Youtube Akhirnya Rilis Youtube Rewind 2019, Ada Apa Aja?

youtube rewind

Di penghujung tahun, berbagai platform mulai membagikan konten-konten yang merangkum tahun 2019, salah satunya Youtube. Tahun lalu, Youtube menerima kritik habis-habisan atas Youtube Rewind 2018-nya karena dianggap tidak menggambarkan keseluruhan tahun 2018 dan tidak melibatkan content creator besar seperti PewDiePie, Smosh, dan Jacksfilms. Akhirnya, Youtube Rewind 2018 menjadi salah satu video dengan dislikes terbanyak.

Youtube pun mengakui hal ini dalam video Rewind-nya tahun ini. Malah, Youtube seolah menyindir kegagalannya itu. Pada awal Youtube Rewind 2019 pun tertulis: “In 2018, we made something you didn’t like. For Rewind 2019, let’s see what you DID like.

“Pada tahun 2018, kami membuat sesuatu yang tidak kalian suka. Untuk Rewind 2019, mari lihat apa yang sebenarnya kalian suka.” Uniknya, kali ini Youtube Rewind tidak seperti biasanya.

Pada Youtube Rewind 2019, tidak ada parodi atau narasi baru yang disuguhkan mengenai momen-momen di tahun ini. Malahan, Youtube Rewind 2019 benar-benar berisi rewind, yakni daftar top 10 video yang paling banyak disukai penonton.

Video Youtube Rewind 2019 terbagi menjadi beberapa segmen di antaranya Most Liked Creator Videos, Most Liked Music Videos, Top Breakout Creators, dan banyak lagi. Sembari memutarkan daftar top 10 tersebut, Youtube juga menggunakan lagu-lagu paling populer tahun 2019 seperti “7 Rings” dan “bad guy” sebagai latar musik.

Most Liked Creator Videos

Most Liked Creator Videos
source: giphy.com

Berisi video-video yang paling banyak mendapat likes. Dalam daftar ini, video yang diperhitungkan hanya video yang dibuat oleh individu, bukan konten media atau music artists. Di dalam daftar tersebut di antaranya ada tentang pernikahan PewDiePie dan video penjelasan James Charles atas dramanya dengan beauty influencer Tati Westbrook. Berikut daftarnya:

  1. MrBeast – Make This Video the Most Liked Video on Youtube
  2. PewDiePie – Marzia & Felix – Wedding
  3. Whindersonnunes – O DIA EM QUE ASSISTI BIRD BOX
  4. Black Gryph0n – ONE GUY, 54 VOICES
  5. Nilson Izaias Papinho Oficial – Minha slime deu certo
  6. SethEverman – how to create billie eilish’s “bad guy”
  7. James Charles – No More Lies
  8. Andymation – My BIGGEST Flipbook EVER
  9. A4 – ПОКУПАЮ ВСЁ ЧТО ТЫ МОЖЕШЬ УНЕСТИ ИЗ МАГАЗИНА!
  10. Shane Dawson – Conspiracy Theories with Shane Dawson

Masih dengan aturan yang sama, Youtube juga membuat daftar Most Viewed Creators on Youtube 2019. Dalam daftar ini, urutannya didasarkan pada total view masing-masing channel dari 10 bulan pertama tahun 2019. Berikut daftarnya:

  1. PewDiePie (4B views)
  2. Felipe Neto (2.8B views)
  3. Pencilmation (2.8B views)
  4. Jelly (2.5B views)
  5. David Dobrik (2.4B views)
  6. Dude Perfect (2.3B views)
  7. MrBeast (2.2B views)
  8. LazarBeam (2B views)
  9. Fischer’s-フィッシャーズ- (1.9 B views)
  10. Azzyland (1.9 B views)

Most Liked Music Videos

Most Liked Music Videos
source: giphy.com

Segmen lainnya adalah music video yang paling banyak mendapat likes. Sama seperti top song Spotify, “Señorita” jadi music video nomor 1 yang paling banyak ditonton. Daftar ini tak jauh berbeda dengan lagu-lagu teratas 2019 di Spotify Wrapped, di anataranya ada “7 Rings” Ariana Grande”, “bad guy” Billie Eilish, “Kill This Love” BLACKPINK, “Boy With Luv” BTS ft. Halsey. Ada pula lagu dari T-Series, label rekaman musik yang mengalahkan jumlah subscriber PewDiePie. Berikut daftar lengkapnya:

  1. Shawn Mendes – Camilla Cabello, Señorita
  2. BTS – Boy With Luv feat. Halsey
  3. Blackpink – Kill This Love
  4. Billie Eilish – bad guy
  5. Lil Nas X – Old Town Road ft. Billy Ray Cyrus
  6. Ariana Grande – 7 rings
  7. Lil Dicky – Earth
  8. Daddy Yankee & Snow – Con Calma
  9. J-Hope – Chicken Noodle Soup (feat. Becky G)
  10. T-Series – Vaaste

Selain itu, Youtube juga menyajikan beberapa segmen lainnya. Ada Top Breakout Creators yang berisi content creator yang baru muncul sejak 2019, salah satunya Noah Schnapp pemeran Will dalam series Netflix Stranger Things, Most Liked Beauty Videos yang salah satunya menampilkan Kylie Jenner, Most Viewed Games dimana salah satunya ada Minecraft dan Fortnite, dan Most Liked Dance Videos yang menampilkan 1MILLION Dance Studio, salah satu studio dansa populer di Korea Selatan.

source: giphy.com

Pada penutupnya, Youtube juga membagikan berbagai pencapaian yang diraih oleh kreator dari berbagai negara, salah satunya Atta Halilintar yang menjadi Youtuber asal Indonesia pertama yang mencapai 20 juta subscribers. Ada pula T-Series yang menjadi channel Youtube pertama yang menembus 100 juta subscribers, mengalahkan PewDiePie.

Tak ketinggalan pula boyband K-Pop BTS dengan video klipnya “Idol” yang menjadi debut video klip terbesar di Youtube. Dalam waktu 24 jam, video tersebut telah ditonton sebanyak 45 juta kali.

Tahun ini, Youtube juga membuat situs spesial dimana penonton bisa melihat video-video yang masuk daftar-daftar Top tahun ini. Salah satunya yang masuk dalam segmen Global Snapshot adalah video “Prabowo vs Jokowi – Epic Rap Battles of Presidency” yang dibuat oleh Skinnyindonesian24 (Andovi da Lopez & Jovial da Lopez).

Kalau kamu sendiri gimana? Puas gak dengan Rewind tahun ini? Biar pas nonton video gak perlu pusing kalo gak ada CC, masukin lancar bahasa Inggris sebagai resolusimu tahun depan ya! Bisa dimulai dengan belajar bahasa Inggris di Cakap. Yuk!

 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google