Kosakata Puasa dan Islam dalam Mandarin, Penting Kamu Tahu!

Kosakata-Puasa-dan-Islam-dalam-Mandarin-Penting-Kamu-Tahu

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nanti oleh banyak masyarakat muslim di seluruh dunia. Setiap negara di seluruh dunia memiliki cara yang berbeda dalam melaksanakan atau menjalankan bulan puasa Ramadan. Pada artikel ini akan dibahas bagaimana puasa di Cina hingga kosakata puasa dalam Mandarin.

Fun Fact Puasa Ramadan di Cina

Sebelum membahas kosakata puasa dalam bahasa Mandarin, sebaiknya tahu dulu juga lho soal fun fact puasa di Cina. Ada beberapa fun fact yang akan kamu temui saat berpuasa di Cina yaitu:

1. Waktu Puasa Lama tapi Tidak Terasa

Waktu edar matahari di Cina, terutama di bagian wilayah utara dan timur laut seperti Beijing, Shenyang, Tianjin, Changchun, dan Harbin lebih lama daripada wilayah selatan. Untuk itulah durasi waktu puasa di kota tersebut relatif lebih lama jika daripada negara-negara di bagian wilayah selatan. 

Jadi, jika kamu bandingkan waktu puasa antara Cina dengan di Indonesia, maka waktu puasa di Cina jauh lebih lama. Walaupun begitu, beberapa orang Indonesia yang tinggal di Cina mengaku sama sekali tidak merasa sedang berpuasa. 

Hal ini karena kondisi lingkungan di Cina yang minoritas muslim, sehingga tidak banyak yang berpuasa. Ini jugalah yang membuat kamu tidak akan merasakan jika saat itu sedang berpuasa. 

2. Ada Tradisi Muqam

Pada masyarakat Cina, ada salah satu tradisi menarik untuk menyambut bulan Ramadan. Adapun nama tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadan tersebut adalah Muqam. 

Muqam sendiri merupakan bentuk tarian dan nyanyian yang umat muslim Kashgar di Cina lakukan untuk menyambut datangnya bulan Ramadan. Untuk itulah, jika kamu sedang di Cina, melihat tradisi ini adalah pilihan terbaik saat akan menyambut bulan Ramadan. 

3. Berbagi Makanan

Fun fact dari masyarakat muslim di Cina selanjutnya yaitu tradisi berbagi makanan antar penduduk. Tingkat silaturahmi dan kebersamaan penduduk yang cukup tinggi membuat masyarakat muslim di Cina memiliki tradisi unik yaitu memberikan makanan ke sesama penduduk muslim.

Jadi bisa dikatakan bahwa kemungkinan besar kamu kelaparan saat bulan puasa di Cina sangat kecil. Kamu hanya perlu bergaul dengan masyarakat muslim lainnya yang ada di sana agar mereka tahu keberadaanmu.  

Istilah-Istilah Puasa atau Islami dalam Bahasa Mandarin

Adapun beberapa kosakata puasa dalam bahasa Mandarin dan istilah islami lainnya, yaitu:

  1.  作礼拜 (Zuō lǐbài) yang memiliki arti “sembahyang atau sholat”.
  2. 晨礼 (Chén lǐ) yang memiliki arti “sholat subuh”. 
  3. 晌礼 (shǎng lǐ) yang memiliki arti “sholat dzuhur”.
  4. 晡礼 (bū lǐ) yang memiliki arti “sholat ashar”.
  5. 昏礼 (hūn lǐ) yang memiliki arti “sholat maghrib”.
  6. 宵礼 (xiāo lǐ) yang memiliki arti “sholat isya”.
  7. 主麻拜 (Zhǔ má bài) yang memiliki arti “sholat jumat”. 
  8. 晨報礼 (Chénbào lǐ) yang memiliki arti “sholat dhuha”.
  9. 祈禱 (Qídǎo) yang memiliki arti “doa”.
  10. 泰拉威哈拜 (Tài lā wēi hā bài) yang memiliki arti “sholat tarawih”.
  11. 禁食 (Jīn shí) yang memiliki arti “puasa”. 
  12. 封斋饭 (Fēngzhāi fàn) yang memiliki arti “sahur”.
  13. 开斋 (Kāizhāi) yang memiliki arti “iftar/berbuka puasa”.
  14. 莱麦丹(Lái mài dān) yang memiliki arti “Ramadan”.
  15. 伊斯兰教历 (Yīsīlán jiào lì) yang memiliki arti “kalender islam”.
  16. 回教 (Huíjiào) yang memiliki arti “Agama Islam”. 
  17.  回教徒 (Huíjiào tú) yang memiliki arti “Umat Islam”. 
  18. 伊斯兰 (Yisilan) yang memiliki arti “Islam”.
  19. 穆斯林 (Mùsīlín) yang memiliki arti “Muslim”. 
  20. 古兰经 (Gǔlánjīng) yang memiliki arti “Kitab suci Al-quran”
  21. 穆罕默德 (Mùhǎnmòdé) yang memiliki arti “Muhammad”. 
  22. 清真 (Qīngzhēn) yang memiliki arti “halal”. 
  23. 清真寺 (Qīngzhēnsì) yang memiliki arti “masjid”.
  24. 阿訇 (ā hōng) yang memiliki arti “imam”.
  25. 因沙拉 (Yīn shālā) yang memiliki arti “InsyaAllah”. 
  26. 崇高的安拉之上 (Chónggāo de Ānlā zhīshàng) yang memiliki arti “Subhanallah”. 
  27. 安拉至大 (Ān lā zhì dà) yang memiliki arti “AllahuAkbar”.
  28. 我祈求真主饶恕我 (Wǒ qíqiú Zhēnzhǔ ráoshù wǒ) yang memiliki arti “Astaghfirullah”. 
  29. 招供(Zhāogòng) yang memiliki arti “Syahadat”. 
  30. 聖月 (Shèng yuè) yang memiliki arti “Bulan suci”. 
  31. 齋戒月 (Zhāijiè yuè) yang memiliki arti “Bulan puasa”.
  32. 古爾邦節 (Gǔ’ěrbāng jié) yang memiliki arti “Idul Adha”. 
  33. 信念 / 伊瑪尼 (Xìnniàn / yī mǎ ní) yang memiliki arti “Iman”.

