10 Contoh Frasa Bahasa Mandarin Dasar yang Penting untuk Dihafal

contoh-frasa-bahasa-mandarin

Setelah sebelumnya belajar tentang beberapa kelas kata dalam bahasa Mandarin, seperti kata kerja dan kata sifat, sekarang saatnya beralih pada materi yang satu tingkat lebih tinggi dari kelas kata, yaitu frasa. Frasa sendiri merupakan gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif. Yuk, cari tahu frasa fundamental apa saja yang bisa kamu hafal dalam bahasa Mandarin!

10 Contoh Frasa Bahasa Mandarin

 

frasa-bahasa-mandarin
Photo from Pexels

Berikut ini ada 10 contoh frasa bahasa Mandarin yang bisa menambah hafalan bahasa Mandarinmu. Frasa-frasa ini merupakan frasa yang sering ditemui dalam dialog sosial sehari-hari. Apa saja ya kira-kira?

Apa kabar?


Ini adalah contoh frasa bahasa Mandarin paling dasar. Biasanya setiap percakapan akan dimulai dengan “halo”, lalu disusul dengan “apa kabar?”. Dalam bahasa Mandarin, kamu bisa menanyakan apa kabar? Menggunakan frasa “你 好 吗?Nǐ hǎo ma?”

Kamu berasal dari mana?


Next
ada frasa yang umum digunakan saat bertemu dengan orang baru (khususnya jika berbeda daerah atau negara asal). Untuk menanyakan daerah asalnya, kamu bisa menggunakan frasa 你 是 从 哪 里 来 的?(Nǐ shì cóng nǎ lǐ lái de?).

Apakah kamu bisa berbicara bahasa Inggris?


Sebagai bahasa internasional, bahasa Inggris digunakan oleh masyarakat global. Sehingga, saat kamu bertemu dengan orang asing yang tentu memiliki perbedaan bahasa, kamu bisa bertanya apakah orang tersebut bisa berbahasa Inggris menggunakan frasa bahasa Mandarin berikut, 你 会 说 英 语 吗?
(nǐ huì shuō yīng yǔ ma?).

Daftar Cakap Sekarang, Dapatkan Kelas Bahasa Mandarin Gratis

Di mana toilet?


Salah satu frasa krusial yang harus dihafal saat sedang pergi berjalan-jalan jauh dari rumah adalah menanyakan arah dan toilet. Dalam bahasa Mandarin, untuk menanyakan “di mana toilet?” kamu bisa mengatakan 厕 所 在 哪 里? (Cè suǒ zài nǎ lǐ?).

Saya tidak mengerti


Ketika kamu ingin mengatakan ketidakpahaman atau ketidaktahuan akan sesuatu saat berbicara dengan lawan bicara, jangan takut untuk mengatakannya. Kamu bisa menggunakan frasa bahasa Mandarin 我 听 不 懂
(wǒ tīng bù dǒng) untuk mengatakan “saya tidak mengerti”.

Jam berapa sekarang?


Contoh frasa dalam bahasa Mandarin selanjutnya berkaitan dengan waktu. Frasa ini sangat penting, terlebih jika kamu tidak membawa jam tangan atau ponsel. Jika kamu ingin menanyakan “permisi tanya, jam berapa sekarang?” kamu bisa mengatakan
请 问 现 在 几 点  了? (Qǐng wèn xiàn zài jǐ diǎn le?).

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Berapa Harganya?


Dialog yang memungkinkan dalam frasa ini biasanya ketika sedang berada dalam pusat perbelanjaan. Untuk menanyakan harga dalam bahasa Mandarin, kamu bisa menggunakan frasa berikut;
这 个 多 少 钱? (Zhè gè duō shǎo qián?).

Saya suka…


Untuk mengekspresikan rasa suka terhadap sesuatu dalam bahasa Mandarin, kamu bisa mengawalinya dengan contoh frasa berikut, 我 喜 欢… (Wǒ xǐ huān…), kemudian isi titik-titik dengan hal yang kamu sukai.

Saya harus pergi ke…


Dalam bahasa Mandarin, untuk mengatakan “Saya harus pergi ke…” kamu bisa menggunakan frasa 我 必 须 去…(Wǒ bì xū qù…). Kamu bisa menggunakan frasa “Saya harus pergi ke…” untuk menanyakan tempat atau untuk memberitahu seseorang bahwa kamu akan pergi ke suatu tempat. Kemudian isi bagian titik-titik dengan nama tempat yang kamu tuju. 

Apa yang bisa saya bantu?


Yang terakhir adalah frasa yang biasa digunakan untuk menawarkan bantuan. Jika kamu ingin membantu seseorang, maka tanyakan dulu “Apa yang bisa kamu bantu” menggunakan frasa bahasa Mandarin ini 我 该 如 何 帮 助?(Wǒ gāi rú hé bāng zhù?)

So, that’s it 10 contoh frasa fundamental dalam bahasa Mandarin yang penting untuk dihafal.

yuk, belajar bahasa Mandarin lagi! Kali ini belajarnya lebih lengkap dan lebih seru. Bersama dengan teachers professional, kamu bisa meningkatkan skill bahasa Mandarin. Caranya gimana? Gampang banget! Langsung aja daftarkan dirimu di kursus bahasa Mandarin online Cakap dan mulai petualanganmu belajar bahasa Mandarin dari sekarang.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.