Unik! 5 Negara Ini Rayakan Paskah dengan Cara Berbeda

tradisi unik Paskah

Selamat Hari Raya Paskah 2020 bagi yang merayakan! Tradisi Paskah apa yang kamu tahu? Yaps, biasanya perayaan Paskah dirayakan dengan berbagai simbol antara lain telur yang kulitnya dihias, kelinci, dan kartu Paskah. Biasanya, di Indonesia sendiri, terdapat tradisi lomba berburu telur. 

Itu hanya salah satu bentuk tradisi yang dilakukan. Bagaimana dengan perayaan Paskah di negara lain ya? Berikut adalah 5 negara yang memiliki tradisi super unik di hari raya ini!

Italia

Sebuah kota di Italia, Florence, warga setempat merayakan Paskah dengan sangat meriah, yakni dengan meledakkan gerobak! Tradisi ini dinamakan Scoppio del Carro. Gerobak yang penuh dengan kembang api akan mengiringi parade warga Florence yang memakai kostum abad ke-15 menuju Gereja Katedral. 

Sesampainya di sana, Uskup Agung akan menyalakan sumbu. Alhasil gerobak akan meledak dengan percikan kembang api yang langsung menghiasi kota. Pertunjukkannya terdengar seru banget ya!

Hungaria

Tradisi unik Paskah di Hungaria bernama sprikling. Pada hari Senin setelah Paskah atau yang dikenal sebagai Ducking Monday, para wanita akan berjalan sembari disirami air atau wewangian seperti parfum oleh para pria. Setelah itu, para wanita akan memberikan hadiah Paskah kepada para pria sebagai gantinya. Misalnya, telur yang sudah dihias. Penduduk Hungaria percaya tradisi ini dapat memberikan kesuburan atau kesucian diri.

Prancis

Warga Prancis merayakan Paskah dengan makan omelet jumbo! Tradisi makan omelet ini dilakukan di alun-alun kota Haux. Mereka sekaligus memperingati hari ketika Napoleon menyantap omelet di sebuah kota kecil ketika sedang bersama pasukannya. Sejak saat itu, makan omelet jumbo bersama-sama menjadi kebiasaan setiap tahun untuk merayakan Hari Kebangkitan.

Argentina

Tak jauh berbeda dengan tradisi makan omelet jumbo di Prancis, warga Argentina pun melakukan tradisi makan-makan lho. Hanya saja, mereka memakan telur paskah bersamaan dengan kue khas Argentina yang disebut Rosca de Parsua.

Selain mengadakan acara makan bersama, mereka akan bertukar telur antar keluarga atau kerabat. Lalu, setiap keluarga menyiapkan acara makan malam dengan hidangan yang lezat dan dapat dinikmati dengan penuh kehangatan. Enak ya makan terus!

Swedia

Biasanya, tradisi meminta makanan manis ke setiap rumah dengan berpakaian unik merupakan tradisi Halloween kan? Berbeda dengan Paskah di Swedia! Warganya merayakan Paskah hampir mirip dengan perayaan Halloween.

Anak-anak akan mengenakan kostum ala penyihir yang bertema Easter Witches, lalu memperlihatkan dandanan mereka kepada tetangga di sekitar lingkungan rumah. Namun, ketika Halloween, anak-anak justru memperlihatkan karya lukis mereka demi mendapatkan makanan manis seperti permen atau cokelat. Agak berbeda, tapi mirip juga ya?

Wah, unik-unik ya tradisinya! Walaupun perayaan tahun ini mungkin tidak bisa seperti tahun-tahun sebelumnya, kita tetap harus bersyukur ya, Sobat Cakap. Selamat Hari Paskah!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google