Ini Panggilan untuk Kakek dan Nenek dalam Bahasa Mandarin

Ini Panggilan untuk Kakek dan Nenek dalam Bahasa Mandarin
panggilan-nenek-dan-kakek-bahasa-mandarin

Sebagai penutur bahasa Indonesia, kita semua pasti tahu kalau ada banyak cara untuk memanggil orang tua dari “Mama dan Papa”. Beberapa di antaranya yang paling familiar adalah kakek, nenek, oma, opa, eyang dan embah kakung.

Sama halnya dengan bahasa Indonesia,  ada juga beberapa variasi dan perbedaan sebutan untuk anggota keluarga dalam Bahasa Mandarin, khususnya kakek dan nenek. Bahkan, ada beberapa perbedaan penyebutan yang unik dan dilihat dari aspek lain. Kira-kira apa, ya? Yuk, cari tahu variasi panggilan kakek dan nenek dalam bahasa Mandarin berikut!

Sudah Tahu Level Bahasa Mandarinmu? Ikuti Placement Test Cakap untuk Mengetahuinya!

Panggilan Nenek dalam Bahasa Mandarin

panggilan-nenek-bahasa-mandarin
Photo from Freepik

奶奶 (Nǎinai)

Salah satu perbedaan unik panggilan untuk nenek dan kakek dalam bahasa Mandarin yang jarang ditemui dalam bahasa Indonesia adalah penyebutan yang berbeda antara nenek dan kakek dari sisi ayah dan ibu.

Nah, untuk 奶奶 (nǎinai) sendiri, biasanya digunakan untuk panggilan nenek dari sisi ayah. Jadi, para cucu akan memanggil ibu dari ayah mereka dengan sebutan 奶奶 (nǎinai)

外婆 (Wài pó)

Sama halnya dengan 奶奶 (nǎinai), 外婆 (wài pó) juga memiliki arti “nenek”. Hanya saja perbedaanya adalah jika 奶奶 (nǎinai) digunakan untuk memanggil nenek dari sisi ayah, maka sebaliknya. 外婆 (wài pó) digunakan untuk menyebut nenek dari sisi ibu.

Skill Bahasa Mandarin Buka Pintu Kesempatan Baru, Saatnya Kamu Mulai Belajar

Panggilan Kakek dalam Bahasa Mandarin

panggilan-kakek-bahasa-mandarin
Photo from Freepik

爷爷 (Yé yé)

Setelah mengetahui panggilan nenek dalam bahasa mandarin, sekarang saatnya mengenal panggilan untuk kakek dalam bahasa Mandarin. Yang pertama ada 爷爷 (yeye). 爷爷 (yeye) memiliki arti “kakek”. Namun, panggilan tersebut digunakan untuk memanggil kakek dari sisi ayah.

外公 (Wài gōng)

Untuk menyebut “kakek” dalam bahasa Mandarin, kamu juga bisa menggunakan kata 外公 (wàigōng). Kamu bisa menggunakan sebutan 外公 (wàigōng) saat akan memanggil “kakek” dari sisi ibu.

Wah, menarik bukan? Ternyata, masing-masing dari panggilan kakek dan nenek dalam bahasa Mandarin dibedakan dari sisi ayah dan ibu, ya.

So guys, kalau kamu makin tertarik belajar bahasa Mandarin dengan materi yang lebih lengkap dan teachers yang super profesional, kamu bisa langsung daftar kursus bahasa Mandarin online di Cakap aja, ya! Di sana ada banyak pilihan paket yang bisa kamu ambil, kamu juga bisa bebas atur jadwal kelasmu sendiri. Tunggu apa lagi? Yuk, daftar Cakap sekarang!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.

E-Book Spesial GRATIS Bahasa Mandarin Hanya Untuk Kamu

Belajar pinyin, hanzi, hingga shengdiao mandarin jadi lebih mudah dengan e-book ini. Dapatkan segera dengan isi data dibawah ini.

      #SiapaCakapDiaDapat