‘Wah Keren ya!’ Bagaimana Mengatakannya dalam Bahasa Jepang?

Kamu suka nonton anime? Pasti pernah denger dong dengan kata ‘Sugoi!’ Sugoi artinya menakjubkan atau mengagumkan dalam bahasa Jepang. Kata ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan rasa takjub atau kagum atas sesuatu. Selain sugoi, ada juga berbagai kosakata lain dalam bahasa Jepang untuk memberi pujian atau mengatakan ‘keren’ lho!

Arti kosakata ini sebenarnya mirip-mirip tapi memiliki penggunaan yang berbeda, bergantung pada konteksnya. Apa aja sih? Yuk simak artikel di bawah ini:

すごい (Sugoi)

Menakjubkan/Mengagumkan

すごい (Sugoi) source: giphy.com

Sugoi biasanya digunakan untuk mengomentari sesuatu yang menakjubkan atau keren yang baru saja kamu lihat. Dalam versi bahasa gaul, anak-anak muda di Jepang biasa menggantinya dengan kataスゲー (sugee). Selain itu, sugoi juga bisa digunakan dalam konteks negatif sebagai bentuk sarkasme. Contoh:

シェフの りょうりが  すごいですね!

Shefu no ryouri ga Sugoi desune!

(rasa) Masakan chefnya menakjubkan ya!

ねだんが すごいたかい!

Nedan ga sugoi takai!

Harganya menakjubkan juga ya! (mahal)

すばらしい (Subarashii)

Hebat/Luar biasa

Kata sifat yang satu ini biasanya digunakan untuk memberikan opini tentang film, ide, karya atau hal-hal yang diluar ekspektasi. Subarashii selalu bermakna positif.  Misalnya:

すばらしい アイデア ですね!

Subarashii aidea desu ne!

Ide yang luar biasa ya!

せんせいは すばらしい!

Sensei ha subarashii!

Gurunya hebat!

かっこいい (Kakkoii)

Keren!

かっこいい (Kakkoii) source: giphy.com

Kakkoii biasanya digunakan untuk memberikan opini positif terhadap seseorang, khususnya untuk membicarakan seorang pria yang dianggap keren. Kata kakkoii sendiri sebenarnya berarti ‘dingin’.

Lalu mengapa kakkoii bisa berarti keren? Karena kriteria ‘keren’ di Jepang adalah pria dengan penampilan dan pembawaan yang cool. Kakkoii merupakan kata sifat, sementara bentuk kata benda dari ‘pria keren’ adalahイケメン (ikemen). Contoh:

かれは かっこいい!

Kare ha kakkoii!

Dia keren!

おにいさんも かっこいい ですよ!

Oniisan mo kakkoii desu yo!

Kakak laki-lakimu juga keren lho!

すてき (suteki)

Indah, bagus

すてき (suteki) source: giphy.com

Suteki biasanya digunakan untuk menggambarkan barang-barang seperti tas atau baju. Kebalikan dari kata suteki adalahださい (dasai) yang berarti ‘jelek’. Contoh:

すてきなかばんですね

Suteki na kaban desu ne

Tasnya keren ya!

かわいい (kawaii)

Lucu, imut, menggemaskan

かわいい (kawaii) source: giphy.com

Kawaii bisa digunakan untuk menggambarkan berbagai hal mulai dari baju, penampilan, perilaku, makanan, mainan, budaya pop, film, dan sebagainya. Kawaii sendiri sebenarnya sudah menjadi budaya di Jepang. Kata ini lebih banyak digunakan oleh perempuan. Contoh:

このあかちゃんペンギンとってもかわいい!

Kono akachan pengin tottemo kawaii!

Bayi penguin itu sangat menggemaskan!

Nah sekarang kamu udah tau cara-cara mengekspresikan rasa kagum atau pujian terhadap sesuatu atau seseorang. Mau tau cara baca kosakata di atas dengan tepat? Tonton di channel Youtube Cakap ya. Yuk, perkaya terus kosakata bahasa Jepangmu biar makin fasih dengan belajar di Kelas Bahasa Jepang Cakap!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google