Belajar Bahasa Mandarin Lebih Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Contoh Kalimat untuk Mengucapkan Selamat Berpuasa dan Berbuka

Berikut ini contoh kalimat tentang selamat puasa dengan kosakata dalam bahasa mandarin.

  1. 愿您今天的斋戒给您最好的、快乐地与家人一起开斋 (Yuàn nín jīntiān de zhāijiè gěi nín zuì hǎo de, kuàilè de yǔ jiārén kāizhāi de shíguāng) yang memiliki arti “Semoga puasamu hari ini memberikan yang terbaik, selamat berbuka puasa bersama keluarga”.

  2. 开斋快乐,愿真主接受你的斋戒并在生活中得到祝福 (kāizhāi Kuàilè, yuàn zhēnzhǔ jiēshòu nǐ de zhāijiè bìng zài shēnghuó zhōng dédào zhùfú) yang memiliki arti “Selamat berbuka puasa, semoga Allah menerima puasa kamu dan mendapatkan berkah dalam hidup”.

  3. 开斋快乐,我祈求安拉在这个神圣的斋月里仁慈祝福你和你的家人 (kāizhāi Kuàilè, wǒ qíqiú ān lā zài zhège shénshèng de zhāiyuè lǐ Réncí zhùfú nǐ hé nǐ de jiārén) yang memiliki arti “Selamat berbuka puasa, saya berdoa semoga Allah melimpahkan kamu dan keluarga kamu dengan rahmat-Nya di bulan suci Ramadan ini”. 

  4. 愿你的开斋饭成为你和你的家人幸福、平静和反思的时刻,开斋节快乐 (Yuàn nǐ de kāizhāifàn chéngwéi nǐ hé nǐ de jiārén xìngfú, píngjìng hé Fǎnsī de shíkè, kāi zhāi jié kuàilè) yang memiliki arti “Semoga buka puasamu menjadi momen kebahagiaan, kedamaian, dan refleksi bagi dirimu dan keluargamu, selamat berbuka puasa. 

  5. 开斋快乐,我祈祷这个斋月会给您和您的家人带来许多祝福 (kāizhāi Kuàilè, wǒ qídǎo zhège zhāiyuè huì gěi nín hé nín de jiārén dài lái xǔduō zhùfú) yang memiliki arti “Selamat berbuka puasa, saya berdoa semoga Ramadan kali ini membawa banyak berkah bagi kamu dan keluarga”. 

  6. 希望开斋的这一刻能让你更接近真主,祝大家开斋快乐 (Xīwàng kāizhāi de zhè yīkè néng ràng nǐ gèng jiējìn zhēnzhǔ, zhù dàjiā kāizhāi kuàilè) yang memiliki arti “Semoga momen berbuka puasa ini mendekatkanmu pada Allah, selamat berbuka puasa semuanya”. 

  7. 祝大家开斋快乐,我希望真主保佑您和您的家人在斋月期间幸福快乐 (Zhù dàjiā kāizhāi kuàilè, wǒ xīwàng zhēnzhǔ bǎoyòu nín hé nín de jiārén zài zhāiyuè qíjiān xìngfú kuàilè) yang memiliki arti “Selamat berbuka puasa untuk semuanya, saya berharap semoga Allah memberkahi kamu dan keluarga kamu dengan kebahagiaan sepanjang bulan Ramadan”.

  8. 斋月中最期待的就是开斋时刻,开斋快乐! (Zhāiyuè zhōng zuì qídài de jiùshì kāizhāi shíkè, kāizhāi kuàilè) yang memiliki arti “Momen yang paling ditunggu saat berpuasa di bulan Ramadan adalah momen buka puasa, jadi selamat berbuka puasa”.

Belajar Bahasa Cina Bisa Lebih Mudah Bersama CAKAP

Setelah mengetahui beberapa kosakata puasa dalam bahasa Mandarin tersebut, kamu bisa mendalami lagi bahasa Mandarin dengan belajar kosakata lainnya. Belajar bahasa China akan lebih mudah lagi bersama CAKAP karena sistem pembelajarannya yang lengkap dan mudah untuk dimengerti.

CAKAP juga menyediakan berbagai pilihan kelas yang bisa kamu ikuti, mulai dari kelas Cakap Private, Cakap Semi Private, dan Cakap Club. 

Adapun untuk kamu yang melakukan diskusi bersama peserta lain saat belajar bahasa Mandarin, bisa pilih kelas Cakap Club. Selain itu, ada pilihan kelas standar dan conversation Mandarin sesuai keinginanmu.



Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat