Belajar Bentuk Plural atau Jamak dalam Bahasa Inggris

Belajar Bentuk Plural atau Jamak dalam Bahasa Inggris, Yuk!

Pembentukan kata tunggal menjadi sebuah bentuk jamak atau plural merupakan sesuatu yang lumrah terjadi dalam sebuah bahasa. Hanya saja, dalam setiap bahasa mungkin memiliki struktur pembentukan yang berbeda. Sebelum membahas jauh ke depan, kamu harus mengetahui terlebih dahulu dasar atau arti dari ‘plural’ itu sendiri. Lantas, apakah plural artinya hanya sebatas ‘jamak’ saja? 

Dalam artikel ini, kamu tidak hanya akan berkenalan dengan arti dari kata ‘plural’ saja. Lebih jauh dari itu, akan ada beberapa bentuk plural noun yang sangat penting untuk diketahui dan dipelajari. So, check it out!  

Apa itu Plural?

Seperti yang disebutkan di atas, plural artinya jamak atau lebih dari satu. Pluar biasa digunakan untuk menyebutkan suatu hal yang jumlahnya lebih dari satu atau banyak. Pada umumnya bentuk-bentuk plural yang banyak ditemui adalah bentuk yang dibubuhi dengan akhiran ‘-s’ dan ‘-es’.

Penggunaan ‘plural’ dalam bahasa Inggris sedikit berbeda dengan penggunaanya dalam bahasa Indonesia. Dalam bahasa Inggris, bentuk sebuah kata bisa menjadi plural hanya dengan tambahan sufiks yang terdiri dari beberapa huruf saja. Sedangkan dalam bahasa Indonesia untuk membentuk kepluralan sebuah benda, biasanya dibarengi dengan angka, modals, atau reduplikasi. 

Setelah mengetahui bahwa plural artinya jamak, maka selanjutnya adalah pembahasan mengenai bentuk-bentuk plural itu sendiri. Simak penjelasan di bawah ini!

Kata Benda Bentuk Plural ‘Reguler’

Kata benda bentuk plural atau bisa juga disebut dengan plural noun merupakan kata benda yang digunakan untuk menyatakan bahwa benda tersebut lebih dari satu. Reguler sendiri memiliki arti teratur (beraturan) atau tetap. Kata benda bentuk plural regular ini memiliki tiga akhiran yang selalu mengikuti kata dasarnya, yaitu ‘-s’, ‘-es’, dan ‘–i’. 

Akhiran ‘-s’

Bentuk yang paling sering ditemui atau mungkin paling banyak diketahui untuk membentuk kepluralan adalah akhiran ‘-s’. Dengan menambahkan huruf ‘s’ diakhir kata dasar yang bermakna tunggal, maka kata tersebut secara otomatis akan menjadi plural. Hal yang perlu digaris bawahi di sini ialah penggunaan akhiran ‘-s’ berbeda dengan penggunaan apostrophe ‘s (yang menunjukkan kepemilikan). Perhatikan contoh berikut:

Tunggal

Plural

Cat

Cats

Clock

Clocks

Flower

Flowers

Pen

Pens

Ant

Ants

Catatan: Bentuk plural dengan akhiran ‘-s’ biasanya digunakan untuk membentuk makna jamak dalam kata yang berakhiran ‘th, ph, o, f, fe, on’. Seperti contoh kata di bawah ini.

Singular

Plural

Mouth

Mouths

Roof

Roofs

Piano

Pianos

Choreograph

Choreograph

Kursus Bahasa Inggris di Cakap, Belajar Bisa di Mana Saja!

Akhiran ‘-es’

Akhiran ‘-es’ hanya bisa digunakan untuk membuat bentuk plural pada kata benda tunggal yang diakhiri dengan huruf ‘s, x, z, sh, is, y, atau ch’. Perhatikan contoh berikut ini:

Singular

Plural

Brush

Brushes

Box 

Boxes

Sky

Skyes

Chruch

Chruches

Grass

Grasses

Buz

Buzzez

Oasis

Oases

Catatan: Kata benda tunggal yang diakhiri huruf ‘y’ tidak selalu diberi imbuhan ‘-es’ untuk menyatakan kejamakannya. Ada pula yang menggunakan akhiran ‘-s’.

Akhiran ‘-i‘

Bentuk terakhir dari regular plural noun adalah akhiran ‘-i’. Kata benda yang menggunakan akhiran ‘-i’ ini hanya kata benda tunggal yang diakhiri dengan ‘us’. Perhatikan contoh berikut ini:

Singular

Plural

Cactus

Cacti

Fungus

Fungi

Stimulus 

Stimuli

Kata Benda Bentuk Plural ‘Irreguler’

Setelah membahas reguler dan plural artinya apa, sekarang saatnya untuk mengetahui bentuk irregulernya. Dalam bahasa Inggris terdapat beberapa kosakata kata benda yang bentuk pluralnya tidak beraturan. Beberapa kosakata tersebut seperti yang terlihat di bawah ini:

Singular

Plural

Mouse

Mice

Man

Men

Woman

Women

Child

Children

Foot

Feet

Louse

Lice

Tooth

Teeth

Kata Benda Bentuk Plural Lainnya

Selain materi mengenai plural artinya apa dan bagaimana bentuk-bentuknya, ada beberapa kata benda plural yang memiliki bentuk lain. Perhatikan penjelasan berikut ini:

Memiliki Bentuk Tunggal dan Jamak Sama

Terdapat beberapa kosakata yang bentuk tunggal dan pluralnya tidak ada beda atau bisa dikatakan bahwa bentuk plural dari kata tunggalnya tidak berubah sama sekali. Berikut contohnya: 

Singular

Plural

Fish

Fish

Species

Species

Tidak Memiliki Bentuk Tunggal

Beberapa kata benda tergolong dalam bentuk plural secara alamiah. Singkatnya, kata tersebut tidak memiliki bentuk tunggal karena bentuknya selalu plural. Berikut contoh kosakata-kosakatanya:

Singular

Plural

Jeans

Jeans

Pants

Pants

Scissors

Scissors

Ini Cara Belajar Bahasa Inggris dari Rumah!

Tidak Memiliki Bentuk Plural

Selain ada kata benda yang tidak memiliki bentuk tunggal, ada pula kata benda yang justru tidak memiliki bentuk plural. Hal ini disebabkan karena kelompok dari kata benda ini tergolong dalam uncountable noun atau benda yang tidak bisa dihitung. Perhatikan contoh kata berikut:

Singular

Plural

Love

Love

Money

Money

Sugar

Sugar

Well Sobat Cakap, sekarang sudah tahunkan plural artinya apa? Lebih dari itu, kalian juga sudah mendapat pemahaman yang lebih detail mengenai bentuk plural dalam bahasa Inggris.

Buat kamu yang masih haus dan ingin tahu lebih banyak materi tentang bahasa Inggris, kamu bisa daftar belajar Bahasa Inggris online di Cakap. Di sana, kamu bisa bertanya dan menemukan jawaban-jawaban yang memuaskan. Didampingi teacher yang profesional dan mumpuni, kamu bisa belajar bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Segera daftarkan dirimu di Cakap ya!  

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks