Tips Menciptakan Study Space yang Nyaman & Menyenangkan

study-space-nyaman

Di mana kamu biasanya belajar? Di sofa? Kasur sembari rebahan? Kalau jawabanmu iya, mungkin ini saat yang tepat untuk menata ulang meja belajarmu. Sadar gak sadar, linkungan dan suasana tempat kamu belajar berpengaruh banget lho pada produktivitasmu. 

Bayangkan kalau meja belajarmu penuh kertas-kertas dan tumpukan barang, belum mulai belajar tapi bawaannya udah males duluan, kan? Kamu juga akhirnya jadi gampang terdistraksi dan gak bisa menyerap materi yang kamu pelajari dengan optimal. 

Namun, mengatur study space yang menyenangkan memang gampang-gampang susah. Ada banyak barang yang harus dirapikan. Laptop, alat tulis, buku catatan, kalendar, earphone, dan banyak lagi. 

Nah, di sini Cakap ingin membagikan tips membuat dan menata tempat belajar supaya lebih nyaman dan efektif. 

Evaluasi gaya belajarmu

source: giphy.com

Pertama-tama, coba cari tahu dulu gaya belajarmu. Apakah kamu tipe orang yang bisa duduk di satu tempat berlama-lama atau kamu butuh jeda? Kamu gampang terganggu suara atau nggak? Hal-hal seperti ini perlu jadi pertimbangan dalam menentukan tempat belajarmu.

Misalnya, jika kamu sekamar dengan saudaramu dan kamu tipe orang yang gampang terganggu oleh suara, ada baiknya kamu cari tempat belajar lain selain di kamar. 

Rapikan barang di meja

source: giphy.com

Kalau meja penuh dan berantakan, kamu jadi malas untuk mulai belajar. Fungsi meja belajar ya untuk belajar, bukan untuk menumpuk barang kan? Maka itu, kalau mejamu sekarang masih berantakan, mulai beresin dulu yuk!

Taruh barang-barang yang kurang penting di lacimu. Bisa juga dengan menggunakan organizer. Kelompokkan buku dan kertas-kertas ke dalam beberapa kategori. Misalnya, catatan semester 1, buku latihan, buku catatan, dan sebagainya.

Pilih kursi yang nyaman

source: giphy.com

Nah, ini penting banget nih, Sobat Cakap! Kalau kursimu gak nyaman, gimana kamu bisa belajar efektif? Pasti kamu fokusnya jadi ke kursimu melulu. Nah biar nyaman, pilih kursi yang ada sandarannya ya. 

Jadi punggung kamu juga gak pegel. Kalau sandarannya keras, bisa juga ditambahkan bantal. Jangan lupa untuk sesekali beristirahat, misalnya berdiri atau berjalan biar gak mumet ya. 

Pastikan penerangan cukup

source: giphy.com

Kalau memungkinkan, usahakan tempat belajarmu mendapat cahaya matahari. Kalau nggak, gunakan lampu belajar supaya kamu tetap bisa fokus selama belajar dan matamu juga gak lelah. Tanpa penerangan yang cukup, kamu bakal mudah lelah dan akhirnya gak fokus. 

Tambahkan dekorasi biar gak bosan

source: giphy.com

Biar meja belajarmu gak kaku dan serius-serius amat, tambahkan dekorasi di sekitarnya. Misalnya meletakkan papan buletin dimana kamu bisa menempel notes, quotes-quotes inspirasional, dan foto-foto dengan sahabatmu. Bisa juga meletakkan barang favoritmu di atas meja biar lebih berwarna dan ceria. 

Jangan lupa air minum

source: giphy.com

Biar kamu gak perlu bolak-balik ke dapur untuk ambil air minum, sediakan satu botol air di atas meja selama belajar. Dengan demikian, kamu gak mudah terganggu dan juga gak kekurangan air. Bisa juga sediakan snack-snack ringan yang bisa membantumu supaya gak ngantuk. Tapi jangan sampai salah fokus dan malah keasyikan snacking ya!

Jangan letakkan benda-benda yang bisa mengganggu konsentrasi

source: giphy.com

Yang terakhir, hindari menaruh barang-barang yang gampang mengganggu konsentrasi belajarmu di atas meja. Misalnya handphone atau console game. Kalau kamu belajarnya lewat laptop atau smartphone, pasang aplikasi yang bisa mengunci aplikasi-aplikasi yang bisa mengganggumu seperti media sosial dan game. Kamu juga bisa menggunakan teknik pomodoro untuk melatih fokusmu. 

Nah, itu dia beberapa trik menciptakan study space yang nyaman dan menyenangkan. Apalagi saat #BelajardariRumah seperti sekarang ini. Menjaga produktivitas jadi penting banget. Dengan tempat belajar yang asyik dan sesuai kepribadianmu, belajar jadi bisa lebih efektif. Semangat!

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google