Cakap, Top Choice Learning Platform.   Download Cakap  
Cakap, Top Choice Learning Platform

Pendaftaran CPNS/CASN 2024: Syarat, Berkas, dan Cara Daftar

cara mendaftar cpns 2024
Image by jannoon028 on Freepik

Siapa di sini yang sudah berencana untuk mengikuti seleksi CPNS/CASN 2024 ini? Kali ini Cakap akan berbagi informasi CPNS/CASN mulai dari syarat, persiapan berkas, hingga cara mendaftar CPNS/CASN untuk seleksi administrasi. Yuk, baca selengkapnya biar kamu nggak ketinggalan! 

Table of Contents

Syarat Pendaftaran CPNS/CASN 2024

Sebelum mendaftar CPNS/CASN tahun ini, kamu wajib banget mengetahui terlebih dahulu mengenai syarat pendaftaran dan juga berkas-berkas yang dibutuhkan. 

Peraturan mengenai persyaratan pendaftaran CPNS/CASN tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) No. 11 Tahun 2017, yaitu:

  1. Usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun ketika melamar;
  2. Tidak pernah dipidana dengan pidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah mempunyai kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana dengan pidana penjara dua tahun atau lebih;
  3. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS, prajurit TNI, anggota Polri, atau diberhentikan tidak hormat sebagai pegawai swasta
  4. Tidak berkedudukan sebagai calon PNS, PNS, prajurit TNI, atau anggota Polri;
  5. Tidak menjadi anggota atau pengurus partai politik atau terlibat politik praktis;
  6. Memiliki kualifikasi pendidikan sesuai dengan persyaratan yang dilamar;
  7. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI atau negara lain yang ditentukan oleh instansi pemerintah;
  8. Persyaratan lain sesuai kebutuhan jabatan lain yang ditetapkan oleh PPK.

Perlu diingat bahwa setiap instansi memiliki persyaratan khusus masing-masing, sehingga harus kamu cari tahu langsung dari instansi terkait. 

Berkas untuk Seleksi Administrasi CPNS/CASN 2024

Berikut adalah berkas-berkas yang kamu butuhkan untuk mendaftar CPNS/CASN. Berkas-berkas dibutuh untuk tahap seleksi awal yaitu seleksi administrasi. 

  1. Ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir.
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  3. Surat Lamaran yang ditujukan kepada instansi yang dilamar.
  4. Pas foto terbaru dengan ukuran dan format sesuai ketentuan.
  5. Surat Pernyataan yang menunjukkan tidak pernah dihukum penjara, tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat dari PNS/TNI/Polri, tidak sedang menjadi anggota atau pengurus partai politik, dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.
  6. Surat keterangan sehat dari dokter
  7. Surat keterangan bebas narkoba
  8. Izin tertulis dari instansi terkait jika sedang menjalani pendidikan formal. 
  9. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang menunjukkan tidak memiliki catatan kriminal.
  10. Persyaratan khusus: Setiap instansi atau formasi mungkin memiliki persyaratan khusus lainnya, seperti sertifikasi tertentu atau pengalaman kerja di bidang terkait.

Cara Mendaftar CPNS/CASN 2024

Berikut adalah langkah-langkah mendaftar CPNS/CASN 2024. 

1. Akses Portal SSCASN

Pendaftaran CPNS/CASN tahun 2024 dibuka melalui portal khusus Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di https://sscasn.bkn.go.id 

2. Buat Akun SSCASN

Pilih menu “Registrasi” dan lengkapi data yang diminta seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu Keluarga (KK), email aktif, dan No. Handphone. Pastikan data yang dimasukkan sudah benar dan sesuai dengan yang diminta. 

3. Login ke Akun SSCASN

Setelah registrasi berhasil, kamu bisa login ke portal SSCASN dengan menggunakan NIK dan kata sandi yang sebelumnya dibuat. 

4. Pilih Formasi

Pilih instansi dan formasi yang dibuka berdasarkan latar belakang pendidikan dan minat. Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku untuk instansi dan formasi tersebut. 

5. Unggah Dokumen

Isi data yang dibutuhkan secara lengkap dan sesuai dengan dokumen resmi yang dimiliki. Unggah dokumen-dokumen yang diminta seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, SKCK, surat keterangan sehat, dan dokumen pendukung lainnya dalam format yang sudah ditentukan. 

6. Submit Pendaftaran

Pastikan kembali semua data yang dokumen yang diunggah sudah benar sebelum melakukan submit pendaftaran. Klik “Submit” untuk mengirimkan pendaftaran. 

7. Cetak Kartu Informasi Akun

Setelah pendaftaran berhasil, cetak Kartu Informasi Akun sebagai bukti bahwa kamu sudah terdaftar. Kartu ini akan dibutuhkan untuk proses seleksi selanjutnya. 

8. Tahapan Seleksi

Pantau selalu pengumuman mengenai hasil seleksi administrasi melalui portal SSCASN atau situs resmi instansi yang kamu lamar. Jika dinyatakan lolos seleksi administrasi, kamu akan mengikuti rangkaian seleksi yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Pengumuman hasil akhir akan diumumkan melalui portal SSCASN dan situs resmi instansi. 

Sertifikat Bahasa Inggris untuk Seleksi Administrasi CPNS

Beberapa instansi memiliki persyaratan khusus berupa sertifikat TOEFL untuk membuktikan kemahiranmu dalam berbahasa Inggris. Kabar baiknya, beberapa instansi membolehkan pelamar untuk melampirkan sertifikat Prediction TOEFL atau setara. 

Cakap English Standardized Test (CEST) adalah tes kecakapan dan sertifikasi bahasa Inggris berupa TOEFL iBT Prediction yang setara dengan tes standar internasional. Sistem tes bahasa Inggris ini dirancang oleh tim kurikulum Cakap yang dapat mengevaluasi keterampilan berbahasa secara komprehensif. 

Struktur Tes CEST

Sama seperti tes TOEFL sebenarnya, CEST terdiri dari 4 struktur tes yang mencakup empat kompetensi dasar, yaitu:

  • Listening (15 soal, 30 menit)
  • Structure (30 soal, 3 menit)
  • Reading (3 soal, 50 menit) 
  • Speaking (4 soal, 6 menit)
  • Writing (3 soal, 11 menit)

Keunggulan CEST dari Cakap

  • Tes secara online yang dapat diikuti dari berbagai lokasi
  • Jadwal tes fleksibel yang dapat disesuaikan oleh peserta sesuai keinginan
  • Sertifikat digital akan diterbitkan dalam waktu maksimal 7 hari kerja
  • Biaya tes yang lebih terjangkau
  • Sertifikat berlaku selama 1 tahun
  • Harga jauh lebih terjangkau Rp115.000

Itu dia pembahasan mengenai CPNS/CASN 2024, mulai dari jadwal, cara mendaftar, hingga persiapan berkas-berkas administrasinya. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Cakap yang berencana untuk mendaftar CPNS/CASN tahun ini, ya! 

Jangan lupa persiapkan sertifikat kemahiran bahasa Inggrismu, baik untuk kebutuhan kerja, lanjut studi, hingga pendaftaran CPNS. Salah satunya kamu bisa mengambil Cakap English Standardized Test (CEST) yang merupakan TOEFL iBT Prediction. Yuk, daftar CEST sekarang! #SiapaCakapDiaDapat

Baca juga: 

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.