10 Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik untuk Pemula

aplikasi belajar bahasa jepang
Image by katemangostar on Freepik

Saat ini Sobat Cakap sudah bisa belajar bahasa Jepang secara otodidak dengan berbagai aplikasi pendukung. Aplikasi-aplikasi ini bisa menjadi pendukung, mulai dari tata bahasa, kosakata, hingga percakapan. Berikut adalah 10 aplikasi belajar bahasa Jepang yang bisa mendukung pembelajaranmu. 

Table of Contents

10 Rekomendasi Aplikasi Belajar Bahasa Jepang Terbaik 

1. Renshuu (Android)

Aplikasi ini membantu kamu untuk belajar bahasa Jepang secara keseluruhan. Kamu bisa belajar mulai dari kosakata, tata bahasa, hingga kanji. Aplikasi ini juga menyediakan kuis untuk untuk menguji proses dan pencapaianmu dalam belajar. Sobat Cakap yang ingin punya satu aplikasi untuk belajar semua aspek bahasa Jepang, kamu bisa menggunakan Renshuu. 

2. Busuu (Android, iOS)

Busuu menyediakan pembelajaran bahasa Jepang yang cukup lengkap, mulai dari tata bahasa hingga percakapan. Busuu cocok untuk pembelajaran singkat namun menyeluruh dalam berbagai aspek pembelajaran bahasa Jepang. Meskipun singkat, pembelajaran yang tersedia di aplikasi ini cukup lengkap dan efisien untuk pemula. 

3. LingoDeer (Android, iOS)

Bagi Sobat Cakap yang mengedepankan pembelajaran yang terstruktur untuk tingkat pemula hingga menengah, kamu bisa menggunakan aplikasi LingoDeer. Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini akan memberikan penjelasan yang detail mengenai poin tata bahasa dan konteks dalam kalimat. 

Sudah Tahu Level Bahasa Jepangmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

4. Bunpo (Android, iOS) 

Bunpo adalah aplikasi terbaik bagi Sobat Cakap yang ingin belajar tata bahasa Jepang untuk persiapan JLPT (Japanese Language Proficiency Test). Selain menyediakan kamus tata bahasa, Bunpo juga menyediakan berbagai kuis untuk aspek lainnya seperti mendengarkan, membaca, dan menulis. 

5. Anki (Android, iOS)

Jika hanya ingin berfokus pada kosakata bahasa Jepang, kamu bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang Anki. Aplikasi ini menyediakan flashcard klasik yang dapat membantumu dalam menghafal kosakata bahasa Jepang dengan lebih mudah. Aplikasi ini juga cocok untuk kamu yang ingin menghafal kanji dan penggunaannya. 

6. Duolingo (Android, iOS) 

Siapa sih yang nggak kenal dengan aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini. Tidak hanya bahasa Jepang, Duolingo juga menyediakan pembelajaran bahasa asing lainnya untuk berbagai tingkat kemampuan. Aplikasi ini akan membuatmu lebih bersemangat untuk belajar bahasa asing karena ada latihan, kuis, dan apresiasi untuk pencapaian. 

7. Drops (Android, iOS)

Apakah Sobat Cakap satu diantara mereka yang hobi bermain game tetapi sering merasa bersalah karena banyak waktu terbuang sia-sia? Jika iya, Sobat Cakap bisa mencoba belajar bahasa Jepang dengan aplikasi Drops konsepnya adalah belajar sambil bermain. Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini bisa jadi “suplemen” untuk bahan belajarmu. 

Makin Gampang Belajar Bahasa Jepang, Daftar Cakap Sekarang!

8. Memrise (Android, iOS)

Aplikasi belajar bahasa Jepang yang satu ini akan sangat berguna jika tujuanmu belajar bahasa Jepang adalah karena akan pergi ke Jepang. Memrise adalah aplikasi yang menggunakan pendekatan visual untuk belajar bahasa. Kamu akan menemukan banyak permainan sehingga belajar akan jauh lebih menyenangkan. 

9. HelloTalk (Android, iOS)

Sudah bukan rahasia lagi kalau rahasia fasih bahasa asing adalah learning by doing. Bagi Sobat Cakap yang ingin berbicara langsung dengan penutur asli bahasa Jepang, kamu bisa menggunakan HelloTalk. Kamu bisa terhubung dengan chat maupun berbicara dengan menggunakan pesan suara melalui aplikasi belajar bahasa Jepang ini. 

10. Tandem (Android, iOS)

Mirip dengan HelloTalk, kamu bisa belajar bahasa Jepang dengan praktik langsung bicara dengan penutur asli. Tidak hanya bisa berkirim pesan dan pesan suara, kamu juga bisa juga bisa melakukan panggilan baik video maupun audio. Aplikasi ini terbilang cocok untuk kamu yang ingin punya pengalaman bicara langsung dengan penutur asli. 

Belajar Bahasa Jepang di Cakap

Selain kesepuluh aplikasi di atas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa Jepang Cakap, lho. Cakap adalah aplikasi belajar bahasa Jepang yang menghubungkan pemelajar secara langsung dengan pengajar bahasa Jepang profesional. Kamu akan mendapatkan kursus yang lebih terstruktur yang akan diajarkan dan dievaluasi langsung oleh guru. Selain itu, kamu juga bisa menentukan sendiri jadwal belajar dan juga guru yang paling cocok denganmu. 

Kamu bisa mengunduh aplikasi Cakap di App Store maupun Play Store dan mendaftarkan diri untuk mengikuti kursus bahasa Jepang. Daftar sekarang, yuk! #SiapaCakapDiaDapat

Referensi: 

  • fluentu.com
  • blog.gaijinpot.com

Baca juga: 

Hilda
Lulusan Sastra Jepang dengan 4 tahun pengalaman menulis kreatif, terutama di bidang edukasi. Senang mencari tahu dan menjelaskannya kembali lewat tulisan.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Jepang Untuk Bisa Berkarir di Perusahaan Global

Keuntungan berbahasa Jepang:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat