University of Toronto: Ranking, Jurusan, dan Biaya Kuliah

university-of-toronto
Photo by Yinan Chen from Pixabay

University of Toronto merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di dunia yang terletak di wilayah Toronto, Ontario, Kanada. Didirikan pada tahun 1827, University of Toronto saat ini menjadi salah satu perguruan tinggi terbesar dan terbaik di Kanada. Namun sebelum memutuskan untuk kuliah di University of Toronto, ada baiknya jika kamu mengetahui beberapa informasi penting terkait perguruan tinggi tersebut. Yuk, cari tahu! 

Table of Contents

Ranking University of Toronto

University of Toronto merupakan salah satu universitas terbaik di Kanada maupun di dunia. Menurut QS World University Ranking, University of Toronto saat ini menduduki posisi ke-34 sebagai universitas terbaik di dunia. Sedangkan di Kanada, University of Toronto menduduki posisi kedua di bawah McGill University yang menduduki posisi ke-31. 

Sementara itu, dalam Academic Ranking of World University 2022, University of Toronto menempati posisi ke-22 di dunia. Daftar peringkat universitas lainnya yaitu Times Higher Education World University Ranking 2023 menempatkan University of Toronto di posisi ke-18 di dunia. 

Jurusan di University of Toronto

Perguruan tinggi terbesar di Kanada ini terkenal akan risetnya di dalam bidang kedokteran. Hasil penelitiannya bahkan dijadikan sebagai bahan referensi oleh banyak akademisi di berbagai belahan dunia. Jika kamu memiliki minat untuk berkuliah di bidang kedokteran maka University of Toronto merupakan pilihan yang tepat. 

University of Toronto sendiri saat ini memiliki lebih dari 700 program sarjana yang disiplin ilmunya mencangkup bidang kedokteran, pendidikan, bisnis, teknik, dan humaniora. Sedangkan untuk program pasca sarjananya, University of Toronto memiliki sekitar 280 program dalam berbagai bidang. 

Adapun beberapa program studi unggulan yang terdapat di University of Toronto antara lain adalah: 

  • Master of Nursing 
  • Master of Architecture 
  • Master of Engineering (Mechanical and Industrial Engineering) 
  • Master of Engineering (Electrical and Computer Engineering) 
  • Master of Business Administration 
  • Master of Science (Computer Science) 
  • Bachelor of Science (Data Science) 
  • Bachelor of Business Administration 
  • Bachelor of Commerce 

Biaya Kuliah University of Toronto

Berapa biaya kuliah di University of Toronto? Dibandingkan wilayah lain di Kanada, biaya kuliah di University of Toronto cenderung lebih tinggi. Mahasiswa S1 dari Indonesia setidaknya harus mengeluarkan biaya sebesar CAD 53.000-65.000 atau sekitar Rp588-722 juta per tahun. 

Sedangkan untuk mahasiswa pascasarjana biaya yang akan dikeluarkan adalah sekitar CAD 10.000-31.000 atau sekitar Rp111-344 juta per tahun. Namun biaya yang harus dikeluarkan bisa jadi lebih tinggi atau rendah tergantung program studi yang akan kamu ambil nantinya. 

Meskipun terbilang berbiaya cukup mahal, kualitas pendidikan dan juga pengalaman yang ditawarkan akan membuatnya sepadan. Apalagi dengan berkuliah di Kanada juga memberimu kesempatan untuk bekerja setelah menyelesaikan pendidikan. 

Kamu Nggak Sendiri, Cakap Siap Bantu Rencana Studimu ke Luar Negeri!

Biaya Hidup di Toronto 

Biaya hidup yang harus dikeluarkan oleh setiap individu tentunya berbeda-beda tergantung kebutuhan masing-masing. Namun demikian setidaknya ada empat kebutuhan utama yang wajib dipenuhi untuk menjalani hidup dengan layak selama berkuliah di University of Toronto, empat kebutuhan tersebut adalah: 

1. Biaya Tempat Tinggal

Setidaknya ada tiga opsi yang dapat kamu ambil mengenai tempat tinggal. Pertama, memilih tinggal di asrama yang terletak di dalam kampus. Bila tertarik tinggal di asrama maka kamu harus mengeluarkan biaya sebesar CAD 14.000-17.000 atau sekitar Rp155-188 juta per tahun. Biaya tersebut juga sudah termasuk uang makan. 

