Terapkan Tips WFH Ini Agar Tetap Produktif Selama Bulan Puasa

tips wfh di bulan puasa

Bekerja sembari menjalankan puasa tentu menjadi tantangan tersendiri. Pasalnya, kita harus menahan lapar, haus, juga amarah selama bekerja. Akibatnya, kita jadi mudah merasa ngantuk, lemas, malas, dan tidak mood bekerja.

Apalagi saat ini kebanyakan dari kita sedang bekerja dari rumah atau work from home. Akibatnya produktivitas kita bisa jadi menurun dan tidak bisa bekerja maksimal saat sedang puasa. Eits, jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk malas berkegiatan. Baca tips-tips di bawah ini supaya kamu bisa tetap produktif dan puasa tetap berjalan lancar.

Abis sahur, jangan balik tidur

Habis sahur dan shalat subuh, biasanya kita ingin kembali tidur karena masih ngantuk. Namun sebaiknya kamu tidak menuruti godaan ini. Soalnya setelah makan sahur, tubuh pasti lebih berenergi. 

Nah, ada baiknya kamu manfaatkan energi tersebut untuk melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat. Misalnya mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk kerja, meditasi, stretching, atau bahkan menyicil pekerjaan supaya bisa cepat selesai. Kalau memang terlalu ngantuk, sebaiknya beri jeda dulu antara waktu sahur dan waktu tidur, misalnya tidur di jam 7 pagi. 

Atur jam kerja

Kalau kamu sudah ada jadwal kegiatan serta to-do list pekerjaan yang jelas, ikuti jadwal tersebut secara disiplin. Dengan adanya rencana harian, kamu bisa jadi lebih fokus saat bekerja. 

Saat jam kerja sudah selesai, usahakan untuk tidak terus lanjut bekerja. Kalau bisa, lanjutkan pekerjaan di keesokan harinya saja dan hindari membuka apapun yang berkaitan dengan pekerjaan. Hal ini bertujuan agar waktu istirahatmu bisa maksimal sehingga keesokan harinya kamu bisa kembali bekerja dengan semangat.

Bergerak

Walaupun bekerja di rumah dan sedang puasa, jangan jadikan keduanya alasan untuk tidak berolahraga ya. Lakukan olahraga ringan seperti stretching atau berjalan kaki. Di pagi hari, jangan lupa juga untuk berjemur. 

Duduk berlama-lama di depan komputer atau laptop bisa membuat mata dan tubuhmu terasa lelah. Pikiran pun lama kelamaan jadi tidak jernih. Nah saat kamu merasa seperti ini, ambil waktu 10-15 menit untuk merilekskan tubuh.

Jangan lupa istirahat

Yang satu ini sangat penting nih! Terutama di bulan puasa, pastikan kamu mendapatkan istirahat yang cukup ya. Selain agar kamu bisa tetap bekerja secara efektif, istirahat yang cukup juga penting untuk kesehatan tubuh kamu. Kalau saat bekerja kamu merasa lelah atau ngantuk, jangan paksakan diri untuk lanjut. Ambil waktu beberapa menit atau setiap beberapa jam untuk mengistirahatkan tubuh.

Jangan begadang!

Kalau yang ini wajib untuk dihindari. Begadang di hari-hari biasa saja bisa mempengaruhi ritme kerja kamu. Apalagi di bulan puasa, kamu tentu membutuhkan energi ekstra. Kurang tidur bisa membuat kamu jadi gak fokus bekerja. Akibatnya, pekerjaanmu bisa saja jadi tidak bisa selesai tepat waktu. Gak mau kan?

Maka itu, sangat sangat hindari begadang saat bulan puasa. Kalau kamu tidur jam 9 atau 10 malam dan bangun pukul 3 untuk sahur, waktu istirahatmu sudah lumayan tercukupi kok.

Jauhi distraksi

Hindari sering-sering mengecek notifikasi smartphone atau scrolling timeline media sosial. Selain jadi gak fokus, kamu juga jadi lebih gak produktif. Nanti jam kerjamu malah bisa molor. 

Terlebih lagi, kadang ada konten-konten di media sosial yang malah menimbulkan perasaan atau pikira negatif. Tidak baik, bukan? Sebaiknya cukup cek media sosial di jam istirahat atau setelah bekerja saja supaya kamu bisa sepenuhnya fokus menyelesaikan pekerjaanmu terlebih dahulu.

Jangan lupa ibadah

Terakhir dan paling penting, ingat untuk tetap beribadah. Kalau kamu sedang sibuk, pasang alarm di smartphone atau notifikasi di laptop agar kamu tidak lupa. Ibadah bisa membuatmu pikiranmu lebih tenang dan juga menjadi waktu rehat dari pekerjaan. Apalagi di bulan puasa, kita dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah. Di samping itu, menurut studi shalat juga ternyata bagus untuk peregangan lho. 

Maka itu, selalu luangkan waktu untuk ibadah ya. Walaupun saat ini tidak bisa beribadah di masjid, kamu masih bisa beribadah dan mengikuti berbagai kajian secara online dari rumah lewat program Awadah Dakwah Festival 2020 di aplikasi Cakap. Jadi baik pekerjaan, puasa, dan ibadah, semua tetap bisa berjalan dengan lancar dan selaras. 

Baca Juga:

Bagikan Tautan Ini
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on twitter
Share on google