Cakap, Top Choice Learning Platform.   Download Cakap  
Cakap, Top Choice Learning Platform

Mengenal Appetizer, Main Course, & Dessert dalam Fine Dining

istilah fine dining

Ketika berkunjung ke restoran, biasanya kamu akan menemukan menu-menu yang disebut appetizer, main course, dan dessert. Ketiga menu ini memiliki perbedaan dan bahkan disajikan dalam urutan yang berbeda di restoran fine dining. Nah, buat Sobat Cakap yang belum tahu arti dari istilah-istilah bahasa Inggris tersebut, yuk, simak penjelasannya dalam artikel berikut! 

Table of Contents

Appetizer

Tahukah Sobat Cakap kalau konsep appetizer sebenarnya berasal dari Prancis pada abad ke-17? Mereka menyebutnya “hors d’oeuvres”, yang berarti “di luar pekerjaan” atau “selingan sebelum hidangan utama.” 

Appetizer adalah hidangan yang disajikan sebelum main course dengan tujuan untuk merangsang selera makan dan mempersiapkan lidah untuk hidangan utama yang lebih besar. Ada berbagai bentuk dan rasa dari appetizer, tergantung pada budaya dan tradisi kuliner masing-masing daerah. Berikut adalah beberapa jenis appetizer yang populer. 

  1. Canapé: Potongan kecil roti atau crackers yang diberi topping, seperti keju, daging, atau sayuran. 
  2. Tapas: Hidangan kecil khas Spanyol yang bisa berupa segala macam makanan, dari potongan daging hingga sayuran. 
  3. Antipasto: Hidangan pembuka khas Italia yang biasanya terdiri dari daging dingin, keju, dan sayuran acar. 
  4. Samosa: Kue goreng berbentuk segitiga yang populer di India. Bisa diisi dengan daging atau sayuran. 
  5. Spring rolls (lumpia): Gulungan berisi sayuran atau daging yang populer di Asia Tenggara. Biasanya disajikan dengan saus celup. 

Main course

Main course, atau hidangan utama, adalah pusat dari setiap jamuan makan. Dalam setiap budaya kuliner, main course selalu disiapkan dengan hati-hati untuk memberikan kepuasan maksimal bagi yang menikmatinya. 

Kata “main course” sendiri merujuk pada hidangan yang menjadi bintang utama dalam rangkaian makanan. Biasanya makanan ini memiliki porsi yang lebih besar dan komposisi yang lebih kompleks dibandingkan appetizer atau dessert

Ada banyak bentuk dari main course, tergantung pada bahan, teknik memasak, dan tradisi kuliner masing-masing daerah. Berikut adalah beberapa jenis main course yang populer. 

  1. Steak: Potongan daging sapi yang dipanggang atau digoreng dengan sempurna, biasanya disajikan dengan kentang dan sayuran. 
  2. Pasta: Hidangan khas Italia yang terbuat dari adonan tepung dan air, disajikan dengan berbagai jenis saus, seperti marinara, carbonara, atau bolognese
  3. Nasi goreng: Hidangan populer di Asia Tenggara berupa nasi yang digoreng dengan berbagai bumbu dan tambahan, seperti telur, ayam, atau udang. 
  4. Kari: Hidangan berkuah yang kaya akan rempah, biasanya terdiri dari daging atau sayuran. 
  5. Ayam panggang: Ayam yang dimasak dengan bumbu rempah dan sayuran, sering disajikan pada acara khusus atau perayaan. 

Dessert

Dessert, atau hidangan penutup, adalah cara sempurna untuk mengakhiri sebuah santapan dengan rasa manis yang memuaskan. Kata “dessert” berasal dari bahasa Prancis “desservir” yang berarti “membersihkan meja”.  

Pada awalnya, dessert disajikan setelah hidangan utama untuk membersihkan rasa dari mulut dan memberikan penutup yang menyenangkan. Kini, dessert telah menjadi bagian penting dari budaya kuliner di seluruh dunia dengan berbagai variasi yang menggoda selera. 

Dessert juga kerap menjadi bagian dari perayaan dan acara khusus. Misalnya, kue ulang tahun adalah simbol dari perayaan ulang tahun yang tidak bisa dilewatkan. Berikut adalah beberapa jenis dessert yang populer.

  1. Cake: Kue yang terbuat dari campuran tepung, gula, telur, dan bahan lainnya, sering dihias dengan frosting atau glaze.
  2. Es krim: Hidangan beku yang terbuat dari susu, krim, dan gula, sering diberi tambahan rasa seperti vanila, cokelat, atau buah-buahan.
  3. Pudding: Hidangan yang memiliki tekstur lembut dan kental, biasanya terbuat dari campuran susu, gula, dan bahan pengental seperti agar-agar atau tepung maizena.
  4. Pastry: Kue yang dibuat dari adonan tepung dan lemak, umumnya berlapis-lapis, seperti croissant atau eclair.
  5. Salad buah: Campuran berbagai macam buah segar yang disajikan dengan sirup atau yogurt.

cakapxhorego

Buat Sobat Cakap, kamu bisa menikmati dessert secara gratis dari tempat-tempat makan populer di Horego, lho! Caranya mudah. Yuk, ikutin langkah-langkahnya! 

  1. Kirim bukti pembayaran kelas Cakap yang kamu ikuti melalui Direct Message Instagram @cakapcom
  2. Kamu akan dapat kode voucher melalui DM setelah tim Cakap melakukan verifikasi
  3. Download aplikasi Horego
  4. Lakukan registrasi & masukkan kode voucher
  5. Voucher up to Rp30ribu akan otomatis masuk ke akunmu H+1 (hari kerja) setelah kamu registrasi
  6. Buka aplikasi Horego 
  7. Cari restoran yang ingin kamu kunjungi 
  8. Review restoran & tunjukan ke staff restoran
  9. Selamat kamu bisa nikmati voucher-nya!  

Nah, itu dia pembahasan mengenai appetizer, main course, dan dessert yang saling melengkapi dalam fine dining di berbagai kota di Indonesia. Yuk, cari tahu lebih lengkap tentang berbagai restoran di sekitarmu di Horego. Cek sekarang dan dapatkan berbagai promo menariknya! 

Baca juga: 

Cakap
Cakap adalah platform peningkatan keterampilan yang dirancang untuk memberikan pendidikan berkualitas untuk membantumu menguasai keterampilan dan mencapai lebih banyak dalam hidup

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Inggris Tanpa Buang Waktu Bertahun-tahun

Karyawan yang menguasai bahasa asing dapat potensi 10 – 20% gaji lebih besar.

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat