Edisi Pertama Cakap Teachers’ Corner 2023

Cakap teacher's corner

Di awal tahun 2023, Cakap kembali membuka salah satu program terbarunya, yaitu Cakap Teachers’ Corner. Acara pembukaan edisi pertama Cakap Teachers’ Corner digelar pada 12 Januari 2023 lalu. Selain dihadiri langsung oleh CEO & Co-founder Cakap, Tomy Yunus, acara ini juga dihadiri oleh Gita Wirjawan, yang mengungkapkan pendapatnya seputar tenaga pendidik atau edukator. 

Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu lebih lanjut tentang dengan program ini, yuk baca rangkuman selengkapnya seputar keseruan pembukaan Cakap Teachers’ Corner 2023 di sini!

Cakap Teachers’ Corner 2023

Cakap Teachers’ Corner adalah suatu program yang bertujuan sebagai ruang untuk menambah value, menjalin silaturahmi, dan sebagai tempat berbagi ilmu. Lewat acara ini, kami berharap agar Cakap dapat menjadi episentrum pemberdaya guru yang dapat memimpin pendidikan di Indonesia menuju taraf yang lebih maju lagi.

Pada momen pembukaan Cakap Teachers’ Corner 2023, ada beberapa rangkaian kegiatan menarik dan penuh motivasi. Acara dibuka dengan sambutan dari dari CEO & Co-founder Cakap, Tomy Yunus yang menyoroti bahwa guru memiliki peran penting sebagai citra dan wajah Cakap. Lalu, dilanjutkan dengan sesi sharing bersama Pak Gita Wirjawan, yang menyajikan sesi diskusi yang super menginspirasi seputar pendidikan dan peran pendidik yang bisa dipetik.

Pembukaan Cakap Teachers’ Corner oleh CEO Cakap

Acara pembukaan Cakap Teachers’ Corner 2023 diawali dengan sambutan yang diisi langsung oleh CEO & Co-founder Cakap, Tomy Yunus. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan mengenai bagaimana pentingnya peran guru dalam perjalanan Cakap dan hidupnya. Meskipun zaman sekarang ada banyak teknologi, seperti implementing AI, Machine Learning, Metaverse, tapi menurut beliau itu semua hanyalah sebuah tools, yang dibuat sebagai solusi untuk membantu pekerjaan guru. Tools-tools tersebut tidak bisa menggantikan peran guru.

Tomy Yunus juga membagikan pengalamannya ketika belajar bahasa asing. Menurut beliau, belajar secara langsung melalui diskusi itu sangat menarik dan terasa lebih ideal. 80% ilmu yang diserap, didapatkan melalui interaksi secara langsung dengan guru/teacher. Maka dari itu, beliau berharap agar relationship yang real antara guru dan murid benar-benar terjadi. “Saya harap teman-teman educator, teman-teman teacher juga tetap mengedepankan relationship antara teacher dan student karena itu yang membuat kita bisa maju terus sampai sekarang”, ujarnya.

Di akhir sambutannya, Tomy Yunus juga menyampaikan harapannya agar Cakap teacher dan Cakap  education dapat menjadi regional dan national standard. Jadi ke depannya, Cakap teacher itu bisa strong in teknologi dan juga punya growth mindset.

Sesi Sharing bersama Gita Wirjawan

Setelah sesi opening oleh Tomy Yunus selaku CEO Cakap, acara pembukaan Cakap Teachers’ Corner selanjutnya adalah sesi sharing bersama Gita Wirjawan. 

Ada banyak hal menarik selama sesi sharing berlangsung, mulai dari cerita awal mula Gita Wirjawan tertarik menjadi edukator hingga pendapat beliau mengenai personalize teaching yang bagus dan tepat.

Beliau mengatakan bahwa menjadi seorang educator adalah bagian dari proses diversifikasi yang dampaknya luar biasa besarnya bagi banyak orang. Tenaga pendidik yang baik adalah ia yang mengerti apa yang harus disampaikan dan dikomunikasikan pada murid-muridnya. Beliau juga menambahkan bahwa seorang guru harus lebih banyak lagi membaca dan jangan pernah malu mengakui ketika salah.

Gita Wirjawan menutup sesi sharing dengan menjawab pertanyaan yang luar biasa mengenai personalize teaching yang bagus dan tepat. Menurut pendapat pribadinya, beliau lebih suka situasi mengajar yang aktif dan dipenuhi dengan banyak pertanyaan. Dari situ para pengajar bisa mengukur sejauh mana pemahaman murid dari cara mereka bertanya. Beliau juga menambahkan jika para siswa  bisa berdebat dan menjelaskan konsep ke siswa lainnya, maka pembelajaran sudah maju ke next level.

Demikianlah rangkuman selengkapnya seputar edisi pertama Cakap Teachers’ Corner 2023. Untuk kamu yang tertarik dengan program ini, nantikan terus informasi lebih lanjutnya ya, Sobat Cakap!

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.