Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!

Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!

Setelah menyelesaikan pendidikan formal di dalam negeri, kursus bahasa asing, dan lulus dari ujian masuk universitas luar negeri, sekarang waktunya untuk mencari tempat tinggal di negara tujuan belajarmu. Ada banyak hal yang harus dijadikan bahan pertimbangan karena tentu saja karena kamu harus tinggal sendiri di tempat yang asing.

Jadi, berikut adalah lima tips memilih tempat tinggal ketika kuliah di luar negeri dan aspek apa saja yang harus kamu jadikan bahan pertimbangan.

Kesejahteraan: Kebugaran dan Kesehatan

Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!
sumber: giphy

Kebugaran penting dari sudut pandang kesehatan dan kesejahteraan. Sementara di universitas kamu mungkin merasa di tertekan dengan beragam deadline, penelitian menunjukkan bahwa endorfin dapat membantu meringankan sebagian dari stres yang kamu alami.

Memeriksa ruang hijau local, seperti taman di dekat akomodasi siswa kamu adalah tempat yang baik untuk memulai. Namun, banyak tempat sekarang akan mencakup pusat kebugaran atau akses ke kompleks olahraga lokal.

Desain: Ruang dan Cahaya

Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!
sumber: giphy

Mempertimbangkan cara terbaik untuk bekerja, tidur, dan menikmati ruang adalah hal yang penting. Ketika melihat-lihat bangunan akomodasi siswa, pikirkan bagaimana kamu bisa menggunakan ruang tersebut dan apakah itu bisa bekerja untuk kamu.

Ini mungkin terdengar sangat pemilih tetapi sebenarnya bertujuan baik. Misalnya kamu membutuhkan ruang untuk membuat maket atau perencanaan penelitian yang besar, tidak mungkin ruangan yang kecil dapat memenuhi kebutuhanmu.

Jika kamu sudah melihat beberapa tempat maka pastikan untuk mengambil foto dan catatan sehingga kamu dapat melakukan perbandingan setelah mengunjungi semuanya. Ini akan membantu kamu ketika mengambil keputusan nanti.

Lokasi: Area dan Waktu

Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!
sumber: tumblr

Dari mana harus memulai ketika berpikir tentang lokasi? Mempertimbangkan faktor-faktor seperti jika kamu suka tempat yang tenang kemudian memilih lingkungan yang lebih tenang, atau sama-sama jika kamu ingin berinteraksi di keramaian maka pusat kota mungkin lebih cocok.

Tentukan berapa lama perjalanan kamu dari tempat tinggal ke kampus karena ini akan membantumu untuk memilih lokasi. Misalnya kamu kesulitan untuk bangun pagi, maka kamu harus memilih lokasi yang lebih dekat

Keuangan: Tagihan dan Inklusi

Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!
sumber: giphy

Ketika berada di sana, kamu harus mengurus keuanganmu sendiri mulai dari berbagai dokumen, formulir, dan mengingat tanggal tagihan. Menjadi terorganisir dengan memahami biaya yang tepat dan menyusun perencana anggaran dapat membantu. Namun, kamu juga harus menanyakan kepada penyedia akomodasi siswa apa saja inklusi atau ketercakupan fasilitas dalam biaya yang diajukan.

Ini bisa menghemat waktu dan bahkan biaya pembayaran, misalnya dengan biaya yang diajukan oleh penyedia akomodasi, itu sudah mencakup biaya air, listrik, internet, namun tidak termasuk biaya pemanas. Kamu harus mempertimbangkan hal ini agar tidak ada “kejutan” di waktu pembayaran.

Komunitas

Bingung Memilih Tempat Tinggal di Luar Negeri? Ikuti 5 Tips Ini!
sumber: giphy

Universitas bisa menjadi luar biasa karena kamu dapat menjalin pertemanan yang berlangsung seumur hidup, tetapi itu tidak terjadi dalam semalam. Bahkan di beberapa semester pertama bisa jadi menakutkan karena kamu ingin menciptakan pertemanan baru.

Menemukan orang yang berpikiran dan ada dalam kegiatan yang sama seperti kamu adalah tempat yang bagus untuk memulai. Sebagian besar universitas akan memiliki grup yang dapat kamu ikuti, kadang-kadang kamu bahkan dapat menggunakan ini sebagai kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru. Juga, ada baiknya untuk memeriksa apakah akomodasi kamu memiliki kelompok atau kegiatan yang direncanakan di mana kamu dapat bertemu orang baru, atau kafe lokal yang dapat mengadakan acara tertentu.

Sebaiknya habiskan waktu untuk memastikan kamu memilih apa yang tepat untuk kamu, jangan merasa tertekan untuk membuat keputusan jika kamu tidak 100% yakin, karena ada banyak pilihan untuk memilih rumah keduamu.

Related Post

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google