10 Jenis Kata Serapan dari Bahasa Korea yang Masuk KBBI

10 Jenis Kata Serapan dari Bahasa Korea yang Masuk KBBI

Indonesia memiliki kosakata yang melimpah. Berdasarkan data per 31 Oktober 2021, jumlah kata di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah sebanyak 115.669 entri. Kosakata tersebut ada yang berasal dari bahasa daerah dan bahasa asing, termasuk kata serapan dari bahasa Korea.

 

Pada kesempatan ini, kamu akan mendapat informasi mulai dari pengertian, jenis, contoh, hingga proses kata serapan masuk ke KBBI. Ternyata, ada beberapa kata dalam KBBI yang berasal dari bahasa Korea yang menarik! Yuk, cari tahu di sini!

 

Pengertian Tentang Kata Serapan

Kata serapan merupakan sebuah kata yang berasal dari bahasa daerah maupun bahasa asing yang kemudian ejaan, penulisan, dan pengucapannya akan menyesuaikan sedemikian rupa dengan kaidah ke bahasa Indonesia.

 

Di samping itu, kata serapan dalam bahasa Indonesia memiliki ciri khusus, yaitu bermakna tunggal, tidak mempunyai sinonim dan antonim, serta maknanya tidak berubah.

Selain untuk memperkaya kosakata, kata serapan berfungsi memberikan pengetahuan yang lebih mendalam tentang bahasa daerah dan bahasa asing. Khususnya kepada pemakai bahasa Indonesia.

 

Jenis-jenis Kata Serapan dan Contohnya

Ada beberapa jenis kata serapan, termasuk kata serapan dari bahasa Korea yang proses penyerapannya mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. Jenis kata serapan dan contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Adopsi

Proses penyerapan kata dari bahasa asing tanpa mengubah ejaan, penulisan, dan pengucapan adalah pengertian dari adopsi. Artinya, kata tersebut diambil secara utuh. Contohnya, internet, film, radio, video, dan masih banyak lagi.

 

  1. Adaptasi

Sementara itu, adaptasi merupakan kata serapan yang sudah melalui proses penyesuain dengan bahasa penerima baik ejaan, penulisan, maupun pengucapannya. Contohnya yaitu unik (unique), tren (trend), balon (balloon), esai (essay), dan sebagainya.

 

  1. Pungutan atau Terjemahan

Sedangkan pungutan atau terjemahan merupakan proses penyerapan bahasa asing yang menggunakan konsep dasar bahasa asal. Kemudian penyesuaiannya bergantung pada sistem dalam bahasa Indonesia atau menggunakan terjemahannya. 

 

Contoh kata serapan jenis ini, yaitu gawai (gadget), memperbarui (upgrade), linimasa (timeline), dan lainnya.

 

  1. Kreasi

Masih sama dengan jenis kata serapan pungutan atau terjemahan, tetapi kata serapan kreasi tidak menuntut agar kata serapannya bentuknya sama dengan kata asalnya. Misalnya yang semula terdiri dari satu kata, bisa menjadi dua kata. 

  1. Contohnya yaitu narahubung (contact person), kode batang (barcode), makan sepuasnya (all you can eat), dan sebagainya.

Bagaimana Proses Kata Serapan Didaftarkan ke dalam KBBI

Setelah memahami jenis dan contoh kata serapan, berikutnya kamu akan mengetahui proses sebuah kata serapan bisa terdaftar dalam KBBI. Tentu saja, proses tersebut tidak sembarangan dan akan melalui berbagai pertimbangan. 

Sehingga, kata serapan dari berbagai daerah maupun negara termasuk kata serapan dari bahasa Korea sudah pasti melalui proses ini. Sebuah kata bisa masuk ke KBBI apabila memenuhi 5 syarat, yaitu sebagai berikut:

  1. Unik
    Maksudnya, kata serapan baik dari bahasa asing maupun bahasa daerah mempunyai makna yang belum tersedia dalam bahasa Indonesia.

  2. Eufonik (Enak Didengar)
    Kata serapan tidak mengandung bunyi yang tak lazim dalam bahasa Indonesia atau dengan kata lain mudah dilafalkan.

  3. Seturut Kaidah Bahasa Indonesia
    Kata tersebut mampu membentuk kata dan dibentuk kata lain sesuai kaidah pembentukan kata bahasa Indonesia. Misalnya, pengimbuhan.

  4. Tidak Berkonotasi Negatif
    Kata yang berpotensi menimbulkan keributan atau perselisihan, sehingga tidak diterima oleh masyarakat.

  5. Kerap Dipakai
    Syarat ini diukur menggunakan skala frekuensi dan julat. Frekuensi merupakan kekerapan kata yang muncul dalam korpus. Sementara itu, julat merupakan ketersebaran kemunculan kata yang ditemukan pada beberapa wilayah.

Apabila sudah memenuhi 5 syarat tersebut, peluang kata serapan masuk ke KBBI terbuka lebar. Sehingga, bahasa Indonesia akan memiliki kosakata yang berlimpah.

Daftar Kata Serapan dari Bahasa Korea

Belajar bahasa Korea memang sangat menarik, karena bisa mendatangkan banyak keuntungan. Mulai dari peluang untuk meraih pendidikan yang berkualitas tinggi, hingga peluang pekerjaan dan bisnis. Barangkali kamu penasaran, apa saja kata serapan dari bahasa Korea yang masuk dalam KBBI. Berikut adalah daftar katanya:

1. Bancan

Kamu pernah melihat di drama Korea saat scene makan keluarga? Pasti ada meja makan penuh dengan santapan. Nah, disitu ada yang disebut dengan bancan, yaitu makanan pendamping nasi khas Korea. 

Tentunya, bancan ini bermacam-macam ada yang terbuat dari ikan, sayur, daging serta dengan porsi terbatas dalam piring-piring kecil. 

2. Bibimbap

Kata selanjutnya sasih seputar makanan, yaitu bibimbap yang merupakan makanan khas Korea. Makanan ini berupa nasi, daging, sayuran, dan bumbu-bumbu. Cara makannya yaitu dengan mencampurkan semua bahan tersebut. Biasanya, sebagai pelengkap ada telur matang atau mentah. 

3. Bingsu

Sementara bingsu merupakan minuman yang berupa es serut. Minuman  ini menyerupai salju lalu ada tambahan gula, buah, kacang tanah, dan lainnya.

4. Gocujang

Kata serapan dari bahasa Korea yang masuk KBBI selanjutnya ada gocujang. Pasta cabai tersebut terbuat dari campuran tepung kedelai fermentasi, garam, tepung beras ketan, dan bubuk cabai.

5. Hanbok

Tak hanya soal makanan, ada juga hanbok yang merupakan baju tradisional khas Korea. Baju ini  berupa atasan berlengan panjang seperti jaket berkerah V dan diikat pita. Kemudian dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan di bagian bawah berpotongan lebar untuk perempuan. 

Sedangkan, untuk laki-laki bagian bawah berupa celana longgar panjang. Hanbok digunakan saat acara formal. Misalnya, pernikahan, upacara kematian, dan hari peringatan nasional.

6. Kimci

Selanjutnya, ada kimci yang merupakan acar pedas. Terbuat dari sayuran seperti lobak dan kubis berbumbu garam, cabai merah, bawang putih, pasta ian, jahe, teri, dan lainnya. Setelah itu, campuran bahan tersebut difermentasikan.

7. Mandu

Sering disantap di musim dingin, mandu adalah pangsit khas Korea yang biasanya disajikan dengan tofu. Rasanya sangat gurih, sehingga banyak orang Indonesia yang menyukainya.

8. Manhwa

Kata manhwa juga masuk dalam KBBI. Dalam bahasa Korea, arti manhwa adalah komik. Begitu pula dengan KBBI yang mengartikan manhwa sebagai komik khas Korea.

9. Mokbang

Kata serapan dari Korea yang masuk KBBI berikutnya yaitu mokbang. Kata ini bermakna video atau siaran langsung yang mempertontonkan seseorang menyantap banyak makanan untuk tujuan hiburan. Biasanya mokbang siaran melalui media sosial secara daring.

10. Oppa

Nah, kalau kata serapan yang satu ini tentu kamu tidak asing lagi. Oppa adalah kata panggilan untuk laki-laki yang lebih tua dari perempuan. Umumnya, oppa bisa kamu gunakan untuk orang dekat atau sudah saling mengenal satu sama lain. Misalnya, teman, kakak kandung, atau kekasih.

Yuk, Belajar Kata Serapan Korea di CAKAP!

Itulah informasi seputar pengertian, jenis-jenis, dan contoh kata serapan serta daftar kata serapan dari bahasa Korea. Tentu saja, artikel ini belum bisa memuaskan keingintahuan kamu tentang bahasa Korea lebih dalam. Jika kamu ingin belajar bahasa Korea maupun kata serapan Korea lebih dalam, lakukan bersama CAKAP

 

Karena dengan teacher berpengalaman, pelatihan bersertifikasi, berbagai metode belajar, dan multiplatform, kamu akan merasakan pengalaman belajar bahasa Korea yang interaktif, efektif, dan mudah. Siap mencoba?

 

Baca Juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat