5 Tujuan Investasi Terpopuler untuk Pemula

tujuan investasi pemula

Ketika kamu ingin terjun ke dunia investasi, kamu jangan hanya memerhatikan jenis investasi saja, namun juga tujuan investasi. Memiliki tujuan investasi yang jelas dan terarah akan memudahkanmu dalam mencapainya.

Dari sekian banyak tujuan investasi, ada beberapa tujuan investasi yang umum untuk para pemula kaya kamu. Mulai dari dana liburan ke luar negeri hingga dana pensiun. Biar lebih jelas, yuk, simak penjelasannya!

Tujuan Investasi untuk Pemula

source: giphy.com

Mempersiapkan masa depan pasti menjadi tujuan investasi kebanyakan orang, namun itu saja tidak cukup. Kamu harus menjabarkannya lagi agar tujuanmu terarah. Berikut contoh tujuan investasi:

1. Dana Pensiun

Kamu tidak mungkin selamanya bekerja, kan? Pasti kamu ingin menikmati masa tuamu di rumah. Nah, kamu beruntung jika tempatmu bekerja memotong sebagian gaji untuk dana pensiun. Tapi, kalau kamu mengalami hal sebaliknya, maka kamu harus mempersiapkan sendiri.

Menyiapkan dana pensiun lebih awal pasti akan mempercepatmu untuk mencapainya. Kamu hanya perlu cari instrumen investasi yang menawarkan return yang menguntungkan sehingga dana pensiunmu aman.

2. Modal Usaha

Memiliki mimpi jadi pengusaha tapi modal belum ada? Nah, kamu bisa menyiapkan modal usaha dengan berinvestasi. Pilih jenis investasi yang tepat sehingga tabungan modal usahamu dapat bertambah.

Dari Marketing sampai Parenting, Pelajari Hal Baru di Cakap Upskill!

3. Dana Liburan

Liburan adalah obat untuk tiap orang yang jenuh dengan rutinitas. Anak muda umumnya menghabiskan sebagian pendapatannya untuk berlibur. Jika liburan adalah hobi kamu, maka kamu bisa jadikan hobimu ini sebagai tujuan investasi.

4. Dana Pernikahan/Rumah Tangga

Jangan insecure melihat biaya pernikahan yang terus melonjak tiap tahunnya. Kamu bisa menyiapkannya dengan berinvestasi. Kamu hanya perlu memilih instrumen dengan jangka pendek yang sesuai dengan tujuanmu ini.

5. Dana Pendidikan Anak

Bukan hanya biaya pernikahan yang terus meningkat, biaya sekolah anak juga ikutan melonjak. Tiap orang tua pasti ingin menjamin masa depan anaknya, menyiapkan dana pendidikan anak sejak dini adalah cara mewujudkannya. Ambil jenis investasi yang lebih tinggi dari kenaikan biaya pendidikan per tahun agar tujuan investasi tercapai.

Jangan hanya investasi keuangan, investasi skill atau kemampuan juga sama pentingnya. Sebab, kini persaingan karier yang semakin ketat sehingga memiliki skill lebih dari satu akan jadi sebuah keuntungan. Makanya, gali potensi dirimu dengan gabung Cakap Upskill. Di sana kamu bisa belajar langsung sama expert secara gratis!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

#MakinCakap Sekarang!

Kategori

Top Picks