Dokidoki, Onomatope yang Artinya Mirip dengan Wakuwaku

doki doki artinya
Image by wayhomestudio on Freepik

Beberapa Sobat Cakap mungkin familiar atau pernah mendengar kata bahasa Jepang “dokidoki”, baik itu di anime maupun film Jepang. Biasanya kata ini digunakan untuk situasi yang mendebarkan atau membuat deg-degan. Memang dokidoki artinya apa sih? Yuk, cari tahu dalam artikel ini! Baca sampai habis, ya!

Table of Contents

Arti Doki-doki

ドキドキ atau dokidoki adalah sebuah onomatope dalam bahasa Jepang untuk menggambarkan bunyi jantung berdebar. Dokidoki mirip dengan deg-degan, yaitu perasaan berdebar-debar, baik itu karena jatuh cinta, grogi, atau gelisah. 

Jadi, doki-doki artinya adalah “berdebar-debar” atau “deg-degan” yang termasuk jenis onomatope dan juga dapat digunakan sebagai kata kerja. Dengan demikian, dokidoki bisa menjadi sebuah ekspresi atau ungkapan saja maupun bagian dari kalimat sebagai kata kerja. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Perbedaan Dokidoki dengan Wakuwaku

Dokidoki mirip dengan ワクワク atau wakuwaku, yaitu kata yang sering digunakan oleh karakter Anya dalam anime SPYxFAMILY. Wakuwaku dan dokidoki artinya bisa dibilang sama, yaitu “berdebar-debar”, tetapi kedua kata ini memiliki penggunaan yang cukup berbeda. 

Wakuwaku cenderung digunakan untuk perasaan berdebar yang menunjukkan semangat atau antisipasi atas hal menyenangkan yang akan terjadi. Misalnya ketika kamu bersemangat karena besok kamu dan teman-temanmu akan bermain ke Dufan atau acara seru lainnya. 

Sementara dokidoki digunakan untuk konteks berdebar-debar yang lebih general, baik itu karena bersemangat, jatuh cinta, atau justru karena grogi, cemas, atau khawatir. Jadi kamu bisa menggunakan kata dokidoki ketika kamu deg-degan sebelum presentasi, Sobat Cakap. 

Perbedaan lainnya adalah kamu dapat menggunakan dokidoki dalam bentuk lampau, tetapi tidak dengan wakuwaku. Hal ini karena wakuwaku lebih berorientasi pada masa depan dan jarang dibicarakan lagi setelah berlalu. 

Raih Beasiswa Kuliah di Jepang dengan Kursus Bahasa Jepang di Cakap

Contoh kalimat Dokidoki

Lantas gimana sih penggunaan dokidoki dalam kalimat bahasa Jepang? Intip beberapa contoh berikut ini, ya!

  • 今日の試験ではドキドキしていた。
    Kyou no shiken de wa dokidoki shite ita.
    Aku mencemaskan ujian hari ini. 

  • これからの人生はドキドキしている。
    Kore kara no jinsei wa dokidoki shite iru.
    Aku sangat bersemangat untuk kehidupan ke depannya. 

  • 今日、初めて彼女と会うことになります。ドキドキ。
    Kyou hajimete kanojo to au koto ni narimasu. Dokidoki.
    Aku akan menemuinya untuk pertama kalinya hari ini. Deg-degan. 

  • 太一くんと話すときはドキドキ した。
    Taichi-kun to hanasu toki wa dokidoki shita.
    Aku deg-degan saat berbicara dengan Taichi-kun. 

  • 今日は決勝戦だ。 ドキドキして。
    Kyou wa kesshousen da. Dokidoki shite.
    Hari ini adalah finalnya. Deg-degan. 

Nah, demikianlah pembahas tentang kata bahasa Jepang dokidoki yang artinya “deg-degan” atau “berdebar-debar”. Pelajari lebih banyak tentang onomatope dalam bahasa Jepang dan penggunaannya di kelas bahasa Jepang online dari Cakap, yuk! Daftar sekarang untuk resolusi tahun 2023-mu! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • studyjapan.jp
  • wkwkjapan.com

Baca juga:

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.