Prakerja Balik Lagi! Ini Torehan Prestasi Selama Tahun 2020

kartu prakerja

Kartu Prakerja merupakan salah satu program yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dan telah diluncurkan pada tahun 2020. Program ini disambut baik oleh masyarakat, terutama bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Berdasarkan Laporan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Tahun 2020, program ini menorehkan berbagai prestasi selama tahun 2020. Penasaran apa saja kira-kira yang telah dicapai oleh Program Kartu Prakerja? Simak di bawah ini, ya!

Top 10 Penelusuran Terpopuler Google Indonesia

Pada tahun 2020, Program Kartu Prakerja menjadi satu-satunya program pemerintah yang masuk Top 10 Penelusuran Terpopuler Google Indonesia tepatnya di peringkat ketiga. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa minat masyarakat tinggi terhadap program ini.

Total Pendaftar Mencapai 43,8 juta

Minat masyarakat yang tinggi juga terlihat dari total pendaftar Program Kartu Prakerja yang mencapai 43,8 juta. Di tahun 2020, ada 11 gelombang yang terlaksana dan jumlah pendaftar meningkat tiap gelombangnya.

Menjangkau Peserta di 514 Kabupaten/Kota

Dari 43,8 juta pendaftar, ada 5,5 juta yang diterima menjadi peserta program ini. Sebaran penerima Kartu Prakerja tergolong luas karena menjangkau 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.

Penerima Kartu Prakerja terbanyak terdapat di Pulau Jawa dan Provinsi Jawa Barat menjadi provinsi dengan penerima terbanyak yaitu 793.400 penerima. Kemudian disusul oleh Provinsi Jawa Timur dan DKI Jakarta.

Kuasai Bahasa Asing dengan Ikut Kelas Prakerja Cakap

Terbuka bagi Seluruh Lapisan Masyarakat

Program Kartu Prakerja terbuka bagi seluruh lapisan masyarakat. Sekitar 2,5 juta atau 45% penerima program ini adalah perempuan. Kemudian, 5% penerima program ini adalah penyandang disabilitas.

Masyarakat yang berasal dari kabupaten tertinggal, mantan Pekerja Migran Indonesia, masyarakat yang berpendidikan rendah juga turut serta dalam Program Kartu Prakerja tahun 2020. 

Mendapat Respon Positif dari Peserta

Peserta merespon positif Program Kartu Prakerja. Terbukti 91% peserta bersedia untuk merekomendasikan Program Kartu Prakerja pada orang lain. Selain itu, 97% peserta berpendapat bahwa mereka memiliki skill baru setelah mengikuti program ini.

Meningkatkan Keterampilan Kerja Peserta

Sebanyak 88,9% penerima Kartu Prakerja mengatakan bahwa pelatihan Kartu Prakerja meningkatkan keterampilan kerja mereka. Hal ini membuktikan bahwa manfaat Kartu Prakerja dirasakan oleh para peserta.

Para peserta Kartu Prakerja juga menilai pelatihan yang mereka ambil membantu mereka dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan soft skills.Selain itu, peserta juga menilai program ini meningkatkan produktivitas dan daya saing.

Nah, kamu masih ragu setelah melihat berbagai torehan prestasi Program Kartu Prakerja di tahun 2020? Agar kamu juga bisa merasakan manfaat program ini, ayo segera daftar Kartu Prakerja!

Baca Juga:

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks