Cakap Dimuat dalam ESG Casebook oleh SVCA

cakap dimuat dalam ESG Casebook oleh SVCA

Cakap ditampilkan dalam ESG Casebook oleh Singapore Venture & Private Capital Association (SVCA) 2022 dalam studi kasus dampak investasi Heritas Capital. Artikel tersebut berjudul “Leveraging technology and innovation to increase access to education”.

Didirikan dan dipimpin oleh Tomy Yunus, Cakap adalah platform e-learning yang bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Indonesia melalui peningkatan keterampilan. Cakap menyediakan pembelajaran bahasa dan pelatihan kejuruan melalui platform khusus yang menghubungkan pelajar dengan para ahli dan memungkinkan mereka untuk belajar kapan pun dan di mana pun mereka berada. 

Cakap telah menggunakan teknologi secara efektif untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik untuk pembelajaran bahasa serta pelatihan kejuruan. Pembelajaran bahasa Cakap dilakukan secara live session, dimana siswa dapat berbicara langsung dengan guru melalui platform online. Sementara itu, pelatihan kejuruan Cakap ditawarkan melalui rekaman video, memungkinkan siswa untuk belajar dengan kecepatan dan kapasitas mereka sendiri.

Penerapan e-learning di Cakap berdampak positif terhadap ketenagakerjaan. Menurut survei yang diadakan oleh perusahaan, 78% siswa dewasa percaya bahwa mereka memiliki peluang karier yang lebih baik setelah belajar di Cakap. Selain itu, 55% pemilik bisnis percaya bahwa belajar di Cakap membantu mereka meningkatkan keuntungan.

Selain secara efektif memberikan solusi e-learning kepada lebih dari 2,7 juta siswa di Indonesia, Cakap juga berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan dengan memberdayakan ribuan guru lokal dan asing melalui Cakap Teacher Academy.

Cakap juga mendukung inisiatif pemerintah untuk membangun kembali perekonomian pasca pandemi, khususnya di kalangan usaha kecil dan menengah (UMKM). Dari 64 juta UMKM di Indonesia, baru 17 juta yang mendapat keuntungan dari digitalisasi. Fakta ini juga mendorong Cakap untuk terus mendukung transformasi digital melalui program upskilling yang ditawarkan.

Dengan memimpin pendanaan Cakap di masa pandemi, Heritas Capital telah memberikan dampak dalam meningkatkan akses pendidikan berkualitas di Indonesia. Seiring dengan perawatan kesehatan dan teknologi, pendidikan sendiri merupakan prioritas investasi Heritas Capital. 

ESG Casebook oleh SVCA adalah studi kasus tentang Investasi Berkelanjutan dan Dampak, khususnya di bidang lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG). Singapore Venture & Private Capital Association (SVCA) dibentuk pada tahun 1992 untuk mempromosikan pengembangan industri modal ventura (VC) dan ekuitas swasta (PE).

Baca versi lengkap ESG Casebook oleh SVCA di sini.

Hilda
Passionate about education and crafting captivating content, I am a dedicated Content Writer with 5 years of experience in the education industry. I excel at crafting compelling narratives that educate, inspire, and entertain across various topics and subject matters. With a background in Japanese studies, I bring a unique perspective to writing about Japanese culture and language.