Contoh Menu Ala Carte serta Perbedaannya dengan Buffet

ala carte

Tahukah Sobat Cakap bahwa hotel dan restoran memiliki sistem menu yang berbeda? Ada penyajian dengan sistem buffet, table d’hote, dan ada pula yang disebut dengan ala carte. Menu ala carte adalah menu yang umum digunakan meskipun terkadang kita tidak menyadarinya. Yuk, bahas lebih lanjut tentang ala carte!

Table of Contents

Apa Itu Ala Carte

À la carte atau menu ala carte adalah istilah dalam industri makanan dan minuman untuk menggambarkan sistem penjualan yang dihargai secara terpisah. Artinya, pelanggan dapat memilih sendiri makanan dan minuman yang ingin dipesan secara terpisah, tanpa terikat dalam paket makanan atau set menu. 

Sistem ala carte biasanya digunakan di restoran, hotel, dan tempat-tempat lain yang menyajikan makanan kepada pelanggan. Biasanya, restoran atau tempat lain yang menggunakan sistem ala carte akan memiliki menu yang mencantumkan harga masing-masing item makanan dan minuman yang tersedia. 

Kata à la carte adalah istilah pinjaman dari bahasa Prancis yang artinya adalah “according to the card” atau “sesuai menu”. Sistem ini merupakan kebalikan dari table d’hôte yang artinya “the host’s table” atau “meja tuan rumah”. Table d’hote sendiri adalah sistem restoran di mana makanan multi-course disajikan dalam paket tertentu dalam harga pas. 

Karakteristik Menu Ala Carte

Menu ala carte adalah daftar makanan dan minuman yang tersedia untuk dipesan secara terpisah oleh pelanggan dalam sistem ala carte. Berikut ini adalah beberapa karakteristik menu ala carte:

  1. Memiliki pilihan makanan dan minuman yang beragam;
  2. Setiap item dihargai secara terpisah dan bukan merupakan bagian dari set tertentu;
  3. Penulisan pada menu biasanya disertai deskripsi, mulai dari bahan yang digunakan hingga cara memasak;
  4. Ada kategorisasi makanan, yaitu makanan pembuka (appetizer), makanan utama (main-course), dan makanan penutup (dessert);
  5. Terdapat pilihan minuman mulai dari air mineral, jus, hingga minuman beralkohol; 
  6. Tersedia menu tambahan (add-on) seperti topping untuk makanan dan minuman.  
  7. Umumnya makanan baru dimasak setelah dipesan sehingga memakan waktu penyajian yang lebih lama. 

perbedaan buffet dan ala carte
Photo by Wendy Wei

Perbedaan Buffet dan Ala Carte

Di Indonesia, sistem penyajian makanan ala carte sering dibandingkan dengan buffet karena keduanya lebih umum ditemukan. Beberapa perbedaan buffet dan ala carte adalah sebagai berikut:

1. Pemilihan makanan 

Sistem ala carte memungkinkan pelanggan memilih makanan yang ingin dipesan dari menu yang tersedia. Sedangkan dalam sistem buffet, pelanggan dapat memilih makanan yang ingin dipesan dari display atau bar makanan yang tersedia.

2. Cara pembayaran 

Dalam sistem ala carte, pelanggan membayar untuk setiap item makanan yang dipilih secara terpisah. Sedangkan dalam sistem buffet, pelanggan membayar dengan harga tunai atau harga paket untuk mengakses semua makanan yang tersedia.

3. Pilihan makanan

Sistem ala carte biasanya menawarkan pilihan makanan yang lebih terbatas karena harus dipesan dan terkadang dimasak terlebih dahulu. Sistem buffet menawarkan lebih banyak pilihan makanan karena makanan tersedia secara terbuka untuk dipilih oleh pelanggan.

4. Penyajian makanan

Makanan disajikan secara individual kepada pelanggan dalam sistem ala carte. Sedangkan dalam sistem buffet, makanan tersedia dalam display atau bar makanan terbuka yang dapat dipilih dan diambil langsung oleh pelanggan. 

5. Interaksi dengan pelayan

Pada sistem ala carte, pelanggan biasanya akan berinteraksi dengan pelayan untuk memesan makanan dan minuman. Sedangkan dalam sistem buffet, pelanggan dapat memilih makanan sendiri tanpa perlu berinteraksi dengan pelayan.

Contoh Menu Ala Carte

Sobat Cakap mungkin masih bertanya-tanya seperti apa sih tampilan menu ala carte, meskipun sebenarnya pasti sudah tidak asing lagi. Berikut ini adalah contoh menu ala carte yang mungkin sudah sering kamu lihat di restoran, bahkan di aplikasi pemesanan makanan:

Makanan pembuka:

  • Salad Caesar: salad daun lettuce, parmesan, crouton, dan dressing Caesar. Harga: Rp25.000
  • Soup of the day: sup harian dengan bahan-bahan yang bervariasi. Harga: Rp20.000

Makanan utama:

  • Beef Stroganoff: daging sapi panggang dengan saus krim dan jamur, disajikan dengan nasi atau kentang tumbuk. Harga: Rp75.000
  • Grilled Chicken: ayam panggang dengan saus barbeque dan sayuran segar, disajikan dengan nasi atau kentang tumbuk. Harga: Rp65.000

Makanan penutup:

  • Chocolate lava cake: kue coklat dengan lava coklat di dalamnya, disajikan dengan es krim vanilla. Harga: Rp35.000
  • Cheesecake: kue keju dengan biskuit keju dan saus stroberi. Harga: Rp30.000

Minuman:

  • Air mineral. Harga: Rp15.000
  • Jus jeruk. Harga: Rp20.000
  • Kopi: Harga: Rp15.000

Tambahan:

  • Keju mozarella (makanan). Harga Rp20.000
  • Susu (minuman). Harga Rp10.000

Tampak familiar bukan? Nah, demikianlah pembahasan mengenai menu ala carte yang sering kita temui di restoran. Semoga memberi memberi pencerahan bagi Sobat Cakap yang masih suka bertanya-tanya tentang istilah tersebut, ya! 

Referensi:

  • hotelier.id

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.