Gaji TKI Taiwan per Bulan Terbaru Tahun 2024 beserta Potongannya

tki taiwan
Image by Quân Lê Quốc from Pixabay

Bekerja di luar negeri mungkin menjadi salah satu solusi bagi mereka yang ingin mendapatkan penghasilan lebih tinggi. Salah satu negara yang sering menjadi destinasi bagi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah Taiwan. 

Artikel ini akan membahas serba-serbi terkait gaji TKI di Taiwan untuk berbagai bidang pekerjaan. Sobat cakap yang punya rencana untuk bekerja di Taiwan tahun 2024 mendatang, simak artikel ini sampai habis, ya! 

Table of Contents

Peluang Kerja di Taiwan

Bekerja di Taiwan bukan lah hal yang tidak mungkin untuk kita sebagai warga negara Indonesia walaupun juga tidak bisa dibilang mudah. Negara ini menawarkan banyak kesempatan kerja, baik untuk lulusan SMA maupun lulusan perguruan tinggi. 

Bagi lulusan SMA, kamu bisa bekerja sebagai perawat panti jompo, penangkap ikan, buruh pabrik, pembantu rumah tangga, pekerja produksi, dan sebagainya. Sementara jika memegang ijazah S1, maka kamu berkesempatan untuk bekerja di perusahaan Taiwan, lho!

Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Selain faktor pendidikan, hal lain yang dibutuhkan untuk dapat bekerja di Taiwan adalah penguasaan terhadap bidang pekerjaan dan juga kemahiran bahasa. Kamu setidaknya harus menguasai bahasa Inggris atau bahasa Mandarin agar bisa diterima di sana. 

Berapa Gaji TKI Taiwan 1 Bulan?

Berlaku pada 1 Januari 2024 mendatang, upah minimum di Taiwan terbaru adalah sebesar NT$27,470 atau setara dengan Rp13.300.000 per bulan. Selain itu, upah minimum per jam yang akan berlaku adalah NT$183 atau setara dengan Rp88.750. 

Besaran gaji yang akan diterima oleh TKI di Taiwan tentunya akan berbeda-beda sesuai dengan jenis pekerjaan, jam kerja, dan juga pengalaman. Selain itu, ada juga kecenderungan gaji TKI laki-laki di Taiwan lebih tinggi daripada gaji TKW (Tenaga Kerja Wanita). 

Gaji TKI Taiwan Rumah Tangga

TKI yang bekerja di sektor rumah tangga bisa mendapatkan gaji mulai dari NT$20,000–40.000 atau sekitar Rp9.700.000–19.400.000. Daerah tempat kamu bekerja juga akan berpengaruh terhadap jumlah gaji yang akan diterima. 

Gaji TKI Taiwan Buruh Pabrik

Jika kamu bekerja di pabrik, kamu akan digaji mulai dari NT$27,470–60,000 atau setara Rp13.300.000–Rp29.000.000. Industri manufaktur umumnya menerapkan sistem lembur yang dibayar sehingga kamu mungkin mendapatkan penghasilan tambahan. 

Gaji TKI untuk Pekerjaan Profesional

Jika bekerja di Taiwan sebagai profesional dengan ijazah sarjana atau lebih tinggi, kisaran gajinya dimulai NT$27,470–100,000. Kisaran ini juga masih tergantung jenis industri, lokasi pekerjaan hingga pengalaman yang dimiliki. 

Potongan Gaji TKI Taiwan

Sama seperti di Indonesia, gaji untuk pekerja akan mengalami pemotongan seperti pajak, asuransi, dan sebagainya yang berlaku setiap bulan. Selain itu, ada pula berbagai biaya tambahan jika kamu berangkat melalui agensi penyalur TKI, seperti:

  • Biaya agensi
  • Biaya pengurusan berbagai dokumen (awal kedatangan)
  • Pemeriksaan kesehatan
  • Pinjaman bank untuk uang saku di awal bekerja, dan sebagainya.

     

Hal ini akan sangat bervariasi tergantung jalur yang kamu tempuh untuk bekerja di Taiwan. Beberapa agensi menetapkan pemotongan selama 6–12 bulan gajimu sehingga tahun awal kamu bekerja gajimu kemungkinan masih tidak utuh. 

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Selain itu, ada potongan berupa pajak untuk pekerjaan seperti buruh pabrik dan pembantu rumah tangga yang umumnya tidak lebih dari 6%. Jika ditotal dengan potongan lainnya yang berlaku secara reguler, gaji TKI di Taiwan akan dipotong setidaknya sekitar 10% per bulan. 

Terkait dengan pemotongan gaji, hal ini sebaiknya kamu tanyakan dengan jelas kepada pihak yang mengurus keberangkatanmu ke Taiwan. Jika ada pemotongan tanyakan untuk apa pemotongan tersebut dan berapa persen besarannya. 

Nah, itu dia gambaran mengenai gaji TKI Taiwan untuk tahun 2024. Perlu diingat bahwa kisaran perkiraan gaji di atas sifatnya tidak mutlak dan masih sangat dipengaruhi berbagai faktor eksternal lainnya. 

Jika Sobat Cakap tertarik untuk bekerja di Taiwan, pastikan kamu menempuh jalur resmi yang diakui pemerintah, ya! Semetara itu, kamu bisa mempersiapkan diri dengan mengambil kelas bahasa Mandarin di Cakap dan cobain simulasi HSK untuk tahu level bahasa Mandarinmu. Yuk, persiapkan diri dari sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • english.mol.gov.tw
  • english.ey.gov.tw
  • contacttaiwan.tw

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Kuasai Mandarin dan Siap Bersaing di Perusahaan Multinasional

Faktanya China merupakan:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat