Cakap X DBS Foundation: Menjelajahi Dunia Digital Marketing Bersama Desy Bachir

cakap upskill belajar marketing bareng desy bachir

Cakap Upskill kali ini membahas seputar dunia marketing dan digital marketing. Mengulik bagaimana para marketer harus mengembangkan skala usahanya sendiri agar bisnis lebih sustainable dalam jangka panjang.

Surfing the Wave of Uncertainties

Pada tanggal 1 Oktober 2021 Cakap bersama DBS mengadakan kelas Upskill dengan tema yang sangat menarik, yaitu “Surfing Digital Market in Times of Uncertainty”. Bersama narasumber expert yang sudah berkecimpung puluhan tahun di dunia marketing, Desy Bachir CMO of Samara Media & Entertainment berbagi ilmu menarik seputar marketing dan digital marketing

Melalui kelas Upskill ini, diharapkan para generasi muda lebih memahami dan melek marketing di gelombang yang terkadang penuh ketidakpastian. Memahami bahwa faktor yang perlu diperhatikan dalam dunia marketing selain budget ada juga knowledge yang bisa diperoleh dari para pakar atau ahlinya. 

Marketing

Membahas mengenai hal yang satu ini pasti akan muncul pertanyaan pertama, yaitu apa itu marketing? Banyak yang berpikir bahwa marketing itu promosi, marketing itu selling. Namun lewat webinar seru dan menarik ini, Desy Bachir menyampaikan pandangannya yang sangat menarik dan unik tentang apa itu marketing, menurutnya “Marketing adalah storytelling, gimana caranya menceritakan suatu cerita untuk konsumen kita, membuat ide-ide yang bisa menyebar lebih luas.”

Marketing merupakan suatu yang harus di-improve, dan yang perlu diingat adalah marketing bukan mengenai “kita” (seseorang yang memiliki produk dan service), tapi marketing selalu mengenai konsumen. Menjadi seorang marketer harus selalu menanyakan apa yang konsumen sukai. Mengapa demikian? Karena marketer yang baik adalah marketer yang selalu terobsesi dengan konsumennya. Terobsesi memberikan solusi untuk problem yang dihadapi para konsumennya. Dan selalu bertanya bagaimana memecahkan masalah-masalah mereka. 

Tiga Hal Penting yang Harus Kamu Tahu

Dalam menentukan strategi marketing, ada tiga hal yang harus kamu tahu dan kamu kenali terlebih dahulu, tiga hal tersebut disampaikan oleh Desy Bachir dengan penjelasan yang cukup jelas. Hal yang harus diperhitungkan matang-matang adalah;

  • Segmenting (produknya ada apa saja, orang memakai produk tersebut untuk apa dan di daerah mana pasar produk masih bisa masuk).
  • Targeting (targetkan konsumen mana yang akan memakai produk kita. dalam menentukan target konsumen bisa dilihat dari  sisi umur, kepribadian, dll)
  • Positioning (biasanya ditentukan setelah sudah mengetahui segmen dan target marketing).

Ketiga proses tersebut merupakan bagian yang paling lama dari proses menentukan strategi marketing karena dengan segmenting, targeting, dan positioning yang kurang tepat, akan membuat strategi marketing yang kurang tepat juga.

Setelah menentukan ketiganya, marketer harus menentukan hal apa yang membedakan produknya dengan produk lain. Ada 6P yang mungkin bisa menjadi acuan, yaitu proposition (unique point selling), produk, price (harga murah, menengah, atau price tag), place (tentukan tempat), promotion (promosi seperti apa yang ingin dilakukan), serta purpose (misi dari brand produk-mu).

Digital marketing

Setelah membahas mengenai marketing, beralih pada materi menarik lainnya yang menjadi poin dari webinar di kelas Upskill kali ini, yaitu digital marketing. Di era yang serba canggih ini, “digital” merupakan salah satu channel marketing yang harus dimanfaatkan dengan baik, mengingat bahwa sebagian besar konsumen Indonesia sudah berpindah sebagai konsumen digital. Desy Bachir pun menayangkan sebuah data, dari data tersebut terlihat bahwa  73,7% populasi di Indonesia ada di internet. 61.8% orang di  indonesia berada di sosial media 80% orang indonesia yang berusia di atas 15 tahun diprediksi akan menjadi digital consumer di akhir tahun 2021 . 

Melihat adaptasi digital sudah sebesar itu, sebagai marketer kamu juga harus mengikuti mereka di dunia digital dan harus tahu bagaimana menentukan channel mana yang sebaiknya dipakai. Maka dari itu, para marketer biasanya menerapkan marketing funnel (corong yang dapat dilihat dari sesuatu yang besar ke sesuatu yang kecil). Marketing funnel terdiri dari awareness, consideration, intent, purchase, loyalty, advocacy.

Pemanfaatan Media dalam Strategi Digital Marketing

Pada segmen ini marketer harus mengetahui dan menentukan empat media yang perlu dimanfaatkan sebaik mungkin, yaitu;

  • Owned Media (channel media yang dimiliki sendiri).
  • Paid Media (tentukan berapa budget yang akan dihabiskan untuk mempromosikan produk lewat media lain).
  • Earned Media (setelah mengenalkan produk secara luas dengan cara mengiklankannya, produk akan lebih dikenal dan para konsumen pun akan dengan sendirinya me-review produk karena mereka tahu bahwa kualitas produknya baik sehingga membuat konsumen merasa senang).
  • Shared Media (review produk akan semakin banyak di-share oleh orang-orang).

Cakap Upskill menyajikan beragam webinar menarik yang bisa meningkatkan karier dan mengembangkan skill-skill yang kamu miliki. Saatnya kembangkan potensi kariermu bersama tutor profesional di kelas Upskill. Yuk cek jadwal Upskill terdekat!

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks