Mengenal Istilah Metaverse, Dunia Virtual dengan Ruang yang Persistent

apa itu metaverse

Apa pendapatmu tentang sebuah dunia virtual yang dikembangkan? Kecanggihan dunia teknologi, membuat banyak perusahaan besar terus melakukan improvisasi dan pengembangan-pengembangan yang sangat luar biasa. Salah satu yang cukup mengguncangkan fokus dunia adalah project metaverse. 

Belum lama ini, metaverse menjadi topik yang sedang hangat dan merajai trending di Google. Bagaimana tidak mencuri perhatian, project metaverse ini dibangun oleh 6 perusahaan raksasa teknologi, yaitu Google, Facebook (Meta), Microsoft, Binance, Epic Games, dan Tencent. Lantas sebenarnya apa itu metaverse? Temukan jawabannya di sini!

Istilah Metaverse

apa itu metaverse
Photo from Freepik

Bagi beberapa orang, istilah metaverse bukanlah sesuatu yang baru. Konsep dari metaverse sendiri pertama kali dikenalkan oleh Neal Stephenson pada tahun 1992 dalam novel yang berjudul Snow Crash. Istilah ini kian mencuat dan makin populer semenjak Mark Zuckerberg, CEO Facebook membicarakan dan mengumumkan bahwa ia telah mengubah istilah Facebook menjadi Meta.

Melansir dari New Scientist, istilah metaverse sendiri merupakan gabungan dari dua kata, yaitu meta dan verse dari universe. Kata meta sendiri berarti “di luar” dan universe berarti “alam semesta”. Sesuai dengan namanya, istilah metaverse digunakan untuk menggambarkan konsep interaksi internet di masa depan, di mana nantinya ada ruang virtual 3D yang persisten dan kemudian dihubungkan dengan dunia virtual yang bisa kamu masuki dan bisa dirasakan.

Singkatnya, metaverse ini merupakan seperangkat ruang virtual yang bisa dimasuki dan dijelajahi para pengguna internet tanpa saling bertemu secara fisik.

Karakteristik Metaverse

apa itu metaverse
Photo from Unsplash

Ada beberapa hal yang jika kamu mengingatnya, maka akan mengacu fokusmu pada metaverse. Apa saja kira-kira karakteristik dasarnya? Simak ulasan berikut!

Persistent

Karakteristik pertama yang paling menggambarkan metaverse adalah persistent atau terus-menerus, berkesinambungan. Tidak ada yang namanya reset, jeda, dan akhir.

Real-time

Peristiwa yang terjadi di ruang metaverse didesain dengan virtual world 3 dimension, tetapi di ruang tersebut kamu bisa merasakan pengalaman secara real-time di lho, Sobat Cakap!

Jembatan Dunia Virtual dan Dunia Nyata

Teknologi yang dikembangkan dalam project metaverse ini akan menjadi penghubung antara dunia virtual dan dunia nyata melalui tautan koordinat grafis yang sebenarnya.

Virtual Reality dan Augmented Reality

apa itu metaverse
Photo from Freepik

Dalam cara kerjanya, metaverse menggabungkan beberapa teknologi sekaligus, yakni media sosial, game online, cryptocurrencies, Virtual Reality (VR), dan Augmented Reality (AR). dua teknologi yang disebut diakhir, memegang peran paling penting dalam metaverse ini. Keduanya saling melengkapi dan berjalan dalam fungsinya masing-masing.

Virtual Reality berfungsi sebagai instrumen yang menghadirkan dunia virtual secara visual. Sehingga nantinya para pengguna akan merasakan dan menyaksikan aspek visual dari metaverse yang mendekati kenyataan.

Sedangkan Augmented Reality berfungsi untuk menghadirkan audio dan sensorik. Dengan adanya kedua fitur tersebut maka para pengguna dapat berinteraksi secara langsung.

Dunia semakin menunjukan puncak kemajuannya. Banyak hal canggih yang selalu muncul di ranah digital teknologi.

Itu dia pengertian dari istilah metaverse dan penjelasan mengenai karakteristik serta teknologi yang berperan penting dalam metaverse.

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.