Jadi Mompreneur Sejati, Apa Saja Tips Suksesnya?

mompreneur

Tetap berkarier saat sudah berumah tangga dan menjadi seorang ibu merupakan impian banyak wanita. Dengan menjadi seorang mompreneur, Moms bisa jadi ibu rumah tangga sekaligus tetap bisa bekerja dan memiliki penghasilan sendiri lewat usaha yang Moms jalani. 

Menjadi mompreneur memiliki banyak keuntungan, selain dapat menghilangkan kejenuhan atau kebosanan, menjadi mompreneur juga bisa membuat Moms lebih berkreasi dan mengembangkan ide-ide kreatif seputar dunia usaha yang mungkin selama ini hanya ada dalam pikiran Moms saja.

Bagi para Moms yang ingin menjadi mompreneur sejati yang tetap dapat mengurus anak dan keluarga dengan baik, yuk simak tips-tips jitu di bawah ini. 

Tips Sukses jadi Mompreneur Sejati

                                                         via GIPHY

Tentu bukan hal mudah untuk berbagi peran dan membagi waktu antara pekerjaan rumah tangga dan mengurus bisnis atau kerja di kantoran. Namun Moms, ada tips jitu yang bisa dijadikan acuan buat para Moms yang ingin jadi momprneur sejati. Let’s check this article out!

Bangun Komunikasi antar Anggota Keluarga

Komunikasi adalah poin utama yang harus dimiliki saat seseorang ingin menjadi mompreneur. Moms harus bisa membagi waktu disela-sela kesibukan untuk tetap keep in touch dengan sesama anggota keluarga. 

Berikan pengertian kepada anggota keluarga, khususnya anak-anak untuk dapat memahami kondisi ibunya yang sedang bekerja. Jika mereka masih terlalu kecil untuk memahami hal tersebut, berikan alat-alat atau permainan menarik dan mendidik untuk mengalihkan perhatiannya. Pastikan anak-anak tidak kesepian ya, Moms.

Pintar-Pintar Mengatur Waktu

Bisnis untuk ibu rumah tangga tidak semudah yang kita lihat. Jika ingin menjadi mompreneur yang sukses, Moms harus bisa membagi dan mengalokasikan waktu khusus untuk menjalankan bisnis secara profesional. Pintar-pintarlah membagi waktu antara mengurus rumah dan mengurus perusahaan.

Pilihan paling tepat adalah menetapkan waktu kerja khusus di saat sudah mengerjakan rutinitas pekerjaan rumah atau di saat anak sedang bersekolah.

Pilihlah Usaha yang Sesuai Denganmu

Saat menjalankan usaha, selain memperhatikan peluang perlu juga memperhatikan adanya rasa cinta pada usaha atau bisnis tersebut. Mengapa demikian? Karena di saat Moms mulai lelah dengan bisnisnya, setidaknya Moms akan tetap konsisten dan bertahan karena masih bisa menikmatinya.

Kerja sampingan di rumah untuk ibu rumah tangga yang sesuai denganmu akan memunculkan ide-ide kreatif juga lho, Moms. Moms akan lebih mudah berkreasi dan mengembangkan usaha dengan senang hati.

Atur Keuangan dengan Baik

Menjadi mompreneur berarti juga dapat mengatur keuangan dengan baik. Meskipun pada awalnya usaha Moms terbilang usaha kecil-kecilan dan sederhana, Moms harus tetap memiliki manajemen keuangan yang baik.

Keuntungan dan modal yang diputar kembali harus Moms pisahkan. Penting bagi para mompreneur untuk mengatur uang keluar dan uang masuk agar usaha atau bisnis bisa dikontrol dengan baik.

Pertahankan dan Pacu Semangat

Semangat adalah kunci yang harus selalu dipegang teguh oleh para mompreneur. Berbekal semangat, Moms dapat terhindar dari rasa bosan dan lelah. Untuk mempertahankan dan memacu semangat, Moms bisa sharing dengan partner kerja atau sesama mompreneur lainnya.

Sempatkan Berlibur Bersama Keluarga

Meskipun sibuk mengurus usaha, mompreneur harus tetap menyempatkan waktu untuk pergi berlibur bersama anggota keluarga. Moms bisa menutup toko atau usahanya sementara, namun pastikan ya sudah tidak ada utang pekerjaan yang belum diselesaikan, biar liburan Moms dan keluarga lebih menyenangkan dan lancar tanpa gangguan.

Ikuti Kelas Parenting

Di zaman yang sudah berkembang pesat seperti sekarang, Moms bisa bergabung dengan komunitas parenting untuk sharing informasi pengasuhan anak. Mungkin dari situ juga Moms bisa dapat relasi dari Moms lain yang juga merupakan seorang mompreneur. Salah satu komunitas parenting terbaik yang bisa Moms ikuti adalah Parents Lyfe Club by Cakap.

Moms, sebagai ibu kalian juga bisa produktif dan menjadi mompreneur sejati yang sukses dalam usaha dan mengurus buah hati serta keluarga. Dengan menjadi mompreneur, Moms bisa terus berinteraksi dengan orang lain dan hal ini akan menjaga keseimbangan mental (as benefit of mompreneur). Untuk membangun karir sebagai mompreneur, bisa dimulai dengan join Cakap Mom.

Baca Juga:

 

Bagikan Artikel Ini

Related Posts

Aplikasi Daring Pertama Belajar Bahasa Dengan Interaksi Dua Arah

#MakinCakap Sekarang!

Download Cakap on Google Play
Download Cakap on The App Store

Kategori

Top Picks