Sejarah dan Ucapan Hari Pendidikan Nasional yang Penuh Motivasi

selamat-hari-pendidikan-nasional

Memasuki awal Mei 2022 ada banyak perayaan besar yang dirayakan oleh banyak orang. Selain Hari Buruh dan Hari Raya Idul Fitri, pada awal bulan Mei tepatnya tanggal 2 juga ada sebuah peringatan, yaitu Hari Pendidikan Nasional.

Bagi para insan pendidikan, pasti tidak asing lagi bukan dengan nama Ki Hajar Dewantara? Sejarah Hari Pendidikan Nasional tak luput dari peran beliau selaku tokoh pendidikan terkemuka di Indonesia yang dijuluki sebagai Bapak Pendidikan Indonesia. Untuk mengetahui sejarah lengkap hari pendidikan nasional dan quotes-quotesnya keep up with this article, ya!

Sejarah Hari Pendidikan Nasional

 

hari-pendidikan-nasional
Photo from Freepik

Seperti yang sudah sedikit dipaparkan di atas, Hari Pendidikan Nasional diperingati setiap tanggal 2 Mei, bertepatan dengan hari ulang tahun Ki Hajar Dewantara. Peringatan Hardiknas ditetapkan setelah adanya Surat Keputusan Presiden RI No. 305 Tahun 1959 Tertanggal 28 November 1959.

Sejarah Hari Pendidikan Nasional berangkat dari tulisan Ki Hajar Dewantara yang mengkritik pendidikan Indonesia yang pada saat itu hanya dinikmati oleh keturunan Belanda dan orang-orang kaya saja. Sehingga, banyak para pribumi golongan kelas menengah ke bawah tidak berkesempatan untuk mengenyam pendidikan. Tulisannya yang paling terkenal adalah  Als Ik Eens Nederlander Was yang memiliki arti “Seandainya Saya Orang Belanda”.

Long story short, Ki Hajar Dewantara kemudian mendirikan lembaga pendidikan di daerah Yogyakarta yang diberi nama Perguruan Taman Siswa. Tempat tersebutlah yang memberi ruang bagi para pribumi untuk dapat menikmati angin segar dunia pendidikan. Tepat setelah Indonesia merdeka, beliau diangkat menjadi Menteri Pendidikan, Pengajaran, dan Kebudayaan Pengajaran Indonesia pada masa pemerintahan Ir. Soekarno. 

Pada tahun 2022, melalui website resmi Kemendikbud, menyampaikan bahwa tema Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah “Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar”. Selain berbicara mengenai tema Hardiknas, biasanya peringatan Hardiknas juga dirayakan dengan mengadakan upacara bendera di sekolah-sekolah di Indonesia. 

Kata-kata Bijak seputar Hari Pendidikan Nasional

 

ucapan-hari-pendidikan-nasional
Photo from Pexels

Mengawali kata-kata bijak atau quotes di Hardiknas, mari kembali pada kilas balik sebuah filosofi dari Ki Hajar Dewantara, yaitu “Ing ngarso sung tulodo, Ing madyo mangun karso, Tut wuri handayani”. Yang memiliki arti, “Di depan memberi teladan, di tengah memberi bimbingan, di belakang memberi dorongan.”

Selain quotes dan filosofi di atas ada juga lho beberapa quotes tentang pendidikan yang bisa kamu kutip!

Tujuan pendidikan adalah mempertajam kecerdasan, memperkukuh kemauan, serta memperhalus perasaan.

–Tan Malaka

Di dalam hidupnya anak-anak ada tiga tempat pergaulan yang menjadi pusat pendidikan yang amat penting baginya, yaitu alam keluarga, alam perguruan, dan alam pergerakan pemuda.

–Ki Hajar Dewantara

Pendidikan memang tidak menjamin sukses, tapi tanpa pendidikan kehidupan ini menjadi lebih sulit.

–Mario Teguh

Seorang guru bukan hanya pengasah pikiran saja, melainkan juga sebagai pendidik budi pekerti.

R.A Kartini

Seorang terpelajar harus sudah berbuat adil sejak dalam pikiran apalagi dalam perbuatan.

–Pramoedya Ananta Toer

Itu dia sejarah dan ucapan selamat Hari Pendidikan Nasional yang dikutip melalui quotes-quotes tokoh terkenal. Yuk, rayakan Hari Pendidikan Nasional tahun ini dengan semangat untuk terus belajar dan mengantongi ilmu sebanyak mungkin!

Baca Juga:

Lely
Saya adalah pencinta sastra dan gemar menyelami tulisan-tulisan lama. Saya percaya bahwa “Menulis, menciptakan ide/gagasan, dan berbagi pengetahuan adalah cara untuk tetap ada dalam pusaran sejarah”.