Happy Halloween! Ini 7 Idiom Bahasa Inggris untuk Rasa Takut

Waktu itu aku lagi camping sama teman-temanku. Di malam hari, saat kami sudah di dalam tenda masing-masing, tiba-tiba ada suara bisikan dan tiupan angin kencang. Awalnya aku masih berusaha berpikir positif. Mungkin cuma perasaanku saja, pikirku.

Tapi suara itu makin lama makin kencang. Aku mengguncangkan badan temanku sampai ia bangun. Dari luar terlihat ada bayangan sosok yang besar. Sosok itu makin lama makin mendekat. Suara bisikannya pun makin kencang. Aku mulai gemetaran. Ingin teriak tapi mulut ini rasanya seperti terkunci. Lalu….

DOR! Happy Halloween, Sobat Cakap! Serius amat bacanya. Kamu Halloween ini ngapain aja nih? Ikut dress up gak? Jadi apa? Atau ada acara nobar film horor bareng teman-temanmu? Seru ya!

Di beberapa negara, perayaan Halloween merupakan perayaan besar. Mulai dari berdandan dan mengenakan kostum, menghias rumah bertema Halloween, mengukir labu menjadi Jack O’ Lantern, hingga trick-or-treating.

Cakap juga mau dong ikutan meramaikan Halloween. Dengan cara apa lagi kalau bukan membahas idiom-idiom bahasa Inggris yang berkaitan dengan rasa takut! Hiiii…. Kalo kamu sering nonton film horror, pasti gak asing deh dengan istilah-istilah berikut.

Scared to death

Scared to death
source: giphy.com

Ketakutan sampai meninggal? Emang bisa? Bisa atau enggak, kurang tahu sih. Tapi scared to death ini artinya sangat ketakutan akan sesuatu. Karena scared merupakan kata sifat atau adjective, maka harus diawali dengan to be seperti is, am, dan are. Contoh:

  • I’m scared to death of flying!

            Saya sangat takut terbang!

Send shivers down my spine

Send shivers down my spine
source: giphy.com

Bodies aching all the time~

Lho malah nyanyi lagu Queen. Eh tapi kan liriknya emang kayak gitu. Send shivers down my spine artinya sangat menakutkan sehingga kamu gemetaran atau menggigil. Karena send ini kata kerja atau verb, jadi bentuknya bisa berubah-ubah tergantung tenses yang digunakan. Contoh:

  • I watched a horror movie yesterday. Some of the scenes were so frightening that they sent shivers down my spine.
  • Saya kemarin menonton film horor. Beberapa adegannya sangat menyeramkan    sehingga membuat saya gemetaran.

Creeps me out

Creeps me out
source: giphy.com

Creep someone’s out berarti membuat seseorang merasa tidak nyaman, gugup, takut, atau terganggu. Jadi konteksnya tidak harus selalu tentang ketakutan. Creeps me out juga bisa diganti gives me the creeps. Contohnya:

  • This old house creeps me out! / This old house gives me the creeps!

            Rumah tua ini membuat saya takut atau tidak nyaman.

Freaks me out

Freaks me out
source: giphy.com
 

Freaks me out atau freaks someone’s out artinya mirip dengan creeps me out. Artinya membuat seseorang merasa takut, terkejut, atau tidak nyaman, dengan penekanan lebih kepada rasa terkejut. Contoh:

  • The loud bang freaks me out!

            Bunyi keras itu mengejutkan/menakutkan saya!

Make your blood run cold

Make Your Blood Run Cold
source: giphy.com

Banyak orang bilang, saat mereka ketakutan mereka mendadak akan merasa kedinginan. Jadi, make someone’s blood run cold artinya membuat seseorang merasa sangat ketakutan. Contoh:

  • The knocking sound on the door makes my blood run cold.

            Bunyi ketukan pintu tersebut membuat saya sangat ketakutan.

Afraid of one’s own shadow

Afraid of one’s own shadow
source: giphy.com

Takut dengan bayangan sendiri? Bagaimana bisa? Maksudnya, jika seseorang dikatakan afraid of one’s own shadow, artinya dia orang yang penakut. Contohnya:

  • Don’t scare her! She’s afraid of her own shadow.

            Jangan menakut-nakuti dia! Dia orangnya penakut.

Give me goosebumps

Give me goosebumps
source: giphy.com

Goosebumps artinya meriding. Jadi give someone goosebumps artinya membuat seseorang merinding karena ketakutan. Contoh:

  • Do you watch The Conjuring? The basement scene gives me goosebumps!

           Kamu nonton The Conjuring gak? Adegan di basement bikin aku merinding!

Ungkapan-ungkapan bisa kamu pakai saat membicarakan rasa takut. Kalau kamu sendiri paling takut sama apa? Ada yang takut badut, ada yang takut serangga, ada yang takut gelap, macam-macam deh. Tapi kamu gak boleh takut ngomong bahasa Inggris ya karena sekarang kamu bisa mengasah kemampuan bahasa Inggrismu di Cakap.

Happy Halloween and have a fang-tastic day!

 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google