 

Permisi

失敬

Shikkei

Permisi

Itu dia beberapa ucapan maaf dalam bahasa Jepang yang dapat kamu pelajari. Kamu masih bisa belajar permintaan maaf lainnya dengan gabung kelas bahasa Jepang di Cakap. Di sana, kamu bakal belajar langsung sama tutor berpengalaman dari berbagai negara!

Baca Juga:

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

      #SiapaCakapDiaDapat