Pilihan kedua adalah mengikuti program homestay, di mana kamu akan ditempatkan dalam sebuah rumah milik keluarga lokal di sana. Biaya paling murah yang harus dikeluarkan untuk mengikuti program ini adalah CAD 60 per malam. Biayanya bisa jadi tambah mahal jika kamu ingin dibuatkan makanan atau ingin punya kamar mandi pribadi. 

Jika kamu ingin lebih bebas maka opsi terakhir adalah dengan menyewa rumah atau apartemen, untuk meringankan biaya kamu bisa mengajak teman untuk berbagi uang sewa. Adapun biaya yang harus dikeluarkan untuk opsi ini adalah sekitar CAD 500-4000 atau sekitar Rp5-44 juta tergantung lokasi dan jenis tempatnya. 

2. Biaya Makan

Biaya makan rata-rata yang dikeluarkan oleh mereka yang masih lajang di Toronto adalah sekitar CAD 303 (sekitar Rp3,3 juta) per bulannya. Namun kebutuhan makan sehari-hari setiap orang tentunya berbeda-beda sehingga biaya makan yang dikeluarkan akan berbeda satu sama lain tergantung kebutuhan masing-masing. 

Jenis makanan yang dibeli pun juga akan sangat membedakan pengeluaran untuk biaya makan. Misalnya ada orang yang harus selalu makan nasi sebagai makanan pokoknya namun ada juga yang lebih memilih roti atau kentang. Hal yang sama juga berlaku untuk mereka yang mengadopsi gaya hidup tertentu seperti vegan. 

3. Biaya Telepon dan Internet

Telepon dan internet saat ini telah menjadi salah satu kebutuhan pokok bagi manusia modern. Keduanya sangat dibutuhkan agar kamu dapat menjalani dunia perkuliahan dengan lancar. Oleh karena itu kamu wajib mengeluarkan sejumlah biaya tersendiri untuk memenuhi kebutuhan telepon dan internet selama kuliah di University of Toronto. 

Paket internet untuk smartphone yang umumnya digunakan di Toronto adalah paket data 30 GB dengan harga sekitar CAD 80 (sekitar Rp887.000) per bulannya. Dengan paket tersebut kamu tidak hanya mendapatkan akses internet tapi kamu juga bisa melakukan panggilan telepon serta SMS tanpa adanya batasan di seluruh wilayah Kanada. 

4. Biaya Transportasi

Transportasi umum di Kanada sudah sangat bagus dan harganya pun terjangkau. Mahasiswa di Toronto juga berkesempatan mendapatkan tiket bulanan untuk transportasi publik senilai CAD 167. Bahkan ada juga beberapa universitas yang memberikan U-Pass yang bisa digunakan untuk naik bus MiWay secara gratis sepanjang tahun. 

Kamu juga bisa naik taxi, namun biaya yang harus dikeluarkan terbilang tinggi, yakni sekitar CAD 18,30 per 8 km. Selain menaiki angkutan umum kamu juga bisa mempertimbangkan untuk membeli sepeda agar lebih hemat dan sehat. Adapun harga sepeda termurah di Toronto adalah sekitar CAD 250. 

Demikianlah beberapa informasi penting terkait dunia kuliah di University of Toronto. Setelah membaca artikel di atas apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliah di sana? Jika iya cobalah untuk mencari informasi sebanyak-banyak tentang cara kuliah ke luar negeri dan persiapkan dirimu sebaik mungkin. Kamu juga bisa mengkonsultasikan persiapan studimu di Kanada dengan Cakap Study Abroad, lho. Yuk, diskusikan dari sekarang! 

Referensi:

  • www.utoronto.ca
  • www.topuniversities.com
  • www.hotcourses.co.id

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.