Uniknya 5 Tradisi Bulan Ramadhan di Negara Ini

tradisi unik ramadhan di berbagai negara

Bulan suci Ramadhan telah tiba. Bulan penuh rahmat dan ampunan bagi segenap umat muslim di dunia. Ditunggu-tunggu kehadirannya karena begitu mulia dan istimewanya bulan ini. Sebuah momentum bagi pemeluk agama Islam untuk memperbaiki iman dan taqwanya. Kesempatan berharga untuk meraih pahala berlipat ganda dengan memperbanyak ibadah.

Umat islam berkewajiban menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan berlangsung. Ibadah ini mengharuskan kita menahan diri dari lapar dan haus serta segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa, dimulai saat subuh hingga adzan maghrib berkumandang. Dalam pelaksanaanya, puasa Ramadhan selalu dihiasi dengan berbagai macam tradisi unik.

Tidak hanya di Indonesia, perayaan bulan Ramadhan di berbagai belahan dunia pun diisi banyak tradisi unik. Tradisi Ramadhan di Indonesia seperti ngabuburit, bukber, hingga sahur keliling mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Namun bagaimana dengan negara lain? Penasaran? Ini dia 9 tradisi bulan ramadhan di negara lain.

Tradisi Ramadhan di Jerman

Terdapat fakta menarik tentang islam di Jerman, yakni mayoritas umat muslim di sana berasal dari Turki. Warga muslim dari berbagai negara rutin berkumpul di Cologne Central Mosque untuk melaksanakan ibadah, yang notabene kebanyakan jamaahnya adalah muslim asal Turki. Tidak heran ketika bulan Ramadhan tiba suasana Turki sangat terasa di Jerman. 

Sajian menu makan berbuka puasanya pun bernuansa Turki, salah satunya adalah Turkish Delight. Turkish Delight merupakan camilan khas turki sejenis permen manis yang bentuknya mirip kue mochi. Camilan ini selalu ada dan wajib seperti halnya kurma yang dijadikan sebagai menu berbuka puasa.

Tradisi Ramadhan di Qatar

Di pertengahan bulan Ramadhan, tepatnya pada tanggal 13, 14, dan 15 anak-anak kecil di Qatar akan melakukan pawai dengan mengenakan kostum khas timur tengah dalam rangka merayakan Garangao Festival. Festival ini bertujuan untuk memotivasi anak belajar puasa sejak dini dan meningkatkan semangat mereka dalam berpuasa di dua minggu terakhir

Anak-anak akan berkeliling sambil menyanyikan lagu Garangao dan mengunjungi rumah para tetangga untuk menerima aneka camilan seperti permen dan kue. Selain di kawasan perumahan, festival ini juga diselenggarakan di beberapa pusat perbelanjaan. Anak-anak akan diberi tote bag dan peta mall, lalu mendatangi setiap toko untuk mendapatkan hadiah. 

Kumpulan Ucapan Puasa dalam Bahasa Inggris

Tradisi Ramadhan di Rusia

Rusia menjadi salah satu negara yang menjalani ibadah puasa terlama di dunia, setidaknya 17 – 22 jam. Kebayang ya nungguin buka puasanya lama banget. Meskipun begitu tidak serta merta menurunkan semangat para umat muslim di sana. Bagaimanapun situasi dan kondisinya sebisa mungkin kita menjalankan puasa dengan maksimal.

Dalam menyambut bulan suci Ramadhan, umat muslim di Rusia setiap tahunnya selalu mengadakan tenda Ramadhan di sekitar bukit Poklonnaya dekat Memorial Mosque. Tenda Ramadhan ini disediakan agar masyarakat sekitar yang berasal dari berbagai kebangsaan dapat berbuka puasa bersama-sama.

Tradisi Ramadhan di Perancis

Couronne merupakan salah satu wilayah di Prancis yang dihuni oleh imigran asal Arab. Menjelang bulan Ramadhan terdapat tradisi unik di kawasan ini, yaitu belanja berbagai macam pernak-pernik dan hidangan yang bernuansa Ramadhan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Biasanya para penjual dapat ditemui di Jalan Pierre Tumbot

Tradisi Ramadhan di Jepang

Di Jepang, Islam merupakan minoritas. Meskipun demikian saat bulan Ramadhan tiba umat muslim disana senantiasa berkumpul dan saling berbagi kebahagiaan. Japan Islamic Centre menjadi tempat berkumpul mereka untuk membentuk panitia dalam upaya menyusun kegiatan islami seperti majelis taklim, dialog keagamaan, hingga tarawih berjamaah.

Tapi tetap ya, tradisi ramadhan di Indonesia gak ada duanya. Sayang bulan Ramadhan tahun ini berlangsung di tengah pandemi, sehingga mau tidak mau kita harus memilih berdiam diam diri di rumah saja. Walaupun begitu harus tetap semangat ya puasanya. Perbanyak ibadah dan terus berdoa agar pandemi ini lekas selesai.

Walaupun tidak bisa beribadah di masjid, kamu masih bisa mengikuti berbagai kajian dan dakwah secara online lewat program Awadah Dakwah Festival 2020 melalui aplikasi Cakap. Di sini, kamu bisa mendengarkan sekaligus berinteraksi langsung dengan para pendakwah. Jadi walaupun di rumah, ibadah bisa tetap terlaksana. 

Baca Juga :

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google