Cara Mengetik Hangul di Keyboard Laptop atau Smartphone Kamu

Cara Mengetik Hangul di Keyboard Laptop atau Smartphone Kamu

Maraknya Hallyu Wave atau budaya K-Pop membuat banyak sekali orang akhirnya ingin belajar Bahasa Korea. Kalau mau belajar Bahasa Korea, kamu tentunya wajib menguasai Hangul terlebih dahulu dan belajar cara mengetik Hangul di keyboard, mengingat kehidupan masa kini yang serba digital. 

Nah, buat kamu yang mau belajar mengetik Hangul, yuk simak cara-caranya berikut ini!

Apa itu Hangul?

Hangul adalah karakter huruf asli Bahasa Korea dengan 14 konsonan dan 10 vokal yang dapat digabungkan menjadi blok kata yang membentuk perbendaharaan bahasa Korea.

Raja Sejong menciptakan sistem Hangul pada Desember 1443. Sebelum munculnya Hangul, orang Korea sudah lama menggunakan karakter Cina sebagai sistem penulisan mereka. Namun, sistem ini lemah dan sulit digunakan karena merupakan sistem penulisan bahasa kedua.

Raja Sejong mengasihani rakyat Korea dan mendirikan Jiphyeonjeon, sebuah lembaga penelitian akademis di istana, tempat para sarjana bekerja dalam pembuatan Hangul. 

Saat ini, Hangul dianggap sebagai satu-satunya huruf yang didasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah. Misalnya, konsonan dibentuk sesuai dengan bentuk mulut seseorang saat mendengar bunyi tertentu. 

Cara Menuliskan dan Menyambungkan Hangul dengan Benar

Sebelum belajar cara mengetik hangul di keyboard, pahami dulu bagaimana tata cara menulis Hangul dengan benar. Seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Korea memiliki vokal dan konsonan. Alfabet Korea modern memiliki 19 konsonan dan 21 vokal. 

Dalam Bahasa Korea, bentuk setiap huruf merupakan petunjuk bunyinya. Setiap guratan yang membentuk sebuah huruf konon menunjukkan posisi lidah di dalam mulut saat melafalkan huruf tersebut.

Konsonan Korea

Posisi konsonan dalam sebuah kata (awal, tengah, atau akhir) dapat mengubah cara pengucapannya. Berikut penjelasannya 
ㄱ: “g” 
ㄴ: “n” 
ㄷ: “d”  (bisa juga diucapkan sebagai “t” saat berada di posisi akhir)
ㄹ: jika tidak diapit oleh huruf vokal dibaca “L” jika diapit huruf vokal dibaca “R” 
ㅁ: “m” 
ㅂ: sering kali “b” seperti “babo” tetapi terkadang juga “p” yang agak disedot 
ㅅ: “s” dapat juga diucapkan sebagai “t” di posisi akhir
ㅇ: silent atau “-ng” seperti pada gayung
ㅈ: “j”
ㅊ: “ch” 
ㅋ: “k” 
ㅌ: “t” 
ㅍ: “p” 
ㅎ: “h” 

Konsonan Ganda Korea

ㄲ: “gg” sebagai bunyi awal tetapi “kk” sebagai bunyi tengah
ㄸ: “dd” sebagai bunyi awal tetapi “tt” sebagai bunyi tengah
ㅃ: “bb” sebagai bunyi awal tetapi “pp” sebagai bunyi tengah
ㅆ: “ss”
ㅉ: “jj”

Huruf Vokal Korea

ㅣ: “i”
ㅏ: “a” 
ㅓ: “eo” 
ㅡ: “eu”  
ㅜ: “u” atau “oo”
ㅗ: “o” 

Diftong Korea dan Vokal Lain

ㅑ: “ya” 
ㅕ: “yeo” 
ㅠ: “yu”  
ㅛ: “yo” 
ㅐ: “ae” 
ㅒ: “yae”
ㅔ: “e”  
ㅖ: “ye”  
ㅘ: “wa” 
ㅙ: “wae” 
ㅚ: “oi” 
ㅝ: “wo” 
ㅞ: “we” 
ㅟ: “wi” 
ㅢ: “ui” 

Blok Suku Kata Korea

Huruf Korea atau Hangeul ini muncul sebagai bagian dari blok suku kata. Contoh blok suku kata, misalnya menggunakan kata “Annyeonghaseyo” maka blok suku katanya adalah an-nyeong-ha-se-yo. 

Jadi huruf yang kamu gunakan adalah: 
an = 안
nyeong = 녕
ha = 하
se= 세
yo= 요
Menjadi 안녕하세요 (annyeonghaseyo). 

Jika bisa dilihat, jika huruf pertama dari sebuah suku kata adalah vokal, maka harus ditambahkan riung (ㅇ). Apabila riung berada di bawah, maka ia akan berbunyi (ng). 

Kalau kamu ingin bisa menulis atau mengetik Hangul, kamu harus pahami terlebih dahulu konsep suku kata. Pada dasarnya, suku kata ini pun sama seperti yang ada di Bahasa Indonesia. Kalau kamu sudah bisa, kamu pun tinggal menyesuaikan susunan hurufnya saja. 

Tutorial Menggunakan Keyboard Hangul di Smartphone

Nah, untuk kamu yang mau belajar Bahasa Korea dan supaya lebih cepat bisa, ada satu cara yang bisa kamu lakukan, yaitu berlatih menggunakannya dengan chatting bersama teman kamu. Kamu juga bisa cari teman-teman online untuk belajar bahasa Korea secara otodidak. 

Supaya kamu lebih mudah menggunakan huruf Korea di ponsel, yuk simak cara mengetik hangul di keyboard iPhone dan Android. 

1. iPhone

  • Buka Pengaturan > General > Keyboard > Keyboards > Add New Keyboard
  • Scroll ke bawah dan pilih “Korea”

Ada dua opsi yang diberikan kepada Anda: Standar dan 10 Kunci. Pilih opsi yang kamu sukai. Tata letak opsi standar seperti keyboard khas Korea yang memiliki semua konsonan dan vokal. Opsi 10 tombol mirip dengan keyboard number pad pada komputer PC.

  • Sekarang kamu bisa melihat bahwa Bahasa Korea ditambahkan pada keyboard kamu.

Kamu bisa mencobanya di aplikasi tempat kamu dapat mengetik seperti Notes. Ada tombol Globe di pojok kiri bawah. Kamu bisa tekan dan tahan ikonnya, opsi muncul di layar, dan pilih Bahasa Korea – 한국어. Kamu juga bisa ketuk tombol Globe hingga kamu melihat keyboard Bahasa Korea.

Keyboard Hangeul

Cara Menuliskan dan Menyambungkan Hangul dengan Benar

Sebelum belajar cara mengetik hangul di keyboard, pahami dulu bagaimana tata cara menulis Hangul dengan benar. Seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Korea memiliki vokal dan konsonan. Alfabet Korea modern memiliki 19 konsonan dan 21 vokal. 

Dalam Bahasa Korea, bentuk setiap huruf merupakan petunjuk bunyinya. Setiap guratan yang membentuk sebuah huruf konon menunjukkan posisi lidah di dalam mulut saat melafalkan huruf tersebut.

Ingin Tingkatkan Kemampuan Bahasa Korea Kamu? Yuk Belajar Bersama CAKAP Sekarang!

Tips Belajar Cepat Mengetik Hangul

Ada beberapa tips cepat untuk belajar dan cepat paham cara mengetik Hangul di keyboard untuk kamu yang sangat berminat belajar Bahasa Korea. Simak tipsnya berikut ini. 

1. Chatting dengan Teman 

Cara paling mudah untuk belajar Hangul adalah dengan membiasakan diri memakai Hangul dalam kehidupan sehari-hari. Kamu bisa belajar dengan cara chatting bersama teman-teman yang tertarik belajar Hangul juga melalui platform chat seperti Whatsapp, Kakao Talk, dll. 

2. Pakai Komputer untuk Chatting 

Pengaturan keyboard Hangul di ponsel dan komputer tentunya berbeda. Oleh karena itu, kamu juga perlu berlatih chatting dengan menggunakan Hangul di komputer supaya kamu lancar mengetik Hangul di komputer. 

Apabila keyboard kamu menggunakan huruf latin, kamu bisa buka pengaturan keyboard Hangul di layar komputer. Tulis huruf Korea sesuai susunan keyboard huruf latin lalu tempel ke keyboard yang sesuai. 

3. Latihan Setiap Hari 

Belajar bahasa, termasuk huruf Hangul tentunya tidak bisa hanya belajar dari teori saja. Kamu juga perlu mempelajarinya secara praktek. Jadi, jangan lupa untuk menyisihkan waktu setidaknya 20 menit untuk belajar bahasa ini setiap hari. Semakin sering kamu berlatih, semakin kamu menguasai bahasa ini.  

Siap Latihan agar Mengetik Hangul Lebih Cepat?

Itulah beberapa cara mengetik hangul di keyboard. Walaupun terlihat sedikit membingungkan, namun kamu akan terbiasa seiring berjalannya waktu. Jangan lupa untuk belajar secara terus-menerus agar kamu semakin jago dalam mengetik Hangul, baik di smartphone maupun laptop. 

Mau lebih cepat menguasai Hangul? Yuk, belajar bersama Cakap! Platform ini memberikan kursus belajar Bahasa Korea secara online yang fleksibel namun efektif. Ia juga menawarkan tutor yang sudah ahli di bidangnya. 

Kamu bisa memilih waktu yang sesuai hingga kursus bisa berjalan lancar. Cara mendaftarnya juga mudah. Tunggu apalagi? Jadi, segera kunjungi laman resminya untuk cari tahu cara mendaftar sekarang juga!

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.

Tips & Trik E-Book

Lancar Bahasa Korea Seperti Artis Favoritmu

Pelajari semuanya mulai dari:

    Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      Saya bersedia menerima informasi & promosi seputar Cakap

      #SiapaCakapDiaDapat